#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Determinasi Jadi Kunci Chelsea Raih Lima Kemenangan Beruntun
21 October 2019 13:58 WIB
LONDON – Determinasi menjadi kunci yang membuat Chelsea FC meraih kemenangan beruntun dalam lima laga terakhir di semua kompetisi. Pasukan Frank Lampard dipaksa kerja keras saat menjamu Newcastle United FC yang tampil defensif di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (19/10) lalu. Namun usaha mereka tidak sia-sia. Marcos Alonso mampu memecah kebuntuan saat laga tersisa 17 menit.

“Pada babak kedua, Anda bisa lihat spirit dan energi yang diperlihatkan tim. Semuanya lebih baik dibandingkan sepanjang 45 menit pertama,” ujar Lampard. “Laga ini sangat sulit, karena tim lawan bermain solid dan sangat disiplin. Kredit untuk para pemain karena mereka tidak menyerah mencari cara untuk menembusnya.”

Ya, gol Alonso memastikan Chelsea menang 1-0 pada pekan kesembilan Liga Primer 2019/20 itu. Hasil ini mengukuti rentetan catatan positif pada empat laga terdahulu. Sebelumnya, The Blues juga berhasil mengalahkan Southampton FC (4-1) di Liga Primer, Lille OSC (2-1) di ajang Liga Champions, Brighton & Hove Albion FC (2-0) juga di liga domestik, dan Grimsby Town FC (7-1) di Piala Liga (Carabao Cup).


Baca Juga :
- Legenda Arsenal Ini Tegaskan Pemecatan Emery Bukan Solusi Tepat
- Winger Muda Man. United Ini Menantang Para Bek Liga Primer

Tambahan tiga poin pun membawa tim asuhan Lampard itu naik ke peringkat empat klasemen sementara. Peluang untuk bertahan di posisi tersebut sangat besar. Pasalnya, sekarang Chelsea hanya berjarak dua poin dari runner-up Manchester City FC yang telah mengemas 19 poin. Kendati mampu melewati adangan The Magpies, julukan Newcastle, performa Callum Hudson-Odoi tidak mengalir seperti biasanya.

Ini pun disadari Lampard. Pelatih 41 tahun itu menegaskan timnya perlu lebih baik saat melawat ke kandang rumah AFC Ajax dalam laga ketiga fase grup Liga Champions, Rabu (23/10). “Selama babak pertama (lawan Newcastle), kami bermain lambat dan hati-hati. Ini membuat kami kesulitan meski mampu mendominasi. Pada laga berikutnya, kami harus lebih agresif dan efektif,” ujarnya.

Tetap saja, Lampard patut bersyukur memiliki sosok seperti Alonso dalam skuatnya. Seperti diketahui, bek kiri asal Spanyol tersebut bukan pilihan utama musim ini. Sang pelatih lebih suka menurunkan Emerson Palmieri di posisi itu. Namun cedera hamstring yang dialami Emerson membuat Lampard tidak punya opsi selain menurunkan Alonso. Dan, kepercayaan tersebut mampu dibayarnya.

Sebelum gol penentu melawan Newcastle, pemain 28 tahun itu juga telah menyumbang dua assist dalam empat penampilannya sebagai starter di Liga Primer musim ini. Masing-masing dibuat saat mengalahkan Southampton dan Wolverhampton Wanderers FC (5-2). Torehan Alonso ke gawang The Magpies pun kembali mengingatkan publik Stamford Bridge soal produktivitasnya untuk Chelsea.

Itu merupakan gol ke-16 sang pemain di Liga Primer untuk The Blues dalam 101 laga sejak 2016/17. Jumlah itu terbilang fantastis mengingat Alonso merupakan seorang bek. Terhitung dalam periode yang sama, catatannya hanya kalah dari dua penyerang senior Chelsea, Pedro Rodriguez serta Willian. Namun bagi Alonso, tak ada yang lebih penting dibandingkan membantu timnya terus meraih hasil maksimal.

“Ini kemenangan yang sangat penting, khususnya setelah jeda internasional. Kami perlu dan harus terus menjaga fokus serta bekerja keras meningkatkan performa karena perjuangan musim ini masih sangat penjang,” kata Alonso.  

Bukan hanya Alonso yang tampil brilian melawan Newcastle. Hudson-Odoi pun kembali memperlihatkan performa apik. Penyerang 18 tahun tersebut merupakan penyedia assist untuk gol sang rekan. Ini berarti, ia selalu mampu membuat assist dalam empat laga terakhir Chelsea. Tentu saja jumlah itu diyakini akan terus bertambah mengingat masih banyak laga yang akan dilakoni The Blues musim ini.***    

CHELSEA        1-0      NEWCASTLE

Wasit: Andre Marriner
Stadion: Stamford Bridge
Penonton: 40.513

Gol: 1-0 (Marcos Alonso, 73)

CHELSEA (4-3-3)

Pelatih: Frank Lampard

1 Arrizabalaga

28 Azpilicueta
15 Zouma
29 Tomori
3 Alonso

8 Barkley/17 Kovacic (43)
5 Jorginho
19 Mount/22 Pulisic (64)

10 Willian
9 Abraham
20 Hudson-Odoi/24 James (90+2)

NEWCASTLE (5-4-1)

Pelatih: Steve Bruce

1 Dubravka

22 Yedlin
5 Schar
6 Lascelles
2 Clark
15 Willems

24 Almiron/7 Carroll (70)
43 M. Longstaff
36 S. Longstaff
10 Saint-Maximin/12 Gayle (85)

9 Joelinton/30 Atsu (83)

Kartu kuning: Alonso, Clark, Tomori
Kartu merah: -
Tendangan ke gawang: 7-0
Tendangan melebar: 5-4
Tendangan pojok: 11-0
Offside: 1-1
Pelanggaran: 9-12
Penguasaan bola: 63-37
 

 

     

 


Baca Juga :
- Wolves Melompat Empat Tingkat di Klasemen Liga Primer
- Posisi Pelatih Kawakan Ini di Ujung Tanduk

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA