#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
MU Sudah Punya Solusi Atasi Krisis
12 October 2019 15:31 WIB
MANCHESTER – Tak sedikit pihak yang meyakini bahwa mendepak pelatih Ole Gunnar Solskjaer dari Stadion Old Trafford tidak akan menyelesaikan masalah. Solusi terbaik untuk mengatasi krisis performa yang tengah dialami Manchester United FC (MU) pada 2019/20 adalah dengan merombak tim yang ada saat ini. Atau secara jangka pendek dengan menyuntikkan tenaga baru ke dalam skuat.

Isu utama MU yang sangat jelas terlihat yakni keterbatasan opsi Solskjaer di sektor serangan. Setan Merah telah kehilangan Romelu Lukaku serta Alexis Sanchez yang bergabung ke FC Internazionale, musim panas lalu. Dan mereka tidak merekrut sosok pengganti. Solskjaer cukup optimisits dengan Marcus Rashford dan Anthony Martial. Namun faktanya, mengandalkan mereka berdua sama sekali tidak cukup.

Martial belum lagi tampil sejak Agustus akibat cedera hamstring. Sedangkan Rashford mengalami masalah kepercayaan diri. Sementara itu, striker muda Mason Greenwood masih dalam proses adaptasi dengan sepak bola level tinggi. MU kini butuh sosok berpengalaman dengan karakter dan mentalitas kuat untuk membantu tim keluar dari keterpurukan. Belakangan nama Mario Mandzukic dinilai bisa jadi jawaban.


Baca Juga :
- Fred Solusi Problem Lini Tengah Man. United
- Dua Gol Cepat Bikin Brighton Terkejut, Manchester United Raih 3 Poin

Solskjaer sebenarnya telah mencoba merekrut striker Juventus FC itu musim panas lalu. Namun hingga bursa jual-beli pemain ditutup, tidak tercapai kesepakatan. Kendati begitu, MU akan kembali mencoba memboyongnya ke Old Trafford saat jendela transfer musim dingin dibuka, Januari tahun depan. Mandzukic sendiri diketahui ingin hengkang dari Turin setelah tidak pernah lagi dimainkan I Bianconeri.

Musim ini, pemain 33 tahun itu sama sekali belum diturunkan pelatih Maurizio Sarri. Kabar terakhir menyebutkan, MU telah mencapai kesepakatan verbal dengan Juventus terkait transfer Mandzukic yang kontraknya bersama raksasa Seri A itu akan habis Juni 2021. Ini berarti Setan Merah tidak perlu menggelontorkan dana selangit untuk bisa mendatangkan striker timnas Kroasia tersebut.         

Dari segi usia, Mandzukic mungkin tidak ideal dengan visi MU dan Solskjaer yang ingin melakukan peremajaan tim. Tetapi, setidaknya, ia punya kapasitas untuk memberikan pengaruh, minimal hingga akhir musim nanti. “Saat sebuah klub melepas dua penyerang seniornya, mereka perlu mencari penggantinya. MU tidak kekurangan pemain muda potensial, namun tetap dibutuhkan sosok berpengalaman,” ujar Dimitar Berbatov.

Menurut mantan striker Setan Merah itu, Mandzukic bisa menjadi opsi terbaik. Ia sangat kaya pengalaman di level tertinggi. Sebelum di Juventus, pemain berpostur 190 cm tersebut pernah membela Atletico Madrid dan FC Bayern Muenchen. Ia juga memiliki ketajaman yang sangat baik, selalu mampu mencetak dua digit gol dalam 10 musim terakhir di semua kompetisi di level klub.

Selain kecakapan mencetak gol, secara fisik Mandzukic sangat tangguh. Rekan-rekannya di Kroasia menjuluki sang striker Dilkos karena kekuatan, energi, dan mobilitasnya yang fantastis. “Dia memang belum pernah bermain di Liga Primer, tapi saya pikir dengan jam terbangnya, Mandzukic bisa seperti Zlatan (Ibrahmovic) pada 2016/17, mampu memberikan dampak signifikan bagi MU dengan cepat,” lanjut Berbatov.  

Selain Mandzukic, kubu Setan Merah juga telah menyiapkan rencana untuk memboyong dua bintang muda Leicester City FC sekaligus, gelandang serang James Maddison dan bek kiri Ben Chilwell. MU bahkan diketahui telah menyiapkan 130 juta paun (setara Rp2,32 triliun). Namun skenario itu kemungkinan baru akan dieksekusi pada bursa transfer musim panas mendatang.

“Kami telah memantau mereka selama beberapa tahun terakhir dan keduanya masuk kriteria, dalam segi kualitas dan usia. Ole (Solskjaer) pun mengagumi Maddison dan Chilwell. Namun akan sulit untuk merekrut mereka secara bersamaan dalam waktu dekat,” kata sumber dalam MU.***

 

 

 


Baca Juga :
- Susunan Pemain Manchester United vs Brighton
- Inilah Penyebab Man. United Sulit Bongkar Pertahanan Lawan

   

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA