#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Persaingan Lini Tengah Timnas U-23 Ketat
23 October 2019 15:27 WIB
JAKARTA - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-23 Indra Sjafri, tak ingin gegabah dalam merancang kerangka tim yang dipersiapkan untuk SEA Games 2019 Manila, November mendatang. Ia juga tak ingin terburu-buru dalam memilih siapa saja 20 pemain yang akan menjadi prajuritnya demi membawa pulang medali emas.

Indra mengatakan, dari 40 pemain yang didaftarkan, semuanya masih memiliki kesempatan yang sama. Langkah terdekat yang akan ia lakukan adalah menentukan dua pemain senior pada awal November mendatang. Kedua pemain tersebut diharapkan sudah menyatu dengan tim saat beruji coba melawan timnas Iran U-23, 13 dan 16 November mendatang.

“Kalau finalisasi skuat bisa sampai Match Coordination Meeting (MCM) dilakukan. Bahkan dua jam sebelum pertandingan,” kata Indra saat ditemui usai memimpin latihan di kompleks pelatihan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin. Artinya, Indra memang ingin betul-betul melihat kesiapan dari para pemainnya hingga menit akhir.


Baca Juga :
- Prediksi Tira Persikabo vs PSIS, RD Sudah Pelajari Permainan Lawan
- Lawan Persipura, Persebaya Kekurangan Pemain dan Ofan pun Dipaksa Main

Sektor tengah akan menjadi pusat perhatian pelatih asal Sumatera Barat tersebut. Bagaimana tidak, lini tengah saat ini cukup disesaki pemain-pemain dengan kualitas yang hampir merata. Terlebih setelah gabungnya Gian Zola Nasrulloh, persaingan di sektor ini dipastikan bakal semakin ketat.

Witan Sulaiman yang kerap menjadi andalan sejak era timnas U-19 mulai menurun performanya belakangan ini. Pun dengan Muhammad Luthfi Kamal yang harus berjuang lebih keras mendapat tempat. Sani Rizki Fauzi, Syahrian Abimanyu, Hambali Tholib, dan Rachmat Irianto, punya peluang besar dipertahankan.

Namun jika akhirnya, Indra memilih salah satu pemain senior untuk posisi tengah, bukan tidak mungkin salah satu dari mereka bakal tersisih. Dengan akan diisi oleh dua pemain senior di dalam tim, otomatis hanya tersisa 18 slot, itu pun belum dikurangi oleh dua penjaga gawang.

Dengan kata lain, hanya ada 16 tempat yang akan dibagi ke dalam tiga posisi yakni, belakang, tengah, dan depan. Artinya hanya ada sekitar lima pemain untuk setiap posisi. Makin banyak pilihan makin bagus katanya.

“Sebab itu kami lakukan TC panjang, uji coba, dan tes lainnya untuk mencari yang paling terbaik dari yang terbaik ada saat ini,” kata Indra kepada TopSkor. “Saya hanya akan memilih pemain yang benar-benar dalam kondisi siap dalam banyak hal untuk berjuang,” ia menambahkan.


Baca Juga :
- Buat Barito, Kuncinya di Persib
- Hati-hati 10 Pemain Persib Terancam Akumulasi Kartu

Indra juga memastikan tak akan melihat nama besar pemain dalam menentukan skuat. Ia berkaca pada performa saat tampil di turnamen segiempat di Cina beberapa waktu lalu.

“Saya bersyukur setiap bangun tim selalu ada pemain baru yang muncul. Saya berprinsip untuk memberikan kesempatan semua pemain yang ada dan selalu katakan ke pemain, saya bukan memilih berdasar nama, tapi kualitas di lapangan,” kata Indra. “Kalian melihat Irkham Milla bikin gol di Cina terus Dodi Alex itu siapa kan, sebelumnya tidak ada yang tahu.”*FURQON AL FAUZI

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA