#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Timnas Futsal Indonesia Menuju Ho Chi Minh dengan Percaya Diri
18 October 2019 13:57 WIB
JAKARTA - Timnas futsal Indonesia menjalani latihan terakhir di lapangan My Futsal, Jakarta, Kamis (17/10) pagi. Tim Garuda rencananya akan bertolak ke Vietnam, Jumat (18/10), untuk tampil dalam Piala AFF Futsal 2019 di Ho Chi Minh.

Dalam latihan terakhirnya di Jakarta ini, pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi mengaku tidak memberikan latihan berat. Itu demi menjaga kebugaran pemain jelang turnamen AFF pada 21 hingga 27 Oktober mendatang.

“Kami hanya mengulang materi latihan sebelumnya, terutama masalah transisi ketika kami setelah melakukan serangan. Apa yang harus dilakukan pemain untuk bertahan sekaligus kembali melakukan counter attack lagi,” ujar Kensuke.


Baca Juga :
- Beto Terancam Batal ke SEA Games
- Pemain Cadangan Tampil Meyakinkan, Timnas Putri Tekuk Sri Lanka 3-0

Selain mengasah transisi, Kensuke juga beberapa kali memberikan kesempatan pemainnya di sela latihan untuk mematangkan skema set piece. Hal ini menurut Kensuke sangat penting dalam futsal.

“Saya juga ingin pemain punya skema yang baik dalam set piece, kemarin melawan Halus FC mereka sudah melakukannya dengan baik dan mendapatkan satu gol dari skema itu. Hari ini (kemarin) saya ingin terus lekatkan set piece ini adalah peluang yang besar untuk mendapatkan poin,” kata mantan pemain timnas Jepang tersebut.

Sebelumnya ketika timnas mengalahkan klub Pro Futsal League Halus FC dengan skor 3-0 dalam laga uji coba terakhirnya, satu pemain yakni M Iqbal Iskandar mengalami cedera. Iqbal sempat merasakan sakit di bagian pahanya dan tidak bisa melanjutkan permainan babak kedua. Namun pada latihan kemarin Iqbal telah pulih dan sudah kembali berlatih bersama tim.

“Ya, beberapa pemain memang mengalami masalah. Iqbal hanya tegang saja di bagian otot paha dan tidak ada cedera serius, hari ini (kemarin) Firman Ardiansyah yang merasakan engkel kirinya sakit. Tetapi setelah dicek, mungkin karena aktivitas tim yang cukup intens jadi hanya capek saja, tidak ada masalah,” ujar dokter timnas futsal Indonesia, dr. Nana.

Dalam latihan terakhir ini ada tiga pemain yang diistirahatkan yaitu Marvin Alexa, Muhammad Albagir, dan Muhammad Iksan Rahadian. “Karena saya rasa pemain ini sudah cukup banyak mengeluarkan tenaga dalam persiapan sebelumnya, jadi saya ingin mereka sedikit istirahat,” ucap dr. Nana.

Dalam latihan ini ia juga mengimbau kepada semua pemain jika merasakan sedikit sakit, langsung menginfokan kepada tim medis atau pelatih agar memang tidak memaksakan diri. “Seperti yang terjadi pada Firman tadi (kemarin) dia mengeluhkan engkelnya dan setelah itu kami istirahatkan,” dr. Nana menambahkan.

Menuju Piala AFF Futsal 2019, timnas futsal Indonesia telah melakukan beberapa rangkaian persiapan. Di antaranya berlaga di MNC Futsal Championship 2019 di Yogyakarta, 6-8 September 2019. Dalam tiga laga yang dijalani, Indonesia berhasil mencatatkan dua kemenangan melawan Taiwan (7-0) dan melawan klub KL City FC (13-4), dan kalah dari Uzbekistan dengan skor 1-3.

Selain itu, Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawam juga melakoni serangkaian uji coba di Jepang pada awal Oktober lalu. “Saya rasa persiapan kami cukup untuk menjalani laga di AFF nanti, tinggal bagaimana pemain menjaga kondisinya menjelang laga,” ujar Kensuke.*NIZAR GALANG GANDHIMAR


Baca Juga :
- Timnas U-23 Masih Sering Lengah
- Timnas Indonesia Menunggu Ide Segar Yeyen dan Gethuk

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA