#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Duet Todibo-Lenglet Adalah Pertaruhan Barca
19 October 2019 15:42 WIB
EIBAR – Sambil menunggu kapan laga El Clasico ditentukan, Ernesto Valverde sedikit dipusingkan komposisi lini belakangnya saat melawat ke SD Eibar, Sabtu (19/10). Absennya Gerard Pique (akumulasi kartu) memaksa sang pelatih FC Barcelona itu bertaruh kepada Jean-Clair Todibo dan Clement Lenglet di jantung pertahanan. Itu karena Samuel Umtiti masih diragukan meski sudah pulih dari cedera kakinya.

Ini akan jadi perjudian Valverde karena duet ini belum pernah digunakan sebelumnya. Todibo sendiri sangat jarang dimainkan sang pelatih setelah diboyong dari FC Toulouse musim dingin lalu. Dia hanya dimainkan dua kali di LaLiga musim lalu. Pertama melawan SD Huesca, ketika diturunkan bersama Jeison Murillo dan Umtiti dalam skema tiga bek tengah. Kemudian berpasangan dengan Umtiti dalam formasi empat bek di Vigo (Celta Vigo).

Musim ini, Todibo juga baru dua kali dimainkan, dan belum pernah berduet dengan dengan Lenglet di laga resmi. Mereka sebenarnya sempat dipasangkan di pramusim ketika kalah 1-2 dari Chelsea FC dan pada Trofeo Joan Gamper melawan Arsenal FC. Jika ditotal, partner ini mengakumulasikan 92 menit main, dengan masing-masing dimainkan selama 46 menit.


Baca Juga :
- Reputasi Tim Juara Piala Dunia Ini Dipertaruhkan
- Rencana Barca: Tiga Out, Nol Rekrutan

Setelah tampil hanya empat menit melawan Getafe CF (jornada 7), Todibo akhirnya merasakan jadi starter untuk kali pertama musim ini. Dia berpasangan dengan Pique saat saat Los Azulgranas, julukan Barcelona, membantai Sevilla FC (4-0) di Ramon Sanchez-Pizjuan di pekan delapan. Namun, dia tidak bisa tampil penuh lantaran mengalami kram dan digantikan Ronald Araujo, yang justru mendapat kartu merah di laga itu.

Kini, bek 19 tahun itu akan kembali diuji kemampuannya di Stadion Ipurua, bersama pasangan barunya, Lenglet. Eibar dikenal sebagai salah satu tim yang sulit dikalahkan di kandang dan kerap merumitkan lawannya. Musim ini, Sevilla sudah menjadi korbannya saat didepak dengan skor 3-2.

Valverde pun mengakui kekuatan lawannya nanti. Apalagi rapor tandang Barca musim ini pun kurang mendukung. Mereka baru mengakhiri tujuh laga tandang terakhir tak pernah menang di semua ajang di jornada ketujuh.

“Strategi yang mereka (Eibar) miliki jelas. Terutama ketika menekan, mereka sangat intens dan melakukannya sangat baik. Mereka merumitkan semua tim. Mereka bermain dengan risiko, tetapi mereka bisa mengontrolnya. Kami harus hati-hati jika tak ingin terjegal,” ujar Valverde, Jumat (18/10).

 Untungnya, Valverde tidak memiliki masalah di sayap pertahanan. Jordi Alba sudah mendapatkan izin dari tim medis, meski sang pelatih tidak akan mengambil risiko memainkannya sebagai starter. Kemungkinan Sergi Roberto dan Nelson Semedo menjadi opsi lain yang bisa diturunkan.

Kabar baiknya, lini depan bisa kembali mengandalkan duet mautnya, Lionel Messi dan Luis Suarez. Nama pertama baru pecah telur dengan mencetak perdananya musim ini, sementara tandemnya terus memperlihatkan ketajaman dengan selalu mencetak gol dalam tiga laga terakhir yang dimainkan.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 

 

 


Baca Juga :
- Barca Belum Ideal, Valverde Masih Bongkar Pasang Starting 11
- Empat Bek Barca Bakal Absen Usai Jeda Internasional

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA