#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Timnas U-23 Kembali Berkumpul 21 Oktober
17 October 2019 12:43 WIB
JAKARTA - Timnas U-23 bisa memetik pelajaran berharga dalam keikutsertaannya di turnamen segiempat di Cina beberapa waktu lalu. Meski hanya meraih satu poin dari tiga laga, pasukan Indra Sjafri itu memperlihatkan progres permainan yang baik dari setiap pertandingan.

Dari segi hasil bahkan tidak terlalu buruk. Menghadapi tuan rumah Cina yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-23 2020, Januari mendatang, Indonesia kalah 0-2. Sementara saat melawan Yordania, gawang Indonesia hanya kebobolan satu gol karena kesalahan komunikasi antarpemain belakang.

Puncaknya, di luar dugaan Indonesia sukses mengimbangi Arab Saudi U-23, skor 1-1. Padahal Arab Saudi diunggulkan bisa mengatasi tim Garuda. Dari turnamen ini, Indra Sjafri juga sudah bisa mulai menggambarkan kerangka tim yang akan dipersiapkannya untuk SEA Games mendatang.


Baca Juga :
- Prediksi PSIS vs Bali United, Laga Krusial
- TC Timnas Futsal Indonesia Dipisah

Itu terlihat dari sejumlah pemain yang mendapat menit bermain lebih banyak. Sebut saja seperti Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Muhammad Rafli, merupakan empat pemain yang selalu masuk dalam starting eleven dari tiga laga.

Kemudian ada Irkham Milla, pencetak satu-satunya gol Indonesia ke gawang Arab Saudi. Meskipun, sangat jelas timnas U-23 tetap membutuhkan sosok striker buas untuk SEA Games 2019, November mendatang.

Untuk benteng pertahanan, Indra masih mencari-cari tandem ideal bagi Nurhidayat. Pos gelandang bertahan ada nama Rachmat Irianto yang semakin nyaman bertranformasi dari seorang bek. Ia akan bersaing dengan Muhammad Luthfi Kamal yang sedang berjuang menemukan kembali sentuhan terbaiknya.

Indra Sjafri pun mengaku sama sekali tidak mengecilkan peluang beberapa pemain yang bermain di klub Liga 2. Dalam skuat saat ini memang ada sejumlah pemain yang hanya tampil di kompetisi kasta kedua seperti Alex Vandjin, Luthfi, dan Witan Sulaeman.

“Peluang semua pemain sama. Perlihatkan saja kualitas saat latihan dan turnamen (uji coba). Kalau bagus pasti terpilih, kalau tidak bagus kami kembalikan ke klub,” kata Indra kepada TopSkor.

Setelah mengikuti turnamen di Cina, timnas U-23 tidak akan dibubarkan. Setibanya di tanah air, Syahrian Abimanyu dan kawan-kawan hanya diberikan waktu libur selama dua hingga tiga hari untuk recovery. Rencananya Indra Sjafri akan melanjutkan pemusatan latihan di Jakarta mulai Senin, 21 Oktober mendatang.


Baca Juga :
- Beto Terancam Batal ke SEA Games
- Pemain Cadangan Tampil Meyakinkan, Timnas Putri Tekuk Sri Lanka 3-0

Nantinya akan ada beberapa pemain baru bergabung yang masuk dalam kuota 40 pemain yang didaftarkan. Mereka akan disiapkan untuk kembali menjalani uji coba terakhir melawan timnas Iran U-23 yang direncakan digelar dua kali.

“Tanggal 14 sama tanggal 17 November uji coba lawan Iran. Jadi dua kali sama konsepnya. Jadi coach bawa pemain yang banyak dan bisa uji coba semua pemain di situ,” kata Sekretaris Jendral PSSI Ratu Tisha. “Mengapa Iran? Karena kami maunya hadapi best tim lah. Karena kami memang serius capai target emas di SEA Games.”*FURQON AL FAUZI

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA