#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
​​​​​​​Suarez Unjuk Gigi di Camp Nou
04 October 2019 09:53 WIB
BARCELONA – FC Barcelona berhasil meraih poin penuh pertamanya di Liga Champions 2019/20 usai menang 2-1 atas FC Internazionale, Rabu (2/10) atau Kamis dini hari WIB. Keberhasilan di matchday kedua Grup F itu mereka capai setelah sempat menderita di babak pertama. Namun, reaksi tepat pelatih Ernesto Valverde dan ketajaman Luis Suarez membuat Barca sukses melakukan remontada (mengejar ketinggalan).

Berkat kemenangan hari itu, mereka pun mampu memperpanjang laga tak terkalahkan di kandang dalam ajang Liga Champions menjadi 33. Catatan apik tersebut nyaris diputus Inter yang tampil kuat secara fisik serta taktik, dan sangat terorganisir di Camp Nou. Tim asuhan Antonio Conte bahkan mampu membuat publik tuan rumah terpaku lewat gol Lautaro Martinez di awal laga.

Sadar permainan timnya tak berkembang, Varverde pun melakukan perubahan dengan menarik Sergio Busquest dan Antoine Griezmann di babak kedua. Mereka digantikan Arturo Vidal dan Ousmane Dembele, keputusan yang terbukti efektif. Nama pertama sukses memberi assist yang dikonversi sempurna oleh Suarez.


Baca Juga :
- Barca Pemimpin Cadangan
- Operasi Giroud Mengambang

Striker 32 tahun ini membuktikan tajinya belum habis meski diterpa banyak kritik. Sebuah gol cantik, tendangan first time diperlihatkan penyerang 32 tahun itu. Dan saat pertandingan tersisa enam menit, akselarasi Lionel Messi sukses dilanjutkannya dengan kontrol bola ciamik, menaklukan kiper, dan berbalik unggul.

Di luar penampilan gemilang Marc-Andre ter Stegen, Nelson Semedo, Vidal atau Messi, Suarez lah yang layak disebut sebagai protagonis di laga ini. Sepanjang laga, penyerang berjuluk El Pistolero ini terus menerjang pertahanan lawan, bekerja keras dengan tak kenal lelah. Ia berupaya dengan terus mencari ruang dan melepaskan tembakan.

Doblete hari itu menjadi gol ketiganya dari dua laga terakhir sekaligus jawaban kritik dari fan Barca yang menilainya sudah habis. “Saya harus jadi striker yang selalu berusaha membantu dengan gol dan assist. Saya tidak pernah menyerah, berusaha, bekerja keras, terus berjuang meski segalanya tak seperti yang diinginkan,” ujar Suarez setelah laga.

Sekarang, berbagai rapor spektakuler pun berhasil ditorehkan Suarez untuk Los Azulgrana, julukan Barca. Ia sudah memiliki 100 gol di Camp Nou sejak mendarat lima tahun lalu; terbagi 13 gol (2014/15), 23 (2015/16), 20 (2016/17), 15 (2017/18), 13 (2018/19), dan empat (2019/20). Hanya Messi yang bisa melampaui ketajamannya itu; 350 gol.

Di belakang mereka ada Carles Rexach (78 gol), Evaristo de Mecado (77), Samuel Eto’o (77), Rivaldo Ferreira (75), Juan Asensi (71), Luis Enrique (69), Jose Zaldua (68), dan Hristo Stoichkov (66). Di sisi lain, Suarez punya 22 gol di Liga Champions dan baru melampaui Patrick Kluivert-Neymar Junior (21). Ia hanya kalah dari Messi (112) dan Rivaldo (25).

Golnya itu dicetak dari 50 laga, yang membuatnya masuk jajaran pemain asing dengan banyak caps Eropa untuk Barca. Ia menyamai Kluivert serta Phillip Cocu, dan ada di belakang Marc-Andre Ter Stegen dan Ivan Rakitic (54 laga), Javier Mascherano (68), Dani Alves (82), dan Messi (137). Total di Barca rapornya 0,71 gol per laga; 182 gol dari 254 laga.

“Para penyerang hidup di zona berbahaya dan selalu bermain di daerah yang rumit, karena mereka dikelilingi oleh para pemain bertahan dan harus mengatasinya. Ada hari saat mengalami kesulitan, tapi di hari lainnya bisa mencetak gol. Luis sudah menunjukkan kemampuannya,” kata pelatih Ernesto Valverde menanggapi soal Suarez.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Pekerjaan Rumah Valverde
- Staf Conte Bongkar Rahasia Dapur Inter

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA