#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Joel Matip Ideal Buat Virgil Van Dijk di Lini Belakang Liverpool
11 October 2019 15:42 WIB
LIVERPOOL – Nama Joel Matip memang kalah mentereng dibandingkan bek tengah Virgil Van Dijk atau kiper Alisson Becker. Namun peran pemain 28 tahun tersebut tidak kalah vital di pertahanan Liverpool FC, khususnya musim ini. Matip telah menjadi bagian integral dari kesuksesan The Reds mencatatkan rekor 100 persen kemenangan di Liga Primer 2019/20.      

Sepanjang liga domestik musim ini, Matip cuma absen pada laga pembuka dan terakhir Liverpool. Melawan Norwich City FC, ia hanya duduk sebagai cadangan, sementara saat bertemu Leicester City FC, Sabtu (5/10) lalu, akibat cedera. Namun Matip dipastikan kembali mendampingi Van Dijk di jantung pertahanan saat bertemu Manchester United FC di Stadion Old Trafford, 20 Oktober mendatang.

Pada era di mana nilai transfer seorang bek menggila, Matip adalah anomali. The Reds harus merogoh 75 juta paun (setara Rp1,29 triliun) saat merekrut Van Dijk dari Southampton FC, Januari 2018. MU bahkan rela memberikan 80 juta paun untuk Leicester City FC demi Harry Maguire musim panas lalu. Wajar bila Juergen Klopp merasa beruntung karena Matip tiba di Anfield sebelum kegilaan itu terjadi. 


Baca Juga :
- Van Dijk Miliki Koneksi Khusus dengan Klopp
- Buntut Perkelahian, Sterling Tinggalkan Luka Goresan di Pipi Gomez

Sangat jarang sosok bertalenta sepertinya bisa didapatkan secara gratis. Ya, Liverpool tidak mengeluarkan uang sepeser pun saat merekrut bek asal Kamerun itu pada medio 2016 lalu menyusul kontraknya habis bersama FC Schalke 04. Sejak tiba di Anfield, Matip telah mengantongi 107 penampilan membela The Reds dengan sumbangan lima gol dan satu assist.

Ini membuktikan ia tidak hanya tangguh dalam bertahan. Matip termasuk bek yang jeli melepaskan umpan dan mencari posisi. Assist untuk gol striker Divock Origi dalam final Liga Champions melawan Tottenham Hotspur FC menjadi bukti. Teranyar adalah saat tandukannya membuka pesta gol The Reds ke gawang Arsenal FC pada pekan ketiga Liga Primer, Agustus lalu.

“Dalam periode di mana nilai transfer sering tidak masuk akal, bisa mendapatkan pemain dengan kualitas seperti Joel Matip secara gratis tentu saja sangat fantastis. Perekrutannya mungkin salah satu yang terbaik yang pernah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir,” kata Klopp.

Awalnya, banyak pihak memprediksi Joe Gomez yang bakal diproyeksikan Klopp untuk menjadi rekan Van Dijk di jantung pertahanan musim ini. Namun justru Matip yang muncul sebagai duet ideal bek asal Belanda tersebut. Di saat performa Van Dijk mengalami sedikit penurunan, Matip mampu mengover dengan baik. Salah satunya terjadi saat melawan Arsenal.

Van Dijk telat turun saat The Gunners melancarkan serangan balik cepat. Di saat Pierre-Emerick Aubameyang tampaknya akan berhasil menjebol gawang kiper Liverpool Adrian San Miguel, Matip berlari dan berhasil mengejar penyerang andalan Arsenal itu untuk kemudian memblok tembakannya. Dengan performa solid sepanjang bulan lalu, tak heran ia mendapatkan kredit tinggi.

Matip dinobatkan sebagai Premier League Player of The Month untuk September 2019 versi Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris dan Wales (PFA). Sang bek mengungguli nama-nama top seperti Aubameyang (Arsenal), Kevin De Bruyne dan Riyad Mahrez (Manchester City FC). Ini kian menegaskan bahwa kehadiran Matip di Liverpool tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.***       


Baca Juga :
- Sterling Mengaku Emosi
- Mercusuar Itu Bernama Fabinho

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA