#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Pulang dari Thailand, Liza Armanita Madjar Siap Mengentak PON Papua
05 November 2019 22:34 WIB
PHUKET - Talenta muda berbakat asal Papua, Liza Armanita Madjar terus mengasah kemampuan demi merealisasikan mimpinya untuk menjadi pemain timnas putri Indonesia atau bermain di klub Eropa.

Wanita yang masih berusia 13 tahun itu ingin mengikuti jejak sang paman, Erol Iba, yang dikenal sebagai salah satu pilar terbaik yang pernah dimiliki timnas. 

Kepiawaian Liza mengolah si kulit bundar luar biasa untuk wanita seumurnya. Tak heran bila kelahiran 10 April 2006 itu masuk daftar pemain yang diberangkatkan ke Thailand dalam program AIA 100 Talents Go To Phuket 2019 beberapa waktu lalu. 

Liza tentu saja tak menyia-nyiakan momen berharga itu. Terlebih dirinya mewakili Papua, tanah kelahiran. Yang tak kalah membanggakan lagi, Liza merupakan pemain termuda dari perwakilan sejumlah daerah Indonesia.

"Selama di Thailand, Liza belajar langsung dari pelatih Tottenham Hotspur. Selain itu, Liza juga setim dengan pemain senior yang sebagian besar bermain di level timnas dari sejumlah klub Liga 1 Putri," kata Touskha Iba, yang tak lain ibu dari Liza. 

Bukan cuma ilmu sepak bola, Liza dan kawan-kawan, juga melahap program kebugaran. "Menjaga kebugaran lewat gym dan harus dilakukan dengan baik dan benar," kata Touskha yang juga pelatih di Sekolah Sepak Bola Bhinneka Tunggal Ika (Batik) Papua.

Apa yang diperoleh selama di Thailand, diharapkan kian mematangkan kemampuan Liza sebagai atlet sepak putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Tak heran sebenarnya, kenapa Liza begitu menyukai sepak bola. Selain kedua orang tua dan pamannya, Erol Iba, Liza juga merupakan cucu seorang penggiat sepak bola kenamaan Papua, Herlina Rosa Papare.

Saking sukanya sepak bola, Herlina, 64 tahun, sampai-sampai dijuluki nenek "gila" bola.

"Erol Iba juga selalu memberikan semangat serta menanyakan perkembangan Liza," kata Touskha.

Prestasi Liza di level junior kayak diacungi jempol. Itu karena dia pernah tercatat sebagai pemain terbaik putri Turnamen VIM Cup U 12 tahun 2016 dan 2017. 

Pernah membawa klubnya menyabet peringkat dua Turnamen Timo Kapisa Cup di Jayapura 2012/2013 serta juara Indonesia Nations Cup (INC) Jakarta 2015.*

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA