#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Gelandang Irlandia Utara Sebut Van Dijk Ibarat Rolls Royce
10 October 2019 15:13 WIB
ROTTERDAM - Tim nasional Belanda akan menjamu Irlandia Utara pada pertandingan di Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020, Kamis (10/10) malam. Belanda masih tertahan di peringkat ketiga Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan sembilan poin dari empat laga. Tapi, mereka hanya terpaut tiga poin dari tim peringkat pertama dan kedua, Jerman dan Irlandia Utara, yang masing-masing telah memainkan lima pertandingan.

Belanda bisa naik ke peringkat kedua jika mampu menang atas Irlandia Utara di Stadion Feijenoord, Jumat dini hari WIB nanti. Ini duel pertama antara kedua tim di Grup C dan Tim Oranye diprediksi bisa merebut poin penuh. Selain diuntungkan oleh status tuan rumah, mereka juga punya materi yang jauh lebih baik.

Salah satunya bek tengah sekaligus kapten tim, Virgil Van Dijk. Pria 28 tahun ini baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2018/19 berkat suksesnya memenangi gelar Liga Champions musim lalu bersama Liverpool FC. Dia juga finis di peringkat kedua The Best 2019 untuk kategori Pemain Terbaik Dunia di bawah Lionel Messi dan di atas Cristiano Ronaldo. 


Baca Juga :
- Format Undian Piala Eropa 2020 Dinilai Penuh Skandal
- Cetak Hattrick, Wijnaldum Kirim Pesan Sudahi Rasisme

Prestasi itu jadi bukti bahwa pelatih timnas Belanda Koeman membuat keputusan tepat saat memilih Van Dijk sebagai kapten timnas Belanda pada Maret 2018. “Dia punya kepribadian hebat dan itu salah satu alasan dia jadi kapten. Meraih gelar Pemain Terbaik Eropa adalah prestasi luar biasa,” kata Koeman.

Pujian terhadap Van Dijk tidak hanya dilontarkan Koeman, tapi juga datang dari kubu Irlandia Utara. Salah satunya dari gelandang sekaligus kapten The Green and White Army, Steven Davis, yang pernah bermain bersama bek jangkung itu selama dua setengah musim (September 2015-Desember 2017) di Southampton FC.

“Saat saya bersamanya di lapangan, dia tampak seperti Rolls Royce,” ujar Davis merujuk pada merek mobil mewah buatan Inggris. “Segalanya tampak sangat mudah buat dia. Secara fisik, dia punya segala yang kita butuhkan, juga secara teknis. Dan, kita bisa melihat dia berkembang lewat pengalaman yang diraihnya di Liverpool.”

Davis yang kini berusia 36 dan memperkuat klub Skotlandia, Rangers FC, mengaku agak iri dengan kehebatan Van Dijk. “Dibandingkan dengan saat kami masih bermain bersama, dia kini telah mencapai level berbeda. Saya pikir semua yang pernah bermain bersama Virgil pasti bisa melihat dia bakal melangkah sejauh ini,” katanya.

Pelatih timnas Irlandia Utara, Michael O'Neill, juga menyadari bahwa lini pertahanan Belanda akan sangat sulit ditembus lantaran keberadaan Van Dijk. Pelatih 50 tahun ini bahkan telah mengetahui ketangguhan Van Dijk saat dia masih bermain di Skotlandia bersama Celtic FC antara 2013 dan 2015.

“Saya telah sering melihatnya berlatih di Celtic dan kita bisa langsung mengetahui kualitasnya. Dia hanya butuh tantangan di level Liga Primer dan kini dia membuktikan bisa beradaptasi dengan mudah pada level itu,” ujar O'Neill. “Saat Anda menghadapi pemain seperti itu, akan jadi sangat sulit untuk mencetak gol. Ini tantangan yang lebih sulit daripada menghadapi penyerang hebat seperti Cristiano Ronaldo.”

Meski begitu, O’Neill tetap optimistis dengan peluang Irlandia Utara mencuri poin di kandang Belanda. Menurutnya, The Green and White Army bisa mengambil keuntungan dari beban berat yang dipikul Tim Oranye yang tengah berjuang lolos ke turnamen untuk kali pertama sejak Piala Dunia 2014.

“Belanda tim yang tengah bangkit, tapi ini juga tim dibebani ekspektasi tinggi karena gagal lolos ke dua turneman besar terakhir,” ujar O’Neill. “Ini tim yang punya beban untuk mematahkan siklus negatif itu. Pada saat yang sama ini juga tim yang tidak terlalu berpengalaman. Van Dijk memang bek tengah terbaik di dunia, tapi dia baru punya 30 caps. Jadi, mereka tidak punya pengalaman sebanyak tim-tim Belanda sebelumnya.”

Di pihak lain, Koeman juga mewaspadai ancaman Irlandia Utara. Apalagi, The Green and White Army pernah mencatatkan tren positif dengan memenangi liga laga beruntun sebelum dihentikan Jerman yang mengalahkan mereka 2-0 di Belfast September lalu.

“Mereka punya ambisi besar. Barangkali, Belanda punya pemain yang lebih baik yang bermain di klub-klub besar Eropa, tapi itu tidak selalu membuat sebuah tim jadi lebih kuat,” kata Koeman. “Saya terkesan dengan permainan Irlandia Utara lawan Jerman. Mereka sempat bermain lebih baik dan menciptakan lebih banyak peluang selama satu jam.”***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Siaran Langsung MOLA TV
KUAL. PIALA EROPA
Jumat (11/10) Pukul 01.40 WIB

BELANDA – IRLANDIA UTARA
Stadion:
Feijenoord
Wasit: Benoit Bastien
Prediksi TopSkor: 60-40

BELANDA 4-3-3
Pelatih:
Ronald Koeman

1 Cillessen
----
2 Veltman
3 De Ligt                    
4 Van Dijk     
17 Blind         
----
8 Wijnaldum
21 F. De Jong
15 De Roon
----
7 Malen
10 Depay
9 Babel

Cadangan: 23 Vermeer, 13 De Vrij, 5 Ake, 16 Strootman, 20 Van De Beek, 14 Berghuis, 19 L. De Jong

IRLANDIA UTARA 4-3-3
Pelatih:
Michael O'Neill

1 Peacock-Farrell     
---
2 McLaughlin
20 Cathcart
5 J. Evans
14 Dallas
---
17 McNair
8 Davis
6 Saville
---
13 C. Evans
16 Washington
10 Lafferty


Baca Juga :
- Wijnaldum Cetak Hattrick Tanpa Rasisme
- Inilah Penyebab Tim Oranye Sulit Juara Grup di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Cadangan: 12 McGovern, 4 Flanagan, 19 Donnelly, 11 Ferguson, 21 Magennis, 7 McGinn, 9 Lavery

Pertemuan Terakhir:
02/06/12       Uji Coba          Belanda 6-0 Irlandia Utara

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA