#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Bos F1 Merilis Peraturan Baru dan Desain Mobil Musim 2021
01 November 2019 10:32 WIB
TEXAS - Presiden FIA Jean Todt dan CEO F1 Chase Carey mempresentasikan peraturan baru untuk musim 2021. Di antaranya  mencakup biaya kontroversial 135 juta poundsterling.

Aturan ini akan menyederhanakan desain mobil. Dengan sayap depan yang memiliki sirip hiu dan sayap belakang yang revolusioner, mobil 2021 diharapkan kehilangan hanya 15 persen dari potensi downforce saat berjarak hanya satu mobol dari lawan.

Kendaraan akan menjadi heavier dan slower, tetapi F1 percaya bahwa perubahan akan berarti balapan yang lebih kompetitif.


Baca Juga :
- 5 Momen Tak Terlupakan dari Grand Prix Singapura
- Verstappen Tertarik Bergabung dengan Leclerc di Ferrari

"Dari tahun 2021 dan seterusnya Formula One akan memiliki mobil yang lebih mampu bertarung di lintasan. Persaingan yang lebih seimbang di lintasan,"  kata Carey dilansir the Sun. 

Peraturan baru juga mengklaim setiap tim tak boleh melebihi budget 175 juta dolar AS per tahun dalam menggunakan 21 seri balapan musim 2021. Hal itu dinilai mampu mengurangi kesenjangan antara tim-tim besar dan rivalnya yang lebih kecil.

"Sebuah olahraga di mana kesuksesan lebih ditentukan oleh seberapa baik suatu tim membelanjakan uangnya bukan berapa banyak yang dihabiskannya - termasuk, untuk pertama kalinya, batasan biaya yang sepenuhnya dapat diberlakukan mulai dari 175 juta dolar AS, dengan rencana untuk mengurangi jumlah ini di masa mendatang," ungkapnya.

Formula One adalah olahraga luar biasa dengan sejarah, pahlawan, dan penggemar yang hebat di seluruh dunia," ujar Carey.

"Tujuannya selalu untuk meningkatkan kompetisi dan aksi di trek dan pada saat yang sama menjadikan olahraga bisnis yang lebih sehat dan menarik bagi semua."

"Persetujuan aturan oleh World Motorsport Council adalah momen penting dan akan membantu memberikan balap roda ke roda yang lebih menarik bagi semua penggemar kami."

Dan Managing Director F1, Ross Brawn, memiliki peringatan untuk tim-tim yang melanggar aturan. "Jika Anda secara curang melanggar reg keuangan, Anda akan kehilangan kejuaraan Anda," tegas Brawn.


Baca Juga :
- Lewis Hamilton Terlempar ke Urutan 6, Vettel Ogah Jemawa
- Charles Leclerc Tercepat Sesi Latihan Ketiga di Sirkuit Hockenheimring

"Sangat penting bagi kebaikan F1 untuk memiliki kendali atas keuangan."

Perubahan lain termasuk ketentuan untuk meningkatkan kalender hingga maksimum 25 balapan per musim - saat ini ada 21 balapan. Namun, akhir pekan balapan akan diringkas dari format empat hari saat ini menjadi hanya tiga hari.*

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA