#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Bek Dortmund Ini Bisa Jadi Mesin Gol Baru
04 October 2019 11:55 WIB
PRAHA - Nama bek kanan Borussia Dortmund, Achraf Hakimi, langsung menjadi perbincangan seusai menaklukkan kemenangan Slavia Praha. Menjalani pertandingan kedua Grup F Liga Champions di kandang lawan pada Rabu (2/10) malam, bek kanan tersebut memborong semua gol untuk mengantar Die Borussen menang 2-0.

Menjadi luar biasa karena pada pertandingan tersebut Hakimi bermain sebagai gelandang kiri. “Kecepatan Hakimi sungguh luar biasa. Gol pertamanya fantastis,” ucap Marco Reus, kapten Dortmund. “Dari situ semua bisa melihat, Hakimi akan selalu menjadi senjata Dortmund. Kami tahu Hakimi sangat penting bagi Dortmund karena ia mampu memainkan beberapa posisi berbeda dengan sama baiknya.”

Melawan Slavia, pelatih Lucien Favre membuat keputusan mengejutkan dengan memasang bek berdarah Maroko itu sebagai gelandang kiri karena absennya striker Paco Alcacer. Dengan formasi 4-2-3-1, Hakimi lebih tepat disebut menjadi sayap kiri. Pertandingan di Stadion Edin Arena tersebut juga menjadi kali pertama Hakimi bermain sebagai sayap kiri sejak dipinjam Dortmund dari Real Madrid CF pada Juli 2018 lalu.


Baca Juga :
- Empat Bintang PSG Ini Paling Dibebani soal Gelar Liga Champions
- Utang Setan Merah Kian Menumpuk

Dengan skema tersebut, Hakimi bermain sebagai gelandang serang bersama Julian Brandt di tengah dan Jadon Sancho di kanan. Ketiganya beroperasi di belakang Reus yang menjadi striker menggantikan Alcacer.

Dalam proses gol pertama, Hakimi berlari menyilang langsung masuk kotak penalti (cutting inside) dengan melewati empat pemain untuk menyambut umpan Brandt. Dengan kaki kirinya, ia melepaskan tembakan ke pojok gawang untuk menaklukkan kiper Ondrej Kolar. Gol kedua membuktikan kecepatan Hakimi berlari. Ia menyisir sayap kiri sebelum melepaskan tembakan keras.

“Saya agak terkejut karena pelatih meminta beroperasi di lini serang,” tutur Hakimi. “Saya tahu mampu bermain di posisi itu. Yang pasti, saya senang bisa membantu tim merebut kemenangan.”

Hakimi memperkuat Dortmund sejak 2018/19 dan sudah 38 kali dimainkan. Selama di Dortmund, ia sudah memainkan empat posisi berbeda. Meskipun berposisi natural bek kanan, Favre ternyata lebih suka menurunkan bek timnas Maroko itu sebagai bek kiri, 20 kali. Lainnya, Hakimi 16 kali menjadi bek kanan dan masing-masing sekali sebagai gelandang kanan dan kiri.

Sejak musim lalu, Hakimi total sudah mencetak enam gol dan delapan assist. Dua gol masing-masing dibuat saat menjadi bek kanan dan bek kiri. Adapun dua gol lain dicetak Hakimi dalam debutnya sebagai gelandang kiri saat melawan Slavia, dua hari lalu.

Naluri mencetak gol tinggi yang dimiliki Hakimi terlihat dari jumlah golnya. Musim ini, Hakimi sudah mencetak tiga gol dari 10 kali dimainkan di semua ajang. Jumlah itu sama dengan total golnya musim lalu dalam 28 kali diturunkan.     

Musim ini, Hakimi menjadi satu-satunya bek Dortmund yang sudah mencetak gol. Hebatnya, jumlah gol Hakimi, hanya kalah satu dari Sancho yang bermain di sayap kanan. Hakimi juga mampu mengungguli gelandang dan penyerang Dortmund seperti Axel Witsel, Raphael Guerrero, Mario Goetze, dan Brandt yang masing-masing baru membuat satu gol musim ini.

Masa pinjaman Hakimi di Dortmund akan habis pada musim panas tahun depan. Melihat performanya saat ini, tidak heran bilka Die Borussen akan berusaha memermanenkannya.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

SLAVIA PRAHA 0-2 DORTMUND
Stadion: Eden Arena
Penonton: 19.370

SLAVIA PRAHA 4-2-3-1
Pelatih:
Jindrich Trpisovsky

1 Kolar

5 Coufal
2 Hovorka
15 Kudela
18 Boril

22 Soucek
23 Sevcik

28 Masopust/12 Zeleny (76)
7 Stanciu/21 Skoda (83)
9 Olayinka

11 Tecl/14 Van Buren (59)

BORUSSIA DORTMUND 4-2-3-1
Pelatih:
Lucien Favre

1 Buerki

26 Piszczek
16 Akanji
15 Hummels
13 Guerreiro

6 Delaney
28 Witsel

7 Sancho/23 T. Hazard (74)
19 Brandt/10 Goetze (90)
5 Hakimi/2 Zagadou (90)

11 Reus

Gol: 0-1 (Achraf Hakimi, 35), 0-2 (Achraf Hakimi, 89)  
Wasit: Bjorn Kuipers

Kartu kuning: Piszczek, Sevcik, Hovorka
Kartu merah: -
Tendangan ke gawang: 7-4
Tendangan melebar: 6-2
Tendangan pojok: 6-2
Offside: 3-3
Pelanggaran: 6-10
Penguasaan bola: 51-49

 


Baca Juga :
- Flick Lewati Ujian Awal di Muenchen dengan Fantastis
- Madrid Tawarkan Rp 1,9 Triliun Plus Bintang Favorit untuk Pemain Bidikan Manchester United

 

     

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA