#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rapor Tandang Sheffield Lebih Impresif Daripada di Kandang Sendiri
23 September 2019 14:11 WIB
LIVERPOOL – Sheffield United FC mencatatkan kemenangan tandang pertamanya di Liga Primer musim ini ketika mengalahkan Everton FC 2-0 di Stadion Goodison Park, Sabtu (21/9). Gol bunuh diri bek Yerry Mina jelang turun minum diikuti torehan pemain pengganti The Blades, Lys Mousset di babak kedua, menandai kekalahan ketiga The Toffees dari empat laga terakhirnya di ajang liga.

Namun kemenangan atas Everton menjadi ironi bagi Sheffield. Pasalnya, rapor tandang mereka di Liga Primer 2019/20 lebih impresif daripada saat bermain di markas sendiri. Dalam tiga laga di kandang lawan, The Blades tak pernah kalah, menang sekali dan dua kali imbang. Sementara di hadapan fannya di Stadion Bramall Lane, mereka meraih satu kemenangan, tapi menelan dua kekalahan.

Moise Kean punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Namun tembakan striker Everton itu mampu diselamatkan kiper Sheffield, Dean Henderson. Permainan tim tuan rumah sepanjang pertandingan itu sangat jauh di bawah tamu mereka yang bersemangat, gigih dan kreatif. Hasil ini membuat The Blades naik ke urutan kedelapan, sementara Everton turun ke posisi ke-14.


Baca Juga :
- Sheffield Siapkan Serangan Balik
- Everton Tak Akan Pecat Pelatih dalam Waktu Dekat

Padahal Everton menghasilkan 10 kali tembakan ke gawang dan mengantongi 67 persen penguasaan bola di 45 menit pertama. Tapi hanya sebatas itu. Permainan Mina dan kawan-kawan tidak juga membaik di babak berikutnya. Salah satunya karena performa cemerlang penjaga gawang tim tamu, Henderson yang nyaris tidak terlalu kesulitan mengatasi tendangan-tendangan pemain Everton.

Gelandang John Fleck pun melakukan blok bagus untuk menepis peluang dari Morgan Schneiderlin setelah 11 menit. Henderson menahan tembakan Lucas Digne sementara Richarlison justru menyia-nyiakan crossing Gylfi Sigurdsson. Tendangannya melebar. Walau lebih banyak dapat hadiah sepakan pojok, Everton malah tertinggal ketika gagal mempertahankan set-piece pertama Sheffield lima menit sebelum babak pertama usai.

Silva melihat sedikit perbaikan di 10 menit pembukaan babak kedua setelah melakukan perubahan ganda: menarik keluar Schneiderlin dan Bernard untuk memasukkan Cenk Tosun dan Alex Iwobi. Mereka nyaris menyamakan skor beberapa saat kemudian berkat kerja sama Kean-Richarlison. Lagi-lagi aksi heroik Henderson menggagalkan mereka.

Mantan bek Everton, Phil Jagielka mendapat sorakan paling keras dari para pendukung tuan rumah sepanjang sore saat ia memasuki lapangan di setengah jam tersisa. Tapi bek veteran itu sukses membatalkan serangan The Toffees yang semakin putus asa hingga membuat kesalahan yang justru membuat Sheffield menggandakan keunggulannya.

Ironisnya gawang Jordan Pickford kembali jebol gara-gara umpan John Lundstram yang gagal masuk skuat utama sejak promosi dari akademi Everton. Dengan cerdik, dia mengirim umpan ke Mousset yang bergerak di belakang bek tuan rumah Michael Keane. Mousset membungkam suara publik Goodison Park dengan gol pertama untuk Sheffield.

Yang menarik, meskipun bangga dengan kemenangan bersejarah ini, Wilder mengakui bahwa penampilan Henderson dan kawan-kawan diwarnai banyak kesalahan. The Blades hanya berhasil melakukan satu tembakan ke gawang Everton, yakni lewat usaha Mousset yang berbuah golnya pada menit ke-79.

Mereka hanya memiliki 30 persen penguasaan bola dan hanya menang dua kali sepak pojok. Tetapi kekurangan itu justru memicu tekad dan komitmen skuat Sheffield yang akhirnya sukses menyebabkan kekalahan liga kandang pertama Everton sejak Februari.

“Kami tidak memiliki kendali apa pun atas permainan. Penguasaan bola kami di laga ini adalah yang paling sedikit yang pernah kami mainkan musim ini. Tapi kami memiliki soliditas tentang kami bahwa jika kami tidak bagus dengan bola, kami memiliki sesuatu di belakang kami yang memberi kami peluang untuk mendapatkan hasil.”

Sebaliknya, kekalahan ini menambah tekanan terhadap Silva. “Rasanya sulit bagi saya untuk mencari alasan. Mereka (United) menang tanpa satu tembakan pun ke gawang ketika mereka membuatnya 2-0. Ketika Anda melakukan kesalahan pada level ini, sulit untuk mengubah skor. Kami terlalu gugup dan tidak membuat keputusan yang tepat.”***NURUL IKA HIDAYATI

EVERTON      0-2      SHEFF. UTD

Wasit: Simon Hooper
Stadion: Goodison Park
Penonton: 39.354

Gol: 0-1 (Yerry Mina, bd 40), 0-2 (Lys Mousset, 79)

EVERTON (4-2-3-1)

Pelatih: Marco Silva

1 Pickford

22 Coleman/11 Walcott (71)
5 Keane
13 Mina
12 Digne

18 Schneiderlin/17 Iwobi (55)
8 Delph

7 Richarlison
10 Sigurdsson
20 Bernard/14 Tosun (55)

27 Kean

SHEFF. UTD (3-5-2)

Pelatih: Chris Wilder

1 Henderson

6 Basham
12 Egan
5 O’Connell

2 Baldock
7 Lundstram
16 Norwood/15 Jagielka (64)
4 Fleck
3 Stevens

9 McBurnie/23 Osborn (83)
11 Robinson/22 Mousset (62)

Kartu kuning: Norwood, Bernard, Henderson, Baldock
Kartu merah: -
Tendangan ke gawang: 2-0
Tendangan melebar: 5-1
Tendangan pojok: 12-3
Pelanggaran: 7-7
Offside: 2-1
Penguasaan bola: 72-28

Sheffield United di Liga Primer 2019/20

Rapor Kandang
Laga: 3
M/S/K: 1/0/2
Gol: 2
Kebobolan: 3
Clean sheet: 1
Poin diraih: 3
 

Rapor Tandang
Laga: 3
M/S/K: 1/2/0
Gol: 5
Kebobolan: 3
Clean sheet: 1
Poin diraih: 5


Baca Juga :
- Sempat Disamakan, Manchester City Akhirnya Berhasil Kalahkan Everton
- Susunan Pemain Everton vs Manchester City

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA