#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Krisis Melanda Tim Juara Piala Dunia
11 October 2019 13:24 WIB
REYKJAVIK – Tim juara Piala Dunia 2018, Prancis, sedang mengalami masalah cukup serius. Badai cedera pemain melanda Les Bleus menjelang laga melawan tuan rumah Islandia pada kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H di Laugardalsvollur, Jumat (11/10). Les Bleus dipastikan tampil tanpa tiga pilar, yaitu kiper Hugo Lloris, gelandang Paul Pogba, dan mesin gol Kylian Mbappe.

Lloris mengalami cedera serius pada sikunya saat memperkuat Tottenham Hotspur dalam laga Liga Primer lawan Brighton & Hove Albion, Sabtu (5/10) lalu. “Dia telah menjalani tes. Sulit mengatakan berapa lama dia akan absen. Saya bukan dokter,” kata Didier Deschamps, pelatih Prancis. “Dia jelas tak akan bersama kami kali ini, juga untuk laga berikutnya. Dia tidak akan kembali ke lapangan pada 2019 ini, itu hampir pasti.”

Posisi Lloris digantikan oleh Steve Mandanda. Dia dipanggil kembali berkat beberapa aksi impresif di bawah mistar Olympique de Marseille musim ini. Deschamps menyebut pemain 34 tahun itu kembali mendapatkan status sebagai kiper nomor dua. Tapi, dia juga mengisyaratkan bakal menjadikan Mandanda sebagai starter lawan Islandia.


Baca Juga :
- Turki Cukup Satu Poin
- Wembley Sambut Laga Ke-1.000 Tim Tiga Singa

Ini akan jadi caps ke-29 Mandanda bersama timnas Prancis sekaligus yang pertama sejak 26 Juni tahun lalu saat Les Bleus bermain imbang 0-0 lawan Denmark pada fase grup Piala Dunia 2018. Mandanda jadi opsi paling ideal bagi Deschamps mengingat Alphonse Areola jarang mendapatkan menit bermain di Real Madrid musim ini.

“Mandanda tampil sangat bagus sejak awal musim ini. Pengalamannya juga penting buat kami. Saya memanggilnya kembali setelah mempertimbangkan performanya di level klub dan pengalamannya bersama timnas,” ucap Deschamps.

Prancis juga tidak akan diperkuat Pogba yang harus kembali menjalani perawatan untuk memulihkan cedera pada ankle. Sementara, Mbappe sempat dimasukkan kembali dalam skuat yang diumumkan Deschamps, Kamis pekan lalu, setelah absen pada dua laga Les Bleus sebelumnya lawan Albania dan Andorra karena cedera.

Tapi, bintang Paris Saint Germain (PSG) itu harus meninggalkan pemusatan latihan timnas Prancis, Selasa (8/10), karena cedera pahanya kambuh. Sebagai gantinya, Deschamps memanggil striker Borussia Moenchengladbach, Alassane Plea, yang telah mencetak empat gol dan empat assist dalam tujuh laga di Bundesliga musim ini.

Terlepas dari statistiknya yang impresif di level klub, Plea kemungkinan hanya akan jadi cadangan. Duet Antoine Griezmann dan Olivier Giroud tetap jadi pilihan utama di lini depan Prancis meski keduanya tampil kurang memuaskan bersama klubnya masing-masing.

Griezmann baru mencetak tiga gol dalam sembilan laga bersama FC Barcelona di La Liga dan Liga Champions musim ini. Padahal, dia selalu dimainkan sebagai starter. Situasi yang dialami Giroud di Chelsea FC bahkan lebih memprihatinkan. Striker 33 tahun ini baru tiga kali dimainkan di Liga Primer dan hanya sekali jadi starter.

Tapi, Deschamps tidak khawatir dengan fakta tersebut. “Griezmann pindah ke klub besar dan bermain di posisi berbeda dengan saat di Atletico Madrid. Dia butuh waktu,” katanya. “Menit bermain Giroud di Chelsea sangat sedikit, tapi tidak ada yang bisa mengabaikan apa yang telah dia lakukan bersama kami. Dia top scorer ketiga bagi timnas (setelah Thierry Henry dan Michele Platini).”


Baca Juga :
- Sancho Siap Jadi Andalan Inggris Lagi
- Reputasi Tim Juara Piala Dunia Ini Dipertaruhkan

Prancis tidak terkalahkan dalam 14 duel sebelumnya lawan Islandia dengan 10 kali menang dan empat kali seri. Tapi, tim berjulukan Strakarnir Okkar ini layak optimistis. Mereka tidak terkalahkan dalam laga kualifikasi (Piala Eropa dan Piala Dunia) di kandang sejak 7 Juni 2013 saat ditekuk Slovenia 4-2 pada pra-Piala Dunia 2014.

“Semua orang meyakini Prancis akan menang dan di atas kertas mereka harus menang. Tapi, hal tak terduga bisa terjadi dalam sepak bola. Islandia tidak pernah mengalahkan Prancis, tapi mungkin kami melakukannya besok,” kata pelatih Erik Hamren.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA