#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ini Kata Pelatih Bandung United soal Keterpurukan dan Peluang Timnya Lolos dari Degradasi
21 September 2019 14:49 WIB
BANDUNG - Bandung United sedang berada di ujung tanduk. Tim satelit Persib Bandung itu terancam tereliminasi dari Kompetisi Liga 2 2019. Berada di posisi paling buncit klasemen Wilayah Barat, dengan sisa lima pertandingan, langkah Bandung United sangat berat untuk keluar dari zona degradasi.

Jarak dengan posisi zona aman sudah terlampau jauh. Bagaimana pelatih Budiman Yunus menyikapi situasi kritis ini? Berikut obrolannya dengan TopSkor, Jumat (20/9):

Posisi Bandung United sudah kritis, apa yang akan Anda buat di sisa laga?


Baca Juga :
- Meski Gagal Menuai Akhir Manis, Budiman Yunus Puas Melihat Performa Bandung United
- Lolos ke Delapan Besar Liga 2, Sejarah Baru bagi Persewar

Tidak ada jalan lain kecuali berbuat yang terbaik. Memaksimalkan pertandingan tersisa dengan menyapu bersih kemenangan. Cuma itu opsi yang ada. Berat pastinya. Tapi kami tidak akan berhenti mengejar point maksimal.

Jika lima laga tersisa berbuah 15 poin, cukupkah bagi Bandung United bertahan di Liga 2?

Secara matematis, tambahan 15 poin tetap tidak aman buat Bandung United. Sebab, lolos tidaknya Bandung United dari zona degradasi tergantung hasil pertandingan para rival. Memang dilematis buat Bandung United.

Sebenarnya, apa kekurangan Bandung United hingga sulit bersaing dengan para rival?

Materi pemain yang kurang pengalaman. Kami hanya punya Tantan dan Aang Suparman yang punya pengalaman. Tapi bicara kualitas teknik individu pemain, kalah kelas dibanding rival lainnya. Dengan waktu yang pendek, saya tidak bisa memperbaiki dan tidak bisa mengubah. Yang saya bisa lakukan adalah mengoptimalkan pemain yang ada.

Jika situasinya seperti itu, kok berani ambil tugas jadi pelatih Bandung United menggantikan Liestiadi di tengah jalan?

Saya orang yang siap bekerja di mana pun. Dan dalam situasi apa pun. Tidak pernah membeda-bedakan tim atau kasta kompetisi. Begitu diberi mandat latih Bandung United, saya harus mengambilnya. Tidak boleh menolak perintah manajemen.

Tapi kondisinya berbeda. Sementara pengalaman melatih Persib senior kan baru didapat musim ini?

Saya senang dipercaya dan diberi kesempatan bantu coach Robert Alberts di Persib Bandung. Itu musim pertama manggung bersama tim Persib senior. Banyak ilmu yang saya dapat. Pengalaman juga bertambah. Tapi Bandung United pun mesti segera diselamatkan.

Apa target manajemen saat meminta Anda tangani Bandung United?

Pimpinan dan Pak Glenn Sugita (Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat) meminta saya bekerja keras mempertahankan Bandung United di Liga 2. Usahakan angkat prestasi tim dengan situasi yang ada saat ini. Tentu saya terpanggil untuk memenuhi keinginan manajemen dan Pak Glenn.

Pada kenyataannya, situasi Bandung United tidak berubah setelah dua pertandingan Anda pimpin

Betul, saya belum bisa memenuhi ekspektasi manajemen. Saya belum bisa pimpin tim meraih kemenangan. Dua kali tampil cuma bisa menyodorkan satu angka. Membuat kami makin sulit untuk keluar zona degradasi. Tapi dari sisi permainan ada progres yang cukup positif.

Apa progres yang positif itu?

Kami bisa bermain agresif dan atraktif. Banyak menciptakan peluang cetak gol. Kemauan pemain meraih hasil positif pun berlipat. Mereka tidak pernah minder dengan tim yang punya nama besar dan pengalaman panjang di sepak bola Indonesia. Baru sebatas itu karena waktu bersama pemain sangat singkat.


Baca Juga :
- Bandung United Ingin Persembahkan Kado Akhir yang Manis bagi Suporter dan Manajemen
- PSPS dan PSGC Perbaiki Performa jelang Berjumpa Sabtu Ini

Reputasi Anda bisa terganggu jika gagal pertahankan Bandung United di Liga 2?

Saya tidak pikirkan soal reputasi. Saya nyaman kok menangani mereka. Saya juga pernah dua kali dikasih tugas angkat tim dari posisi rawan waktu kompetisi IPL Bandung FC dan PSGC Ciamis. Jadi enggak ada beban. Nikmati dan jalani saja dengan tekad memberi prestasi terbaik.*Dani Wihara

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA