#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Tiga Kriteria Pemain Senior yang Dibutuhkan Timnas SEA Games
22 October 2019 13:48 WIB
Jakarta - Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 kembali menggelar pemusatan latihan (TC) di lapangan G Senayan, Senin (21/10). Ini sebagai persiapan lanjutan menuju SEA Games 2019 Manila, akhir November mendatang.

Seperti diketahui, Indonesia tergabung di grup yang cukup berat bersama juara bertahan Thailand, Vietnam, Singapura, Laos, dan Brunei Darussalam. Sebab itu, persiapan maksimal terus dikebut pelatih asal Sumatera Barat tersebut demi merebut emas SEA Games.

TC yang berlangsung untuk kedua kalinya di Jakarta ini juga menjadi persiapan akhir sebelum kembali menjalani uji coba melawan tim kuat Iran U-23 pada 13 dan 16 November mendatang.


Baca Juga :
- Skuat Timnas SEA Games Teriring Doa Ibu dan Ibul
- Menunggu Luis Milla, Hasil Presentasi Shin Taeyong Akan Diteruskan ke Departemen Teknik PSSI

Dalam uji coba tersebut rencananya Indra akan melibatkan dua pemain senior yang masuk ke dalam skuat SEA Games mendatang. Usai uji coba melawan Iran, Indra baru akan memutuskan 20 pemain yang dibawa termasuk dua pemain senior.

Dari kelima pemain senior yang didaftarkan kepada panitia SEA Games: Evan Dimas, Zulfiandi, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, dan Alberto Goncalves, Indra belum mau banyak berkomentar terkait siapa yang lebih dibutuhkan.

“Bertahap nanti tanggal 23 (Oktober) Evan dan Hansamu akan masuk. Kemudian menyusul tanggal 24 (Oktober) akan masuk Beto, Zulfiandi, dan Manahati. Lalu 1 November akan kami putuskan siapa dua pemain senior yang akan kami bawa,” kata Indra.

Pemanggilan pemain senior memang menjadi kendala tersendiri pasalnya pada periode November sejumlah pemain senior tersebut pastinya juga sangat dibutuhkan tenaganya oleh klub masing-masing. Terlebih kelima pemain itu juga merupakan langganan timnas Indonesia.

“Kami lihat nanti perkembangannya. Yang pasti pemain itu menentukan kualitas dan kebutuhan tim. Dan satu lagi yang paling penting, karakter mereka bisa sejalan dengan filosofi dan game plan sepak bola yang saya inginkan atau tidak,” kata Indra kepada TopSkor.

Soal TC jangka panjang, Indra mengatakan sudah ada kesepakatan dengan klub, terutama terkait pemanggilan pemain senior. “Kami sudah sepakat dengan klub, kemarin ada klub emergency meeting di Bali, tim ini akan disuport oleh klub. Apalagi akan ada dua uji coba internasional melawan Iran U-23,” Indra melanjutkan.


Baca Juga :
- Demi Evan dan Zulfiandi, Tiga Gelandang Timnas U-23 Ini Rela Dikorbankan
- Timnas Indonesia U-23 Bawa Psikolog ke Filipina

Pelatih asal Sumatera Barat tersebut mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi fokus pembenahannya usai tampil di turnamen segiempat di Cina beberapa waktu lalu. Indra mengaku beruntung timnya memiliki kesempatan menghadapi lawan yang tampil pada Piala Asia U-23, Januari mendatang.

“Dari turnamen itu kelihatan apa-apa yang harus diperbaiki. Defense sudah oke tapi bagaimana kami transisi dari bertahan ke menyerang masih agak lambat,” kata Indra. “Selain itu kalau kehilangan bola juga bagaimana kami harus defense, apa harus di atas, di tengah, atau di belakang harus dimatangkan lagi. Melawan Cina kami dipaksa deep defending dan bermasalah di serangan balik.”FURQON AL FAUZI

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA