#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Siapa yang Layak Mengawal Gawang Timnas U-19?
30 September 2019 19:34 WIB
BOGOR - Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini memanggil tujuh pemain baru dalam pemusatan latihan (TC) sekaligus seleksi tim Pra-Piala Asia (PPA) U-19 2020 yang saat ini berlangsung di Bogor. Salah satu debutan adalah penjaga gawang asal Perseru Badak Lampung U-18, Fatur Alamsyah.

Artinya, kini terdapat empat penjaga gawang di timnas U-19. Tiga nama lainnya yaitu mereka yang memperkuat tim Piala AFF U-18 2019 di Vietnam lalu, yakni Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya), Muhammad Risky Sudirman (Persija), Muhammad Adisatryo (PPLP Jakarta).

Ernando dan Risky sudah menjadi pilihan Fakhri sejak di timnas U-16 lalu. Sedangkan Adisatryo baru dipercaya memperkuat timnas U-18 2019. Tentu saja datangnya Fatur bakal memperketat persaingan penjaga gawang. Nantinya akan ada tiga penjaga gawang yang bakal memperkuat timnas PPA U-19 2020, November mendatang.


Baca Juga :
- Indra Sjafri Tak Pernah Gagal di Final
- Adu Mesin Penjelajah di Final Sepak Bola SEA Games

Artinya ada satu kiper yang harus dipulangkan oleh Fakhri. Jika dilihat dari statistik penampilan pada Piala AFF U-18 lalu, Fakhri banyak mempercayakan gawang dikawal oleh Ernando, meski pemain asal Surabaya itu baru saja pulih dari cedera pada bagian bahunya.

Ernando dipercaya tampil dalam empat laga ketika menghadapi Filipina, Timor Leste, Laos dan Malaysia pada babak semifinal. Sedang Adisatryo tampil sebanyak tiga laga, saat melawan Brunei Darussalam dan dua kali menghadapi Myanmar. Sedangkan Risky hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Fakhri mengatakan seluruh pemain memiliki kesempatan masuk dalam daftar 23 pemain PPA U-19. “Saya berharap kehadiran Fatur bisa memberikan mitra sparing untuk tiga kiper lain. Mudah-mudahan semakin kompetitif saat empat kiper ini memperebutkan tiga slot kiper yang kami siapkan, pada saat kami harus memilih 23 pemain untuk kualifikasi Piala AFC,” Fakhri.

Hal serupa juga diungkapkan pelatih kiper timnas U-19 Sahari Gultom. “Kalau yang tiga sudah tahulah (kualitasnya) karena mereka yang bermain di Piala AFF kan. Tinggal ada satu ini yang dari Badak Lampung (Fatur) yang akan kami lihat penampilannya, artinya seperti yang coach Fakhri bilang, 30 pemain berkesempatan untuk ikut Piala Asia. Jadi mereka harus bersaing, kira-kira begitu,” kata Sahari kepada TopSkor.

Menurut Sahari, Fatur harus bisa menunjukkan kualitasnya dengan maksimal untuk mengambil hati tim pelatih dalam TC ini. Eks kiper PSMS Medan itu mengatakan kriteria kiper yang ia inginkan memiliki teknik, taktik, fisik, dan mental yang baik.

“Mereka harus memberi yang terbaik, kami ini (timnas U-19) harus bisa minimal lolos ke Piala Asia 2020. Karena adik-adik mereka (timnas U-16) sudah berbuat, jadi artinya mereka juga harus menunjukkan yang terbaik,” ujar Sahari.


Baca Juga :
- Ulangi Memori Indah di Rizal Memorial, Ini Saatnya Sepak bola Indonesia Berjaya
- Kekuatan Chemistry Evan dan Indra Sjafri dalam Misi Merebut Medali Emas

Sementara itu Fatur Alamsyah optimistis untuk bersaing memperebutkan tiga slot kiper timnas U-19. “Saya ingin bersaing secara sehat saja. Yang pasti harus menunjukkan penampilan terbaik saja di sini,” kata Fatur.***SUMARGO PANGESTU

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA