#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Sterling Calon Penerus Hegemoni Messi dan Ronaldo
20 September 2019 13:45 WIB
AL SADD - Winger Manchester City FC Raheem Sterling akan menggantikan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik dunia. Pernyataan ini tidak bisa dianggap main-main karena datang dari Xavi Hernandez.

Xavi menjelma menjadi gelandang serang top dunia di FC Barcelona (1998-2015). Ia merebut tak kurang 25 trofi (di antaranya empat Liga Champions dan delapan La Liga) bersama Barcelona. Di era keemasannya, Xavi banyak dibantu Messi. Di timnas Spanyol, Xavi mampu merebut Piala Dunia 2010 dan dua Piala Eropa (2008, 2012). Karenanya, sulit untuk meragukan kapasitas dan pernyataan Xavi terkait sepak bola.

Menurut pria yang kini melatih Al-Saad SC, klub asal Qatar, hegemoni Messi dan Ronaldo di sepak bola dunia mungkin tidak akan lama lagi. Xavi menilai Sterling saat ini sudah mengalahkan sejumlah pemain dunia seperti Neymar, Kylian Mbappe, dan Mohamed Salah, untuk perburuan calon pemain terbaik dunia.


Baca Juga :
- Lionel Messi, Cristiano Ronaldo di Antara 30 Nominen Ballon d'Or 2019
- Rencana Ekspansi Juventus

“Messi dan Ronaldo sudah sangat lama mendominasi gelar pemain terbaik dunia (masing-masing merebut lima Ballon d’Or),” ucap Xavi, 39 tahun. “Anda bisa melihat siapa saja pemain muda saat ini yang bisa menjadi pemain terbaik dunia di masa depan. Pikiran Anda pasti tidak akan jauh-jauh dari Neymar, Mbappe, Salah, dan tentu saja Sterling. Untuk saat ini, saya melihat Sterling memenangi persaingan menjadi pemain terbaik dunia.”

Xavi juga menilai, apa yang sudah dilakukan Sterling saat ini tidak lepas dari sentuhan pelatihnya di Man. City, Josep “Pep” Guardiola. Musim lalu, Sterling menjadi Pemain Terbaik Liga Primer versi Jurnalis dan Pemain Muda Terbaik Liga Primer versi Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA). Sterling juga mencetak 31 gol dalam 57 pertandingan terakhirnya untuk Man. City. 

“Sterling  akan selalu menjadi pemain hebat dan berbahaya. Namun di tangan Pep, ia akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” tutur Xavi. “Saya tahu cara kerja Pep. Ia benar-benar memperhatikan Sterling sejak datang ke City. Pep juga tahu apa yang harus dikembangkan Sterling dan mana saja yang masih harus diupayakan. Kini, Anda bisa lihat hasil polesan Pep. Sterling masih muda dan bisa menjadi yang terbaik di dunia.”

Beberapa waktu lalu, Pep menyebut gelar Liga Primer lebih penting daripada Liga Champions. Kendati begitu, Xavi berpikir sebaliknya. Ia menyebut, musim ini konsentrasi pelatih asal Barcelona, Spanyol, itu adalah memberikan gelar Liga Champions untuk Man. City.


Baca Juga :
- Guardiola: Manchester City Belum Siap Memenangkan Liga Champions
- Striker Man. City Sukses Catatkan Milestone di Selhurst Park

Asumsi Xavi sederhana, Pep sudah memberikan gelar Liga Primer untuk Man. City selama dua musim terakhir. Selain itu, di luar Barcelona, Pep belum pernah mengangkat trofi Liga Champions sebagai pelatih.

“Bersama Barcelona, saya melihat Man. City dan Liverpool FC menjadi favorit juara Liga Champions musim ini. Liverpool sangat kuat dan mengeluarkan segalanya untuk memenangi Liga Champions musim lalu,” ujar Xavi. “Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Namun, saya melihat tiga klub ini yang paling berpeluang kampiun Liga Champions.”*TRI CAHYO NUGROHO     

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA