#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Federer: Keliling Dunia Membuat Seseorang Kehilangan Energi
10 October 2019 13:05 WIB
SHANGHAI – Babak ketiga ATP 1.000 Shanghai Masters diprediksi menyuguhkan pertandingan sengit. Maklum, satu di antaranya mempertemukan Roger Federer dengan David Goffin. Keduanya akan memperebutkan tiket perempat final di Qizhong Forest Sports City Arena, Cina, Kamis (10/10).

Sepanjang karier, mereka sudah 10 kali bertemu. Federer mendominasi dengan memenangi sembilan di antaranya, termasuk tiga pertemuan terakhir. Misalnya, Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka, 26 Agustus-8 September, di mana petenis nomor tiga dunia itu menang atas Goffin, 6-2, 6-2, 6-0.

Berkaca dari catatan tersebut Federer diunggulkan pada pertandingan, hari ini. Terlebih, petenis 38 tahun itu menunjukkan perfoma apik saat mengawali pertandingan. Federer melaju ke babak ketiga setelah tanpa kesulitan menyingkirkan wakil Spanyol, Albert Ramos Vinolas dengan skor 6-2, 7-6(5).


Baca Juga :
- Drama Lima Set Federer Tumbang, Dimitrov Klaim Taktiknya Sederhana
- Ketat! Federer Akhirnya Tumpaskan Nadal dan Melaju ke Final Wimbledon

“Saya memiliki energi baik karena ketika melakukan perjalanan keliling dunia, seseorang akan kehilangan sedikit energi. Melakoni pertandingan pertama terkadang terasa sulit. Jadi, saya pikir, saya sudah melakukan dengan baik kali ini,” kata Federer seperti dilansir situs resmi ATP, kemarin.

Khusus untuk Shanghai Masters, Federer telah mengantongi tiga gelar, masing-masing 2006, 2014, dan 2017. Tahun lalu, langkahnya terhenti pada semifinal usai kalah dari petenis Kroasia, Borna Coric, 4-6, 4-6. Pada edisi kali ini, Federer bakal berjuang untuk menambah gelar di Negeri Tirai Bambu.

“Saya selalu menikmati tampil di sini karena Shanghai sangat berbeda dengan tempat daerah asal saya. Para penggemar berkumpul dan berusaha keras menunjukkan kepada saya betapa bahagianya mereka. Bagi saya, (sikap seperti) itu sangat berarti,” ujar pemain yang dijuluki FedEx tersebut.

Meski berstatus sebagai petenis nomor tiga dunia, Federer tak akan menganggap remeh lawannya pada babak ketiga, hari ini. Pasalnya, Goffin cukup konsisten dalam jajaran pemain papan atas. Meski faktanya, ia baru mengantongi satu kemenangan atas Federer di Nitto ATP Finals 2017, 2-6, 6-3, dan 6-4.

Goffin pun memiliki ambisi besar untuk mengakhiri paceklik gelar, musim ini. Sejauh ini, petenis 28 tahun itu dua kali menjadi runner-up, masing-masing di Cincinnati Masters, 12-19 Desember, dan Halle Terbuka, 17-24 Juni. Untuk itu, Goffin bersemangat untuk bisa memenangi turnamen kali ini.

Petenis yang kini menempati peringkat ke-14 dunia tersebut juga ingin memperbaiki catatan di Shanghai. Maklum, sejak debut 2015 lalu, pencapaian terbaik Goffin adalah mencapai perempat final pada edisi 2016. Kala itu, dirinya tersingkir setelah kalah dari Andy Murray dengan skor 2-6, 2-6.

Pada penampilan terakhirnya, 2017, ia hanya bertahan hingga babak kedua. Ketika itu, Goffin kalah dari petenis Prancis, Gilles Simon, 6-7(7), 3-6. Sedangkan, tahun lalu, petenis kelahiran 7 Desember 1990 itu, absen. Pada edisi kali ini, Goffin mengalahkan Mikhail Kukushkin di babak kedua, 6-2, 3-0 ret.

Sementara pada pertandingan lain, unggulan pertama, Novak Djokovic akan menghadapi John Isner asal AS. Ini akan menjadi pertemuan ke-12 bagi mereka. Nole,  sapaan akrab Novak Djokovic, mengantongi sembilan kemenangan di antaranya. Termasuk pada enam pertemuan terakhir.


Baca Juga :
- Roger Federer Vs Rafael Nadal, Bertemu Setelah 11 Tahun
- Federer Terkejut Unggulan Bertumbangan

Kali terakhir Nole mengalahkan Isner pada Nitto ATP Finals 2018 dengan dua set langsung 6-4, 6-3. Adapun pada pertadingan, kemarin, Nole mengalahkan petenis muda asal Kanada, Denis Shapovalov, 6-3, 6-3. Isner melaju setelah menyingkirkan Lucas Pouille dari Prancis dengan skor 7-5, 6-3.*MUHAMMAD RAMDAN DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA