#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
KUALIFIKASI PIALA DUNIA
Derby Korea, Jurnalis dan Suporter Korea Selatan Dilarang Masuk Korea Utara
13 October 2019 16:21 WIB
PYONGYANG - Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup H pada Selasa 15 Oktober 2019 bakal panas. Musababnya dua Korea akan bertemu satu lapangan. Korea Utara vs Korea Selatan.

Negara bersaudara yang bertikai sejak puluhan tahun lalu itu--bahkan sekarang statusnya masih gencatan senjata--tergabung dalam satu grup di kualifikasi. Hal itu berdasarkan undian yang dilakukan tahun lalu.

Tidak heran bila pertandingan nanti begitu dinanti. Terutama dari pihak Korea Utara yang ingin menunjukkan hegemoninya sebagai bangsa Korea. 


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu Dini Hari WIB
- Update Hasil dan Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Rabu Dini Hari WIB

Sebetulnya jalan perdamaian terus dirintis. Namun saat ini belum menemui kenyataan. Masih ada beberapa hal yang tidak kunjung disepakati. Hal ini ditambah dengan hubungan yang masih dingin antara Korea Utara dan Amerika Serikat sebagai sekutu Korea Selatan.

Untuk pertandingan nanti Federasi Sepak Bola Korea Utara (PRKFA), sudah memastikan tidak ada jatah buat suporter Korea Selatan. Hal ini walaupun melanggar regulasi pertandingan FIFA, karena suporter tim tamu harus dijamin punya kuota tiket. Tapi Korea Utara tidak peduli. 

Bahkan tidak hanya suporter atau warga negara Korea Selatan yang dilarang menonton laga di Stadion Kim Il-sung, Selasa nanti. Jurnalis dari Korea Selatan juga tidak akan diberi akses masuk ke Korea Utara. Tampaknya Korea Utara sudah siap dengan segala risiko dari FIFA, misalnya didenda karena melanggar regulasi.

Beruntung Korea Utara tidak sampai kalap membatasi akses masuk untuk pemain, ofisial, dan delegasi Timnas Korea Selatan. Kalau itu dilakukan, lalu Korea Utara mau main lawan siapa pada tanggal itu?


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G
- Jelang hadapi Malaysia, Timnas Indonesia Mantapkan Skema dan Finishing

"Otoritas Korea Utara secara signifikan telah membatasi masuknya turis asing sejak 10 Oktober 2019 sampai pertandingan selesai. Hal ini untuk membatasi akses orang asing ke Stadion Kim Il-sung," begitu cuplikan berita dari NK News.

"Tidak ada wartawan atau penonton Korea Selatan yang juga diberi visa untuk menonton pertandingan pada 15 Oktober 2019," masih dari pemberitaan NK News.*Ari DP

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA