#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Dortmund Jalankan Misi Sieg-Befehl von Favre
19 October 2019 13:10 WIB
DORTMUND - Borussia Dortmund akan menjalani pertandingan krusial melawan Borussia Moenchengladbach di Signal Iduna Park, Sabtu (19/10). Die Borussen tidak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir di Bundesliga. Mereka hanya bermain imbang 2-2 dalam ketiga laga itu. Yang lebih menyesakkan, hasil-hasil itu diraih skuat Lucien Favre tersebut setelah sempat unggul lebih dulu.

Karena itulah pada duel malam nanti tidak ada target bagi Favre selain merebut poin penuh. Keinginan pelatih asal Swiss itu untuk mengalahkan Gladbach diterjemahkan harian Bild sebagai Sieg-Befehl von Favre atau Perintah untuk Menang dari Favre.

“Gladbach tim berbahaya yang memainkan sepak bola atraktif. Mereka sangat kuat saat melakukan tekanan dan punya banyak penyerang agresif,” kata Favre. “Tapi, kami jelas ingin menang Sabtu ini karena kami hanya bermain imbang dalam tiga laga terakhir. Kami ingin terus bersaing di pacuan gelar.”


Baca Juga :
- Kapten Frankfurt Terancam Sanksi Berat
- Penyerang Muenchen Ini Harus Selalu Dimainkan

Favre pantas opimistis karena Die Borussen bukan saja memiliki materi skuat yang lebih baik, tapi juga memiliki rekor yang sangat meyakinkan saat melawan Die Fohlen. Dortmund memenangi keempat duel terakhir lawan Gladbach dengan membukukan 25 gol dan kebobolan hanya hanya enam gol. Ini tren kemenangan terpanjang Die Borussen lawan klub-klub Bundesliga.

Mereka juga memenangi 12 dari 13 pertandingan terakhir lawan Die Fohlen di Signal Iduna Park. Merujuk pada catatan tersebut, ini momen terbaik bagi Dortmund untuk mengakhiri paceklik kemenangan di Bundesliga.

Tapi, ada satu sejumlah masalah yang bisa menghambat upaya Dortmund kembali ke jalur kemenangan. Salah satunya adalah absennya striker Paco Alcacer yang belum pulih dari cedera Achilles. Ini kerugian besar bagi Die Borussen karena striker Spanyol merupakan penyumbang gol terbanyak dengan lima gol.

Bersama Marco Reus dan Jadon Sancho, Alcacer membentuk salah satu trio penyerang yang paling menakutkan di Bundesliga. Ketiganya menyumbangkan total 12 dari 19 gol Dortmund musim ini. Kontribusi mereka hanya kalah dari triopenyerang FC Bayern Muenchen (Robert Lewandowski, Philippe Coutinho, dan Ivan Perisic) dengan 15 gol.

Meskipun begitu, Gladbach bukan tanpa modal saat datang ke Signal Iduna Park. Torehan mereka belakangan ini sangat kontras dengan Dortmund. Gladbach mampu memenangi keempat laga terakhir di Bundesliga dengan mencetak 11 gol dan hanya kebobolan dua.

Hasil ini mengangkat Die Fohlen ke puncak klasemen dengan 16 poin dari tujuh laga. Inilah kali pertama Die Fohlen ada di posisi bergengsi ini sejak Agustus 2011 atau pekan ketiga musim 2011/12.

Gladbach juga tengah merangkai rekor impresif di kandang lawan dengan selalu memenangi ketiga laga tandang awal. Kini, Die Fohlen akan coba mengukir rekor baru dengan memenangi keempat laga tandang pertama di Bundesliga.

Seperti Dortmund, Gladbach juga memiliki trio penyerang haus gol dalam diri Marcus Thuram, Alassane Plea, dan Breel Embolo. Mereka berperan dalam terciptanya 10 dari 15 gol Die Fohlen. Kontribusi ini jadi lebih istimewa karena dua dari mereka (Thuram dan Embolo) baru bergabung musim ini.


Baca Juga :
- Klub Bundesliga Ini Masih Sulit Dilengserkan
- Flick Lewati Ujian Awal di Muenchen dengan Fantastis

Gladbach juga punya Patrick Herrmann, winger yang telah memperkuat klub itu selama lebih dari sembilan tahun. Pemain 28 tahun ini telah menyumbangkan dua gol dan satu assist. Herrmann adalah satu dari segelintir pemain dalam skuat Die Fohlen saat ini yang pernah ditangani Favre saat pelatih itu masih berkiprah di Borussia Park.

“Bukan hanya Favre. Saya sangat antusias untuk bertemu kembali dengan kenalan lama, baik sang pelatih maupun para pemain seperti Marco Reus, Thorgan Hazard, dan Mahmoud Dahoud. Tapi, saat pertandingan berlangsung, kami hanya akan fokus pada urusan ‘bisnis’,” ucap Herrmann.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA