#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Messi Mengejar Centenario era Valverde
29 October 2019 10:50 WIB
BARCELONA – Usai libur berlaga di jornada 10 (El Clasico ditunda), FC Barcelona akan kembali beraksi, Selasa (20/10) atau Rabu dini hari WIB. Di pekan 11 tersebut, mereka bakal menjamu Real Valladolid. Di Stadion Camp Nou, selain misi mengkudeta Granada FC dari puncak klasemen LaLiga, juga ada torehan spesial yang bisa dicatat Lionel Messi.

Jika pemain berjulukan La Pulga (si Kutu) itu mampu merobek gawang tamunya nanti, itu akan jadi gol ke-100 (centenario) miliknya selama diasuh pelatih Ernesto Valverde. Gol pertama Messi di era Valverde sendiri tercipta pada leg pertama Piala Super Spanyol 2017. Ia mencetak gol penyama saat takluk 1-3 menjamu Real Madrid, 13 Agustus 2017.

Sejak laga itu, penyerang tim nasional Argentina ini telah punya 99 gol, yang teranyar dicetak di duel terkini, tengah pekan lalu (2-1 atas Slavia Praha). La Pulga mencetaksemua gol itu  dari 111 pertandingan, atau memiliki rata-rata 0,89 gol per pertandingan.


Baca Juga :
- Ibunda Messi Tak Berharap Ballon d'Or Keenam, Celia Cuccittini: Ini Kejutan Indah!
- Ter Stegen “Laba-laba Hitam” Barca

Centenario gol pun sejatinya telah dua kali dicapai Messi yakni era Josep “Pep” Guardiola dan Enrique. Namun soal era tersuburnya terjadi pada kepelatihan Tito Villanova dengan 1,2 gol per laga. Untuk distribusi golnya berasama eks pelatih Athletic Bilbao, terbagi ke setiap kompetisi yang dijalani. La Liga tentu jadi yang paling dominan dengan 72 gol, sedang 19 di Liga Champions, Piala Raja menghasilkan tujuh, dan satu sisanya di Piala Super Spanyol.

Kesempatan untuk berhasil mengejar centenario gol pun terbuka lebar malam nanti. Tempat duel menjamu Valladolid adalah arena favorit Messi. Di rumah sendiri sudah ada 351 gol yang diciptakan penyerang 32 tahun ini dari 339 pertandingan. Selain itu 15 gol juga mampu diciptakannya pada 20 laga terakhir yang dimainkan di Camp Nou.

Sementara soal hari pertandingan yang tidak biasa ini, nyatanya penyerang berkaki utama kidal itu tak memiliki masalah. Ia telah memainkan 89 laga pada Selasa dn telah mencetak 72 gol. Tim yang dibelanya pun meraih 49 kemenangan, 26 seri, dan 14 kekalahan. Sedang khusus di La Liga ada 16 duel dan mencetak 17 gol; 14 menang dan dua seri.

Kendati begitu Los Azulgrana tak boleh meremehkan tamunya. Sebab Valladolid datang dengan kepercayaan diri tinggi sebab berbekal kondisi bagus. Mereka terus bisa melesat di klasemen setelah meraup sembilan poin dari lima jornada terakhirnya. Tiga kemenangan dan satu imbang dicapai atau ada satu menang dan sekali seri ketika main tandang.

Raihannya itu adalah yang terbaik ketiga sejak klub ada di kasta tertinggi. Laju terbagusnya terjadi di antara pekan enam dan 10 musim lalu yakni meraih 13 poin. Dan yang kedua adalah 10 poin di lima jornada akhir musim lalu, sehingga klub memastikan diri bertahan di La Liga. Untuk pencapaian kini, itu tak lepas karena ada peningkatan pertahanan.


Baca Juga :
- Gol d’Or Messi!
- Striker Muenchen Ini Bisa Libas Messi

Ya, Valladolid juga datang dengan membawa kesolidan barisan bertahan. Di momen baiknya ini, tiga duel di antaranya berakhir clean sheet (tak kemasukan); tandang lawan RCD Espanyol (2-0) dan menjamu Atletico Madrid (0-0) serta SD Eibar (2-0). Total mereka pun baru kebobolan sembilan, lebih baik dari Barca (10) yang berlaga lebih sedikit.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA