#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Aubameyang Juru Selamat Arsenal
24 September 2019 13:08 WIB
LONDON – Arsenal FC dua kali bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Aston Villa FC 3-2 dalam laga penuh ketegangan di Stadion Emirates, Minggu (22/9). Itu adalah kemenangan kesembilan dalam sejarah Liga Primer ketika sebuah tim meraih hasil maksimal setelah diganjar kartu merah, tiga di antaranya diraih Arsenal (vs Derby County FC pada 1997 dan Bolton Wanderers FC pada 2008).

The Gunners tampaknya akan mengalami kekalahan mengejutkan ketika mereka sudah tertinggal oleh gol pembuka gelandang John McGinn pada babak pertama. Arsenal sepatutnya menyamakan kedudukan berkat penalti Nicolas Pepe menit ke-59, tetapi hanya selang 89 detik mereka tertinggal lagi ketika striker Wesley Moraes memulihkan keunggulan The Villans.

Skenario buruk pun terbayang dalam benak penggemar Arsenal saat Ainsley Maitland-Niles diusir wasit akibat akumulasi dua kartu kuning jelang jeda. Namun, tuan rumah menyelesaikan comeback menakjubkan saat bek Calum Chambers mencetak gol menit ke-81, lalu penyerang Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol tendangan bebas saat injury time.


Baca Juga :
- Barang Murah tapi Moncer, Arsenal Mencari Wonderkid Brasil Setelah Martinelli
- Tenggat untuk Pelatih Arsenal Sudah Ditetapkan

Seusai laga, para jurnalis dan pengamat mempertanyakan sikap pelatih Unai Emery yang lagi-lagi menyimpan Mesut Oezil di bangku cadangan lawan Villa. Sebelumnya, playmaker asal Jerman itu juga diistirahatkan saat lawan Eintracht Frankfurt di Liga Europa, tanpa alasan jelas, setelah hanya tampil 71 menit musim ini. Tampaknya kepercayaan Emery mulai menyusut.

Terbukti, saat menghadapi Villa, Dani Ceballos yang dipasang starter. Itu membuat The Gunners, dan Emery, dalam posisi sulit memiliki pemain dengan gaji tertinggi di tim, tetapi tidak tampil starter setiap minggu. Namun setidaknya performa impresif Aubameyang meredam ketidakpastian masa depan Oezil itu. Ia bisa dibilang juru selamat bagi Arsenal.

Pemain asal Gabon itu terus memperlihatkan penampilan menawan sejak musim lalu. Melawan Villa, Aubameyang sekali lagi menjadi pahlawan Arsenal. Memainkan setiap menit pertandingan The Gunners musim ini, kini dia telah mencetak tujuh gol. Padahal, akhir pekan ini dia tidak dalam kondisi terbaik, menyia-nyiakan beberapa peluang ke gawang kiper Villa, Tom Heaton.

Lalu, di momen yang genting, dia mengirim tendangan bebasnya dari tepi kotak penalti ke gawang The Villans, membuat seluruh pendukung Arsenal bersorak dengan liar. Mereka menang 3-2 dan naik ke peringkat keempat, dengan raihan 11 poin. Selanjutnya, skuat Emirates bersiap menghadapi Nottingham Forest FC di Piala Liga (Carabao Cup), Selasa (24/9) malam atau Rabu dini hari WIB.

Sayang, ada catatan negatif yang harus diperhatikan Emery. Arsenal kini hanya meraih satu clean sheet dalam 11 laga Liga Primer terakhir. Isu lini belakang yang menjadi masalah sejak musim lalu, belum teratasi. Gol pertama Villa oleh McGinn tercipta kerena para bek Arsenal membiarkan Anwar El Ghazi berdiri bebas di depan gawang.

Isu terakhir, Matteo Guendouzi menunjukkan lagi bahwa dia adalah jendral lini tengah Arsenal. Tertinggal 0-1 di babak pertama, Arsenal butuh seorang pemain untuk maju dan mengambil alih motor serangan mereka. Dan, seperti sering terjadi pada musim ini, Guendouzi yang berkebangsaan Prancis itu yang melakukannya.

Guendouzi memberikan energi dari lini tengah, mendorong timnya untuk maju. Dia juga yang memenangkan penalti yang memungkinkan Pepe mencetak gol balasan. Assist darinya pula yang memastikan Chambers mencetak gol kedua The Gunners.

Sederhananya, dia adalah gelandang tengah terbaik Arsenal saat ini dan tanpa dorongan dari Guendouzi, Arsenal bukan tim yang sama. Granit Xhaka mungkin kapten Arsenal dalam laga melawan skuat Dean Smith. Namun Guendouzi yang menjadi detak jantung tim - meskipun baru berusia 20 tahunan.***NURUL IKA HIDAYATI

Pierre-Emerick Aubameyang di Liga Primer
Laga: 55
Menit main: 4.330
Gol: 38
Gol kaki kanan: 32
Gol kaki kiri: 6
Menit per gol: 114

Rapor Arsenal bersama Pierre-Emerick di Liga Primer

Jika Aubameyang Mencetak Gol
Laga: 30
Menang: 22
Seri: 5
Kalah: 3
Persentase menang: 73%

Jika Aubameyang Tak Mencetak Gol
Laga: 25
Menang: 8
Seri: 4
Kalah: 13
Persentase menang: 32%

ARSENAL       3-2      ASTON VILLA

Wasit: Jonathan Moss
Stadion: Emirates
Penonton: 60.331

Gol: 0-1 (John McGinn, 20), 1-1 (Nicolas Pepe, pen 59), 1-2 (Wesley, 60), 2-2 (Calum Chambers, 81), 3-2 (Pierre-Emerick Aubameyang, 84)

ARSENAL (4-2-3-1)

Pelatih: Unai Emery

1 Leno

15 Maitland-Niles
5 Sokratis
23 Luiz
31 Kolasinac

29 Guendouzi
34 Xhaka/28 Willock (72)

19 Pepe
8 Ceballos/11 Torreira (72)
77 Saka/21 Chambers (46)

14 Aubameyang

ASTON VILLA (4-3-3)

Pelatih: Dean Smith

1 Heaton

24 Guibert
22 Engels
40 Mings
3 Taylor

7 McGinn
11Nakamba/14 Hourihane (85)
10Grealish

17 Trezeguet/27 El Mohamady (68)
9 Wesley
21 El Ghazi/8 Lansbury (86)

Kartu kuning: Maitland-Niles, Xhaka, Guendouzi, Engles, Pepe, Leno, Aubameyang
Kartu merah: Maitland-Niles
Tendangan ke gawang: 6-9
Tendangan melebar: 17-5
Tendangan pojok: 9-4
Pelanggaran: 11-11
Offside: 1-0
Penguasaan bola: 57-43

 

 


Baca Juga :
- Dipinjamkan ke Arsenal, Ceballos Tak Mau Kembali ke Madrid Lantaran Zidane
- Legenda Arsenal Ini Tegaskan Pemecatan Emery Bukan Solusi Tepat

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA