#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Gala Siswa Indonesia 2019 Siap Lahirkan Juara Baru, Bali Bertemu Jateng di Final
18 October 2019 08:02 WIB
JAKARTA - Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2019 telah mencapai puncaknya. Tim Bali dipastikan akan beradu kebolehan melawan tim Jawa Tengah (Jateng) dalam laga final Putaran Nasional yang akan digelar di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Sabtu (19/10) mendatang.

Bali memastikan diri ke final usai menaklukan Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan dua gol tanpa balas pada laga semifinal yang digelar di Stadion Soemantri, kemarin. Kemenangan Bali tak lepas dari peran Komang Nathan. Bermain sebagai penyerang, Nathan berhasil memborong dua gol dalam laga ini.

“Saya tentu senang dengan hasil ini, artinya tinggal selangkah lagi perjuangan menjadi juara di ajang GSI. Anak-anak bermain dengan baik, semua permainan sesuai intruksi kami,” ujar asisten pelatih Bali, I Ketut Sumerto.


Baca Juga :
- Maskot PON 2020 Papua Resmi Diluncurkan
- Prediksi PSS versus Borneo FC, Misi Kejar Target

Sebelumnya Ketut mengaku sudah melihat bagaimana permainan NTB. “Mereka bagus dalam presure pemain. Maka dari itu pemain tadi saya intruksikan bermain agak melebar dan mememanfaatkan counter attack, hasilnya terbukti kami berhasil menang di laga ini,” kata Ketut.

Sementara itu, pada laga semifinal kedua Jateng berhasil menghempaskan Jawa Barat dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Jateng diciptakan oleh Fadhil di menit ke-10.

Pelatih Jateng Widhoro Heriyanto mengaku puas dengan permainan anak didiknya. Ia juga mengatakan bahwa kondisi fisik yang prima menjadi salah satu faktor kemenangan Jateng.

“Saya sengaja di awal pertandingan memberikan instruksi ke pemain untuk bermain lebih menekan hingga barisan pertahanan lawan. Kondisi itu bisa dimaksimalkan dengan baik oleh Fadhil. Selain itu, saya melihat kebugaran pemain dalam laga ini cukup baik, hingga pertengahan babak kedua pemain masih sanggup bermain cepat, bermain menekan, hal ini yang akan saya jaga untuk partai final nanti,” ujar Widhoro.

Widhoro juga mengaku sudah mengenal karakter permainan Bali yang akan dihadapi pada final nanti. Ditambah dirinya juga sudah menyaksikan bagaimana Bali mengalahkan NTB pada laga semifinal, kemarin.

“Saya sudah terpikirkan bagaimana cara melawan Bali untuk final nanti. Bali cukup bagus, saya harap pemain lebih termotivasi lagi untuk menatap laga final nanti,” kata Widhoro.

Dalam laga semifinal, kemarin, juga tampak hadir pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri dan Direktur Teknik PSSI Danurwindo. Indra menilai ajang GSI ini sangat penting bagi pemain-pemain remaja di seluruh Indonesia yang ingin unjuk kebolehan dalam bermain sepak bola.

“GSI tahun kedua ini saya lihat lebih baik dari tahun lalu ya. Saya pikir kerja sama antara Kemendikbud RI, KONI, dan PSSI ini kalau rutin dilakukan pasti banyak telenta muda di pelosok Indonesia yang mungkin tak terlihat akan terlihat di sini,” ujar Indra.


Baca Juga :
- Warteg pun Jadi Basecamp Akademi Persib Cimahi di Liga TopSkor Transtama U-15
- Timnas Indonesia U-23 Bawa Psikolog ke Filipina

Indra juga mengungkapkan ajang ini juga menjadi motivasi kepada pemain remaja yang mempunyai cita-cita besar ingin membela timnas Indonesia. “Tetapi memang untuk mencapai timnas tidak akan gampang. Banyak tahapan yang harus mereka lalui. Jadi saya harap mereka jangan cepat puas untuk terus mengejar dan menggapai cita-citanya,” ujar Indra.

Musim lalu Jawa Timur keluar sebagai juara usai mengalahkan Banten pada pertandingan final.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA