#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Inggris dan Belgia Paling Berpeluang Lolos Pekan Ini
09 October 2019 12:30 WIB
BRUSSELS - Lima negara memiliki kans sangat besar untuk memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020, pekan ini. Saat kualifikasi kembali bergulir, Kamis (10/10), Inggris di Grup A, Spanyol di Grup F, Belgia dan Rusia di Grup I, serta Italia di Grup J, bisa merebut tiket ke kompetisi yang disebut-sebut Piala Dunia mini tersebut. Kecuali Rusia, tim-tim ini memang masih memegang rekor 100 persen di grupnya.

Di antara kelima tim tersebut, Inggris dan Belgia yang memiliki peluang terbesar. Sebab, nasib mereka tidak bergantung pada hasil dari laga-laga lainnya. The Three Lions bakal lolos jika mengalahkan tuan rumah Republik Ceko di Praha, Jumat (11/10). Sukses yang sama akan diraih De Rode Duivels jika menang atas San Marino di Brussels.

Di atas kertas, Belgia yang meraup 18 poin dari enam pertandingan berada dalam posisi paling menjanjikan. Bukan saja karena mereka akan bermain di kandang melawan tim yang terbilang lemah. Tapi, De Rode Duivels juga punya unggul sangat cukup jauh (11 poin) atas tim peringkat ketiga.


Baca Juga :
- Sempurna..! 10 Pertandingan 10 Kemenangan, Belgia seperti Pemenang Euro 2020
- Negara Leluhur pun Tidak Menerima Benzema

Tim asuhan Roberto Martinez ini bahkan bakal tetap lolos meski gagal meraih kemenangan atas San Marino. Syaratnya, pertandingan lainnya di Grup F antara tim peringkat ketiga dan keempat, Kazakstan dan Siprus, berakhir imbang.

Belgia menang telak 4-0 dalam duel pertama di kandang San Marino, 6 September lalu. Jadi, mereka diyakini tidak akan menemui kesulitan untuk kembali merebut poin penuh di Brussels. Apalagi, De Rode Duivels tak punya masalah teknis berarti kecuali absennya Kevin De Bruyne yang cedera.

Belgia bahkan akan kembali diperkuat kapten Eden Hazard yang sempat absen dalam duel pertama lawan San Marino dan Skotlandia. Kehadiran winger 28 tahun ini jelas bakal menambah kekuatan De Rode Duivels meski dia dan kiper Thibaut Courtois tengah mengalami kesulitan pada musim pertamanya di Real Madrid.

“Saya tidak khawatir dengan kondisi mereka. Saat kita bermain di klub-klub terbaik di dunia, akan ada masa-masa sulit. Saya yakin Thibaut dan Eden bisa mengatasi kesulitan ini,” kata Martinez. “Jeda internasional ini bisa berdampak positif bagi mereka dan mereka bisa kembali ke klubnya dalam kondisi lebih segar dan lebih kuat.”

Rusia yang kini menempati peringkat kedua Grup I dengan 15 poin dari enam laga, bisa mengikuti jejak Belgia lolos ke putaran final, Kamis ini. Tapi, ada dua syarat yang harus mereka penuhi. Selain harus menang atas Skotlandia di Moskow, skuat Stanislav Cherchesov ini juga harus berdoa agar duel antara Kazakstan dan Siprus berakhir seri.

Seperti Rusia, Spanyol yang kini memuncaki Grup F dengan 18 poin dari enam laga juga harus memenuhi dua syarat untuk memastikan lolos ke putaran final pekan ini. Pertama, La Furia Roja harus mengalahkan Norwegia di Oslo, Sabtu (12/10). Kedua, Rumania yang menduduki peringkat ketiga, tidak boleh menang saat dijamu Kepulauan Faroe di Torshavn pada hari yang sama.

Dengan jarak tujuh poin dari Swedia yang menduduki peringkat kedua Grup F, Spanyol adalah tim pemuncak grup yang memiliki keunggulan poin terbesar. Dominasi La Furia Roja di grup ini juga membuat pelatih Roberto Moreno lebih berani dalam memilih pemain untuk skuatnya seperti yang dilakukannya kali ini.

Moreno memanggil tiga muka baru, Sergio Reguilon, Pau Torres, dan Gerard Moreno. Dia juga hanya memanggil dua pemain dari Real Madrid (Sergio Ramos dan Dani Carvajal) serta satu dari FC Barcelona (Sergio Busquets). “Timnas terbaik dalam sejarah sering diisi oleh para pemain dari klub-klub besar. Tapi, sepak bola kini telah beralih ke dimensi baru,” ucap Moreno.


Baca Juga :
- Moreno Tak Muncul Jumpa Pers, Enrique Mendekati Kembali ke Spanyol
- Italia Catat Rekor 100 Persen, Mancini: Semua Hanya Bisa Dihitung Jika Italia Juara

Italia pun punya dua syarat yang harus dipenuhi untuk memastikan tiket ke putaran final pekan ini. Gli Azzurri harus meraih kemenangan saat menjamu Yunani di Roma, Sabtu nanti. Pada hari yang sama, tim peringkat ketiga Armenia tidak boleh menang di markas tim juru kunci Liechtenstein.

“Ini mungkin akan jadi pertandingan yang memastikan kami lolos. Jadi, kami berharap Stadion Olimpico akan dipenuhi suporter seperti Piala Dunia 1990 di Italia saat kami masih muda,” kata Roberto Mancini, pelatih yang juga mantan striker timnas Italia.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA