#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Zarco Gantikan Nakagami, Indikasi Honda Bakal Depak Lorenzo Menguat
17 October 2019 08:20 WIB
MOTEGI – Johann Zarco resmi menggantikan posisi Takaaki Nakagami di tim satelit LCR Honda untuk tiga putaran terakhir MotoGP 2019. Ia akan memulai tugas tersebut di Sirkuit Phillip Island, Australia, 27 Oktober, hingga lomba terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 17 November mendatang.

Nakagami akan coba tampil di Grand Prix (GP) Jepang, akhir pekan ini. Namun, ia akan absen di Australia, Malaysia dan Valencia, untuk menjalani operasi bahu dan proses pemulihan. Honda menilai Zarco sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan posisi pembalapnya tersebut.

“Sangat disayangkan Nakagami harus absen pada tiga lomba terakhir. Saya berbicara dengan Direktur Teknis HRC Tetsuhiro Kuwata dan Prinsipal Honda Alberto Puig untuk membawa Zarco dan mereka setuju. Saat menghubungi Zarco, ia tertarik,” kata Prinsipal LCR Lucio Cecchinello via Motorsport.com.


Baca Juga :
- Alex Marquez Bisa Jadi Pilihan Terbaik Honda
- Jatuh Saat Debut, Alex Marquez Mengaku Tetap Nyaman di MotoGP

Sebelumnya, Honda Racing Corporation (HRC) memperpanjang kontrak Nakagami hingga akhir MotoGP 2020. Itu membuat kursi pembalap musim depan hanya tersisa satu, yaitu di Red Bull KTM Racing. Meski masih terikat kontrak dengan KTM, Cecchinello menegaskan mendukung penuh Zarco.

“Johann siap bekerja sama pada setiap langkah untuk proyek ini yang akan berakhir di Valencia. Kami pastikan bakal mendukung Johann sepenuhnya. Dia merupakan seorang pembalap yang telah menunjukkan talenta besar dan sikap profesional di sepanjang karier balapnya,” ujar Cecchinello.

Zarco memang memutuskan tak bekerja sama lagi dengan KTM, musim depan. Prinsipal KTM Pit Beirer pun menggantinya dengan pembalap penguji, Mika Kallio, sejak GP Aragon hingga akhir musim ini. Namun, ia merasa senang karena KTM tak melarangnya untuk bergabung dengan tim lain.

“Sebuah peluang besar bisa berlomba bersama LCR Honda. Saya benar-benar senang dan akan melakukan yang terbaik untuk meraih hasil bagus. Bisa saja ini jadi tiga lomba terakhir saya di MotoGP. Saya juga berterima kasih kepada KTM karena memberi izin mengendarai motor lain,” ujar Zarco.

Mengendarai Honda RC213V, Zarco harus bisa beradaptasi karena karakternya tak jauh berbeda dengan KTM RC16. Untuk itu, ia harus memastikan dirinya dapat berkendara dengan baik di tiga putaran terakhir, musim ini. Jika bisa maksimal, ini bisa jadi peluang untuk gabung dengan Honda.

“Saya menyukai Sirkuit Phillip Island karena treknya cepat dan rasanya bisa tampil cepat di sana. Kami berharap itu akan terjadi dan kami akan melihat segala kemungkinan. Target utama saya adalah berkendara dengan baik agar tampil cepat dan mengembalikan bentuk terbaik seperti sebelumnya,” kata Zarco.


Baca Juga :
- Detik-detik Alex Marquez Jatuh Saat Jalani Debutnya di MotoGP
- Alex Marquez Debut Bersama Honda, Baru Delapan Lap Sudah Jatuh, Begini Komentarnya

Tak ingin membuat Zarco kehilangan kualitas, Beirer membebaskannya bergabung dengan tim mana pun jika ada kesempatan. “Saya menyukai potensi Johann dan saya ingin yang terbaik untuknya. Walau masih terikat kontrak, jika dia ingin menguji motor apa pun, saya izinkan dia melawan kami,” ujar Beirer.

Terpilihnya Zarco untuk menggantikan Nakagami di LCR Honda kian menguatkan indikasi soal rencana mendepak Jorge Lorenzo, musim depan. Pasalnya, Honda memiliki Stefan Bradl yang berstatus pembalap penguji. Seharusnya, Bradl jadi orang pertama yang bakal dipertimbangkan mengisi kursi Nakagami.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA