#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
IBL
Dokter Royal Sports Medicine Centre Sebut VO2 Max Rookie IBL 2019 Memuaskan
10 October 2019 00:10 WIB
JAKARTA - Para rookie IBL 2019 memiliki daya tahan fisik yang bagus. Hal ini terlihat dari beep test yang dilakukan saat medical check up di Royal Sports Medicine Centre, Jakarta, Rabu 9 Oktober 2019.

DR. dr. Rika Haryono, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, yang ikut mengawal jalannya medical check up rookie IBL 2019, mengatakan rata-rata para pemain punya kemampuan VO2 Max yang bagus. 

Para pemain mengukur VO2 Max lewat beep test di rumah sakit tersebut. Hasilnya terbilang menggembirakan. Para pemain dianggap punya potensi besar untuk bersaing di IBL.


Baca Juga :
- Jelang IBL, Amartha Hangtuah Ditinggal Pelatih
- Rookie IBL 2019 Jalani Medical Check Up di Royal Sports Medicine Centre

"Beep test ini metode yang cukup baik untuk atlet basket. Dari penilaian sekilas yang dilakukan, ada yang mencapai level excelent," ujar dokter Rika Haryono. 

Dari sekitar 32 rookie yang menjalani tes, diungkapkan dokter Rika Haryono, ada yang mencapai nilai 45. Ini ukuran yang bagus, karena masuk level excelent.

"VO2 Max paling baik ada di kisaran 45-50. Nah para rookie yang tes tadi, ada yang mencapai angka 45," kata dokter Rika Haryono.

"Untuk yang lain rata-rata juga sudah mencapai angka 40. Ini masih bisa terus ditingkatkan. Karena pada dasarnya kemampuan VO2 Max memang bisa dilatih untuk terus ditingkatkan," tuturnya.


Baca Juga :
- Semarang Jadi Kota Pembuka IBL Musim 2020!
- Jelang IBL Musim 2020, Hangtuah Dapat Sponsor Lagi

Sekadar diketahui VO2 Max adalah VO2 max kapasitas maksimum tubuh untuk menyalurkan dan menggunakan oksigen saat olahraga intensif. Dari tingkat VO2 Max itu bisa diketahui tingkat kebugaran fisik.

Dokter Rika Haryono berharap para pemain terus menjaga dan meningkatkan kemampuan VO2 Max. Sebab, VO2 Max sangat penting untuk daya tahan fisik atau stamina pemain saat bertanding.*Ari DP

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA