#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Faktor San Mames Kunci Sukses Bilbao
28 September 2019 13:45 WIB
BILBAO – Selain Derbi Madrid, jornada ketujuh La Liga 2019/20 juga menyuguhkan pertandingan antar dua tim bergengsi lainnya, yakni Athletic Bilbao menjamu Valencia CF, Sabtu (28/9). Keduanya juga merupakan tim besar dan sarat sejarah di Spanyol. Faktor Stadion San Mames bakal menentukan hasil pertandingan nanti.

Hasil yang diraih Bilbao dan Valencia sejauh awal musim ini terbilang timpang, dengan nama pertama mampu melambung dan lawannya terperosok di papan tengah. Namun keduanya sama-sama berbekal hasil imbang di laga teranyar, tengah pekan ini; Bilbao seri 1-1 versus CD leganes, sementara 3-3 skor Valencia lawan Getafe CF.

Bagi Los Leones –julukan Bilbao– yang performanya tengah melejit, hasil itu sedikit banyak disebabkan karena mereka bermain tandang. Dari tiga kemenangan yang Raul Garcia dan kawan-kawannya raih sejauh ini memang terjadi saat berlaga di San Mames; atas FC Barcelona, Real Sociedad, Deportivo Alaves. Sedang tiga duel lainnya selalu seri di markas lawan.


Baca Juga :
- Tiga Suporter Valencia Diduga Alami Gejala Virus Corona
- Cheryshev: Valencia Akan Bermain Seperti Singa di Leg Kedua

Bilbao tampil tangguh di kandang sendiri. Tak hanya menang, gawang mereka sama sekali belum kemasukan di rumah musim ini; selalu clean sheet, dan sebaliknya bisa menciptakan lima gol. Khusus menjamu Valencia, kekalahan terakhir terjadi pada 2011/12; 0-3. Setelah itu tamunya tak lagi bisa menang pada tujuh pertandingan.

“Jika kami selalu menang di luar dan di rumah sendiri, maka kami akan menjadi (Manchester) City. Terus bisa menambah poin atau tidak terkalahkan adalah suatu hal yang positif. Menang tandang itu sulit. Sekarang kami akan pulang, beristirahat, dan bermain kandang, berusaha melanjutkan kemenangan,” kata pelatih Gaizka Garitano.

Los Leones memang kuat di San Mames, tapi Valencia sendiri belakangan cukup bisa membendung sebab dua perjalanan terakhirnya ke sana berakhir seri; 1-1 dan 0-0 (musim lalu). Selain itu tim berjuluk Los Che ini juga mempunyai modal bagus terkait lini serangnya untuk kedatangannya kali ini.

Striker anyar mereka Maxi Gomez mulai melewati tahap adaptasi, menunjukkan performa terbaiknya dengan tampil produktif. Ia menyumbangkan dua gol saat lawan Getafe lalu dan total punya tiga gol di La Liga musim ini dari 245 menit main; rasionya 82 menit per gol. Sedang Rodrigo Moreno tampil sebagai top assist dengan tiga assist.

Dan, yang paling utama adalah sang winger muda Feran Torres. San Mames jadi tempat yang spesial bagi pemain sayap 19 tahun ini karena menjadi tempat debutnya tampil sebagai starter untuk Valencia. Tepatnya pada jornada 26 edisi 2017/18, dan ditandai dengan performa impresif sehingga bisa terus promosi jadi bagian tim senior.

Malam itu produk asli Akademi Valencia ini tampil 75 menit dan dari situ terus menebar teror (dua kali dilanggar), memberi satu assist. Ia pun aktif membantu barisan pertahanan dengan lima kali merebut bola dan sekali melakukan pelanggaran. Kemarin ia pertama kali tak dimainkan di liga musim ini, dan artinya siap untuk laga nanti.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

ANGKA


Baca Juga :
- Atalanta Bergaya Eropa, Valencia Berkiblat ke Italia
- Baru Dua Pekan Tinggal di Spanyol, Florenzi Sudah Terkena Penyakit ini

87

Sepanjang sejarah di lintas kompetisi resmi ada 87 laga Bilbao menjamu Valencia dan berakhir 51 kemenangan untuk tuan rumah serta 16 milik tamunya (20 seri).

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA