#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Debutan Timnas Futsal Indonesia yang Lebih Pede Kalau Jersinya Dimasukkan
22 October 2019 13:35 WIB
MUHAMMAD Rizki Xavier dan Firman Ardiansyah merupakan dua pemain paling muda dalam skuat timnas futsal Indonesia. Saat ini mereka tengah berjuang dalam Piala AFF Futsal 2019 yang berlangsung di Vietnam. Keduanya adalah jebolan timnas U-20 yang sukses membawa tim Garuda finis di posisi empat besar Piala Asia Futsal U-20 2019.

Ternyata Ais, sapaan Rizki, sempat canggung dan minder ketika harus berbaur dengan pemain yang lebih senior dalam skuat timnas, seperti Randy Satria, Bambang Bayu Saptaji, dan Syahidansyah Lubis. Namun situasi sulit itu sudah ia lewati.

Menurutnya seluruh pemain senior dalam tim justru membantunya untuk membangun kepercayaan diri. Kini, eks kapten timnas futsal U-20 itu pun selalu tampil percaya diri dan enjoy di lapangan. Bagaimana sosok Ais sebenarnya? Berikut wawancara eksklusifnya bersama TopSkor:


Baca Juga :
- TC Timnas Futsal Indonesia Dipisah
- Timnas Futsal Indonesia Akan Gelar Seleksi Lagi

 

Anda dan Firman pemain paling muda di tim ini?

Saya bersyukur sekali dan alhamdulillah ya masih dikasih kepercayaan sama coach Kensuke Takahashi masuk dalam timnas futsal Indonesia untuk Piala AFF. Saya sendiri tidak apa-apa ya, karena dari strategi juga sudah paham karena sudah dilatih oleh coach Kensuke waktu di timnas futsal U-20 lalu. Jadi dengan pemain-pemain senior yang lain sedikit paham.

Bagaimana cara beradaptasi dengan senior?

Ya pertamanya sih kami seperti minder begitu, kayak enggak menyangka saja bisa satu tim sama mereka. Tapi lama-lama ya alhamdulillah bisa adaptasi cepat. Karena pemain seniornya juga baik ke kami.

Kenapa minder?

Ya karena saya dan Firman kan pemain yang paling muda, jadi ya masih malu lah. Saya juga merasa canggung juga, tapi untungnya setiap aktivitas kami selalu disatukan dengan pemain-pemain senior, jadi kami tahu karakter mereka masing-masing.

Ada pemain Idola Anda di tim ini?

Ada, seperti Marvin Alexa dan Randy Satria.

Ini debut Anda bersama timnas futsal. Apa target Anda?

Ya saya ingin bawa timnas futsal Indonesia juara. Karena pelatih sendiri, coach Kensuke ingin kami bisa jadi yang terbaik di Piala AFF ini. Apalagi saat ini Ais baru naik, jadi ingin memberikan hal yang positif buat tim ini.

Selain futsal, Apa hobi Anda?

Paling utama sih futsal, kalau yang lain enggak ada. Paling kalau ada waktu kosong ya saya nge-game saja (tertawa). Dulu hobinya main sepak bola, tapi sekarang bisa jadi pemain timnas futsal. Jadi terbalik gitu.

Jika jadi starter lawan Malaysia, bagaimana perasaan Anda?

Ya saya senang pastinya. Yang pertama kami ingin belajar dari pertandingan melawan Malaysia waktu di timnas futsal U-20. Jadi mental sih yang berbicara di pertandingan ini, apalagi Indonesia-Malaysia punya rivalitas, jadi harus jaga emosi, karena kalau emosi bisa menghancurkan permainan.

Hal yang paling berkesan selama Anda berkarier di dunia futsal?

Empat besar Asia (Piala Asia Futsal U-20 2019) karena timnas futsal Indonesia belum pernah katanya sampai empat besar, sedangkan kami timnas U-20 bisa finis empat besar Asia. Intinya saya bangga banget bisa bawa Indonesia ke empat besar Asia. Itu yang paling enggak bisa dilupakan dan paling diingat terus.

Anda selalu rapi dan jersi selalu dimasukkan. Kenapa?

Ada idola saya pemain futsal asal Spanyol, dia main jersinya selalu dimasukkan. Terus saya coba, benar jadi kayak lebih percaya diri saja pas di lapangan. Saya ikutin idola saya itu, jadi lebih enjoy saja gitu, walaupun kelihatan beda dengan pemain yang lain.*SUMARGO PANGESTU

 

BIODATA

Nama : Muhammad Rizki Xavier

Lahir: Jakarta, 15 Januari 1999

Usia: 20 tahun

Posisi: Anchor

 

Karier Klub

2018   Bara Kaltim

2019   Cosmo FC  

 

Karier Timnas


Baca Juga :
- Tugas Berat Menanti Timnas Futsal Indonesia
- Timnas Futsal Indonesia Sudah Tahu Gaya Permainan Myanmar

2018 Timnas U-20    

2019 Timnas Indonesia             

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA