#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Timnas Inggris Menatap Piala Eropa 2020
11 October 2019 16:25 WIB
PRAHA - Usai memenangi semua empat pertandingan, timnas Inggris kini unggul tiga angka atas Republik Ceko yang menguntit di posisi kedua klasemen Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020. The Three Lions akan merebut tiket ke putaran Piala Eropa, musim panas tahun depan, bila mampu menaklukkan tuan rumah Rep. Ceko di Stadion Sinobo, Praha, Jumat (11/10) malam.

Inggris masih memiliki satu pertandingan lebih daripada keempat pesaingnya di Grup A yang sudah memainkan lima laga. Dengan begitu, kemenangan akan membuat skuat arahan pelatih Gareth Southgate itu unggul enam angka atas Rep. Ceko yang tinggal memiliki dua pertandingan sisa. Karena regulasi menyebut bahwa duel head-to-head menjadi penentu posisi klasemen, Inggris tidak akan tersentuh di puncak meskipun pada laga terakhir nanti Rep. Ceko mampu menyamakan poin.

Pada pertemuan pertama di Stadion Wembley – laga pembuka Grup A – Maret lalu, Inggris mampu menang 5-0 dengan Raheem Sterling mencetak hattrick. Penyerang sayap Manchester City itu sudah mencetak enam gol dan empat assist hanya dalam empat kali dimainkan di kualifikasi. Ia menjadi pemain yang paling banyak terlibat gol di antara pemain The Three Lions sepanjang kualifikasi ini.


Baca Juga :
- Rep. Irlandia, Denmark, dan Swiss Saling Pukul di Grup D
- Performa Playmaker Spurs Ini Kontras dengan Torehan di Timnas Denmark

Performa impresif Sterling untuk Inggris memang tidak lepas dari torehannya untuk Man. City. Ia sudah mencetak enam gol di Liga Primer musim ini dan tiga lainnya di ajang berbeda. Tidak ada pemain Inggris lain yang mampu mencetak gol sebanyak Sterling di lintas kompetisi tersebut.

Melawan Rep. Ceko, Inggris tidak bisa diperkuat sejumlah pemain penting. Gelandang Everton FC Fabian Delph mundur karena cedera hamstring. Tidak ada pula nama-nama seperti Dele Alli, Jesse Lingard hingga Alex Oxlade-Chamberlain dalam daftar pemain Southgate. Terakhir, Kamis (10/10) kemarin, playmaker Leicester City FC James Maddison juga tidak bisa bermain karena sakit.

Pertanyaan terbesar untuk Southgate adalah siapa bek tengah yang akan mendampingi Harry Maguire. Michael Keane (Everton) atau Joe Gomez (Liverpool FC) tidak terlalu impresif bersama klubnya musim ini. Dari situ, peluang untuk turun semakin terbuka untuk Fikayo Tomori (Chelsea FC) atau Tyrone Mings (Aston Villa). Rekan seklub Tomori, Tammy Abraham, juga bisa menjadi opsi di barisan penyerang.

Kendati di atas kertas Inggris diunggulkan, mereka tetap harus mewaspadai Rep. Ceko. Statistik mereka jika bermain di depan publik sendiri terbilang mengesankan. Dari delapan pertandingan kualifikasi terakhir di kandangnya, Rep. Ceko mampu enam kali menang dengan hanya sekali kalah. Tepatnya dari Turki pada 2015.

Dari sisi teknik dan mentalitas, tim arahan pelatih Jaroslav Silhavy tersebut juga wajib diwaspadai. Usai kalah dari Inggris, mereka langsung bangkit dalam empat pertandingan berikutnya: menghantam tim tamu Bulgaria (2-1), Montenegro di kandang dan saat tandang (semua 3-0), serta sekali kalah di kandang Kosovo (1-2).

Melihat hasil lima pertandingan yang sudaj dijalani, performa Rep. Ceko terbilang tidak stabil. Bila mampu menaklukkan Inggris, persaingan di Grup A akan menjadi lebih terbuka. Meskipun begitu, Rep. Ceko masih memiliki dua pertandingan berat setelah Inggris, yakni menjamu Kosovo dan tandang ke Bulgaria.

Untuk menghadapi tim seagresif Inggris yang mencetak rata-rata 4,75 gol per laga – membuat sembilan gol dalam dua laga terakhir di Grup A – Silhavy memang tidak bisa memainkan Pavel Kaderabek dan Tomas Kalas. Namun, striker Patrik Schick masih bisa diturunkan meskipun cedera ringan. Schick sudah mencetak empat gol dalam empat laga terakhir untuk Rep. Ceko. Striker klub Bundesliga, RE Leipzig, itu bisa dipasangkan dengan sang kapten Vladimir Darida.

Kiper Sevilla FC, Tomas Vaclik, diprediksi akan tetap starter. Sementara, Tomas Soucek dan Alex Kral bakal berpasangan di lini tengah.

Selain Schick, pemain Rep. Ceko lain yang harus diwaspadai Inggris, malam nanti, adalah Darida. Gelandang yang bermain di Bundesliga untuk Hertha Berlin SC tersebut  menjadi pemain dengan caps terbanyak di timnas Rep. Ceko saat ini, 57 kali. Jika Rep. Ceko ingin kans ke putaran final tetap terjaga, mereka harus mampu membuat gelandang 29 tahun itu memahami benar apa yang diinginkan striker seperti Schick.


Baca Juga :
- Depay Diprediksi Absen, Belanda Sudah Punya Empat Opsi Pengganti
- Turki Cukup Satu Poin

Musim ini, peran Darida sangat vital bagi Hertha. Ia pembuat peluang (12) dan assist (3) terbanyak di antara rekan-rekan seklubnya. Sejauh musim ini, jumlah assist Darida di Bundesliga hanya kalah dari winger timnas Inggris, Jadon Sancho (5 untuk Borussia Dortmund), serta Thomas Muller (FC Bayern Muenchen), Alassane Plea (Borussia Moenchengladbach), dan Thorgan Hazard (Dortmund) yang masing-masing membuat empat.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA