#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
La Albiceleste Kian Padu Tanpa Bintang
15 October 2019 13:10 WIB
ELCHE – Dua laga uji coba sepanjang bulan ini sudah bisa menjadi indikator bagi pelatih Lionel Scaloni terkait arah pengembangan timnas Argentina. Dari dua pertandingan, La Albiceleste mampu mencetak delapan gol, hanya kemasukan kali, lima pencetak gol berbeda, serta masing-masing sekali menang dan imbang.

Setelah menahan tim juara Piala Dunia empat kali, Jerman, 2-2, di kandangnya pada 9 Oktober lalu, Tim Tango melumat Ekuador dengan 6-1, Minggu (13/10) malam lalu. Turun di Stadion Manuel Martínez Valero, markas klub Elche CF, Spanyol, gol-gol Argentina masing-masing dicetak Lucas Alario (menit ke-20), bunuh diri Jhon Espinoza (27), Leandro Paredes (32, penalti), German Pezzella (66), Nicolas Dominguez (82), dan Lucas Ocampos (86). Ekuador hanya membalas lewat gol dari Angel Mena di awal babak kedua (49).

Di dua pertandingan persahabatan ini, Argentina tidak diperkuat sejumlah bintangnya. Lionel Messi (FC Barcelona) masih dalam masa hukuman larangan turun menyusul kritiknya terhadap Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) terkait gelaran Piala Amerika lalu. Penyerang tengah Sergio Aguero (Manchester City) sedang cedera sedangkan winger Angel Di Maria (Paris Saint-Germain/PSG) memilih beristirahat.


Baca Juga :
- Griezmann Akhiri Paceklik
- MSG Monster LaLiga

Meskipun begitu, Scaloni mengaku puas dengan performa para pemainnya. Pelatih 41 tahun itu menjelaskan apa yang direncanakan berhasil diwujudkan pemainnya di lapangan.

“Ada lima atau enam pemain yang menjadi motor permainan tim kami,” ucap Scaloni tanpa menyebut nama-nama yang dimaksud. “Tim terbaik sekalipun tidak akan selalu menang. Tidak ada tim yang tak terkalahkan. Namun, tim nasional Argentina ini akan sulit ditaklukkan di masa depan.”

Absennya sejumlah bintang La Albiceleste memang dimanfaatkan betul oleh para pemain yang turun. Kerja sama antarpemain justru terlihat lebih padu saat Argentina tidak diperkuat Messi maupun Aguero.

Lucas Alario dan Lucas Ocampos masing-masing mampu membuat dua gol dari dua kali dimankan. Saat melawan Jerman, Ocampos membuat assist untuk rekannya yang bermain di klub Bundesliga, Bayer Leverkusen, itu. Dengan begitu, Ocampos terlibat langsung dalam tiga dari delapan gol Argentina dalam dua uji coba tersebut.

“Saya ingin melihat Ocampos mengeluarkan lebih banyak kemampuannya,” ucap Scaloni tentang penyerang Sevilla FC tersebut. “Saya juga senang melihat performa dan kematangan Agustin Marchesin di bawah mistar,” tutur Scaloni soal kiper FC Porto yang baru tujuh kali memperkuat timnas Argentina tersebut.

Marcos Acuna juga bermain impresif dalam dua pertandingan uji coba Argentina. Gelandang kiri Sporting CP itu terlibat langsung dalam tiga gol Argentina di babak pertama saat menghancurkan Ekuador.

Umpan silangnya dari tendangan sudut mampu disundul Alario untuk gol pertama. Setelah itu, umpan silang Acuna salah diantisipasi oleh Espinoza sehingga berujung gol bunuh diri. Terakhir, umpan pendek Acuna kepada Lautaro Martinez berujung penalti yang sukses dieksekusi sendiri oleh striker FC Internazionale itu untuk gol ketiga. Bila ditotal dengan saat melawan Jerman, Acuna sudah mencetak empat assist dari dua laga.


Baca Juga :
- Ibunda Messi Tak Berharap Ballon d'Or Keenam, Celia Cuccittini: Ini Kejutan Indah!
- Gol d’Or Messi!

Sejumlah pemain muda Argentina juga mencuat dalam dua uji coba ini. Di antaranya Dominguez yang mencetak golnya ke gawang Ekuador serta Nicolas Gonzalez.

“Saya sudah memperhatikan Gonzaez sejak menangani tim Argentina U-23. Ia pemain spesial,” kata Scaloni tentang striker VfB Stuttgart yang kini turun di Bundesliga 2 itu. “Strategi saya adalah memainkan sebanyak mungkin pemain berkarakter menyerang yang bisa langsung mengancam kotak penalti lawan. Saya yakin ini salah satu cara bagus untuk membangin timnas Argentina,” kata Scaloni seraya menyebut Messi dan Aguero sangat mungkin sudah bisa dimainkan dalam uji coba berikutnya, November nanti.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA