#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Mau Ikut Olimpiade 2020, Andy Ruiz Jr Bakal Disanksi WBC, Tidak Boleh Tanding
01 October 2019 15:00 WIB
MEKSIKO CITY – Ada batasan yang sangat jelas di dunia tinju profesional. Seorang petinju yang telah terjun ke arena profesional tak boleh lagi kembali ke amatir. Jika itu dilakukan, bisa kena sanksi. Situasi inilah yang sedang dihadapi Andy Ruiz Jr. Juara dunia kelas berat asal Meksiko harus mendengar dua kabar yang mengejutkan.

Pertama, Ruiz Jr mulai didekati oleh otoritas tinju Meksiko untuk dibujuk apakah mau ikut ke Olimpiade 2020. Sebelumnya, Ruiz Jr pernah menyatakan tertarik ikut Olimpiade jika aturannya membolehkan. Kabar kedua langsung menjawab rasa ingin tahu Ruiz Jr soal keikutsertaannya di Olimpiade 2020.

“WBC sangat tidak setuju jika ada petinju profesional ikut Olimpiade,” kata Mauricio Sulaiman, Presiden WBC. “Ini sesuatu yang tidak bisa diterima oleh fan dan pakar tinju dunia. Tinju amatir di Olimpiade sangat jauh berbeda dan itu sangat berbahaya. Kami tidak bisa menerima itu.”


Baca Juga :
- Laga Timnas Malaysia Vs Indonesia Dipimpin Wasit Final Olimpiade 2016
- Gawat! Tiga Pemain Utama MU Ini Tidak Latihan Dua Hari, Dikhawatirkan Cedera

“Jika petinju profesional, baik itu juara dunia atau mantan juara dunia, memutuskan untuk ikut Olimpiade, akan ada sanksi dua tahun dari WBC,” ujar Sulaiman. Dengan adanya pernyataan keras dari Sulaiman, Ruiz Jr pun langsung berpikir berulang-ulang soal Olimpiade 2020 ini.


Baca Juga :
- Transformasi Canelo! Dari Ringan ke Berat Ringan, Bobot Merayap dari 61 kg ke 79 kg
- Daripada Tak Terpakai di Juventus, Bek Tengah Ini Mau Diambil Milan Saja

Soalnya, menang atau kalah lawan Anthony Joshua nanti, Ruiz Jr diproyeksikan lawan Deontay Wilder yang notabene juara WBC. Ikut Olimpiade 2020 bikin Ruiz Jr batal lawan Wilder. Sejatinya, dari Komite Olimpiade Internasional sudah membolehkan petinju profesional ikut.

Namun, jadi bagi sang petinju karena harus menghadapi sanksi dari badan tinju dunia seperti WBC. Namanya langsung dicoret dan otomatis dikeluarkan dari daftar peringkat. Padahal, peringkat itu dicapai dengan susah payah oleh mereka.*

loading...

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA