#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Aguero Mengaku Jadi Sosok Berbeda sejak Dilatih Pep
12 October 2019 14:41 WIB
MANCHESTER – Josep “Pep” Guardiola ternyata mengajarkan banyak hal kepada striker Manchester City FC, Sergio Aguero. Terutama tentang seluk-beluk filosofi dan taktiknya saat makan malam setelah pelatih asal Spanyol tersebut tiba di Inggris. Itu yang sebenarnya terjadi saat keduanya terlihat berdiskusi di restoran Salvi’s di pusat kota Manchester pada Januari 2017.

Awalnya, banyak fan yang berpikir penunjukan Pep di Stadion Etihad akan membuat peran Aguero dalam skuat The Citizens berkurang. Atau bahkan hilang sama sekali. Pasalnya, Sang pelatih baru sering mengkritik striker asal Argentina itu, menuntut lebih banyak darinya, dan puncaknya Guardiola malah mendatangkan bintang muda Brasil, Gabriel Jesus senilai 28,6 juta paun ke Manchester.

Tetapi, dalam serial dari buku terbaru 'Pep's City: The Making of a Superteam' terungkap bahwa Guardiola memang merencanakan kumpul-kumpul untuk membantu Aguero memahami visinya. Dia ingin agar Kun, sapaan sang pemain, lebih banyak menekan, memainkan bola dengan baik serta bekerja sekuat pemain lainnya dalam memahami gaya mantan juru taktik FC Barcelona dan FC Bayern Muenchen itu.


Baca Juga :
- Leroy Sane Merapat ke Muenchen, Manchester City Sebut Coman Pengganti Sempurna
- Sterling Balas Fan yang Mencemooh Joe Gomez

Dalam ekstrak yang diterbitkan The Sun pada Kamis (10/10), Aguero mengungkapkan: “Pep meminta saya untuk mencoba cara bermain baru dan saya ditantang harus beradaptasi dengan cepat. Jelas itu tidak mudah, namun saya tidak punya pilihan. Permainan saya sekarang jelas berubah dibandingkan lima tahun lalu. Saya benar-benar bertransformasi secara total.”

“Di acara makan malam itu, kami berbicara tentang banyak hal. Kami terus menunda setiap janji untuk bertemu, dan kemudian ketika kami akhirnya bertemu, kami membicarakan mengenai pekerjaan selama 20 menit atau lebih. Waktu selebihnya kami habiskan dengan mengobrol tentang hal-hal lain, keluarga, kehidupan secara umum.”

Hampir tiga tahun Aguero bermain di bawah Pep dan dia tetap menjadi pemain penting Man. City. Kun mempersembahkan empat gelar, menorehkan 103 gol. Dua musim terakhir, gol-gol Aguero memastikan rival sekota Manchester United FC (MU) tersebut meraih trofi Liga Primer secara beruntun.

Aguero mengakui dia perlu waktu untuk beradaptasi dengan gaya baru Guardiola tetapi sekarang melihat manfaatnya. Bahwa tidak selalu mudah memahami yang diinginkan olehnya. “Berhadapan dengan Pep, itu bisa terasa seperti dia menekan Anda. Tapi saya cepat mengerti. Begitulah Pep, sangat intens. Bagi dia, tidak ada hari libur!”

"Semua yang dia katakan adalah untuk kebaikan kami, para pemain, meskipun pada awalnya saya tidak mau melihatnya. Seiring waktu saya menyadari dia benar. Dia membuat yang terbaik menjadi lebih baik. Saya bisa tertawa dengannya, dia sangat menyenangkan. Namun tidak ada bercanda atau tawa ketika harus bekerja. Dia juga benar-benar seseorang yang mudah cemas," kata Kun.

Direktur Sepak Bola The Citizens, Txiki Begiristain adalah mantan rekan setim Pep di Barcelona dan salah satu teman baiknya. Dia menjulukinya La Bestia (The Beast) dan mengakui Aguero bukan penyerang tengah pertama yang berjuang untuk memenuhi tuntutan Guardiola. Dia senang Aguero bisa lolos dari tuntutan sang pelatih perfeksionis tersebut.

Pada hitungan terakhir Aguero telah mencetak 239 gol dalam 295 pertandingan starter untuk Man. City, dan lebih dari 100 gol di antaranya terjadi selama era Guardiola - dan Aguero selalu mencetak 30 atau lebih di masing-masing tiga musim penuh pertama Guardiola di Etihad. “Tak ada yang pernah melakukan yang dilakukan Pep. Dia yang terbaik," kata Begiristain.***NURUL IKA HIDAYATI

Statistik Sergio Aguero bersama Man. City
Sesudah Kedatangan Josep Guardiola
Periode: 2016-...
Laga: 139
Menit main: 10.456
Gol: 103
Assist: 26
Menit per gol: 102
Menit per assist: 402


Baca Juga :
- Rodri Akui Pelatih Man City Pengaruhi Permainannya
- Jadwal Liverpool hingga Akhir Tahun Masih Relatif Mudah

Sebelum Kedatangan Josep Guardiola
Periode: 2011-2016
Laga: 207
Menit main: 15.182
Gol: 136
Assist: 45
Menit per gol: 112
Menit per assist: 337

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA