#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Antara Ramsey atau Costa untuk Ronaldo
06 November 2019 14:50 WIB
MOSKOW – Federico Bernardesci selalu diturunkan dalam dua laga terakhir Seri A. Gelandang ini memang menjadi bagian penting dalam skema 4-3-1-2 yang diterapkan Maurizio Sarri di Juventus. Kemampuan Bernardesci mendapatkan tempat dalam permainan yang diusung mantan pelatih Napoli dan Chelsea tersebut.

  Meski demikian, bermain konstan untuk tiga laga beruntun tampaknya sangat berisiko untuk kondisi sang pemain. Karena itulah, kemungkinan besar, Sarri akan melakukan perubahan ketika tandang lawan Lokomotiv Moscow dalam lanjutan penyisihan grup Liga Champions, Rabu (6/11) atau Kamis dini hari WIB.


Baca Juga :
- Barcelona Siap Tukar Rakitic dengan Duo Pilar Juventus
- Ujian Baru Lu-La

Posisi ini sangat penting untuk menciptakan serangan yang maksimal dalam pertandingan nanti. Sarri membutuhkan pemain yang bisa mendukung pergerakan duet di lini depan timnya. Khususnya untuk Cristiano Ronaldo. Musim ini, gol CR7 di Liga Champions justru terkesan tersendat. Total, dalam tiga laga di ajang antarklub Eropa ini, bintang asal Portugal tersebut baru menorehkan satu gol setelah tampil dalam 270 menit.

Tentu saja, statistik tersebut bukan kemampuan sesungguhnya dari mantan pemain Real Madrid tersebut. Meski demikian, fakta bahwa Ronaldo mengalami kesulitan untuk mencetak gol. Apalagi, jika melihat statistik tembakannya yang ke arah gawang di ajang ini. Total, Ronaldo telah melepaskan 16 tembakan ke arah gawang, tapi hanya satu gol yang tercipta. Dengan demikian, persentase akurasinya hanya mencapai 6,25 persen.

Persentase tersebut praktis yang terendah, khususnya dibandingkan dengan deretan bintang top yang akan tampil dalam laga Rabu ini. Bahkan, CR7 jauh lebih rendah dibandingkan dengan bintang Paris Saint Germain contohnya, Mauro Icardi. Penyerang pinjaman dari FC Internazionale tersebut hanya melepaskan lima tembakan ke arah gawang dan mampu mengoleksi tiga gol. Persentase akurasinya mencapai 60 persen.

Karena itulah, Ronaldo membutuhkan dukungan dari rekan setimnya, khususnya gelandang kreatif di lini kedua. Lalu, siapa yang akan menempati peran Bernardeschi di laga ini? Ada dua pemain yang justru menjadi pengganti Bernardeschi dalam dua laga terakhir Seri A. Pekan lalu, ketika menghadapi Torino, Sarri menurunkan Aaron Ramsey sebagai pengganti Berna.

Rambo—julukan Ramsey—mendapatkan apresiasi atas penampilannya meski sebagai pengganti. Fan Juventus pun berharap, mantan pemain Arsenal ini dapat diturunkan saat menghadapi Lokomotiv. Seperti Rambo, Ramsey memiliki semangat sebagai petarung. Meski kariernya kerap dihantam cedera, namun dia tidak menyerah. Ramsey selalu mambu bangkit.

Pilihan lainnya adalah Douglas Costa. Penampilan Pemain asal Brasil ini menarik perhatian ketika diturunkan sebagai pengganti Berna ketika menghadapi Genoa. “Saya kagum dengan permainannya di posisi tersebut. Kalau saja dia bisa melakukan 2 atau 3 gerakan tertentu, dia akan lebih mengagumkan,” kata Sarri, terkait performa sang pemain.

Turbo—julukan Costa—selama ini memang lebih dikenal dengan kemampuannya dalam menyisir sisi kiri lapangan. Meski demikian, ketika ditempatkan di lini tengah, Costa justru memperlihatkan permainan yang memuaskan.  Dengan faktor inilah, ada kemungkinan Sarri memiliki dua pilihan yaitu tetap menggunakan pola 4-3-1-2 dengan Costa di belakang duet penyerang atau beralih ke pola 4-3-3 dengan Costa sebagai penyerang sayap.

Opsi lainnya adalah Rodrigo Bentancur atau bahkan Paulo Dybala bisa ditempatkan sebagai trequartista. Meski demikian, Sarri tampaknya akan mencoba menempatkan Costa di posisi di belakang penyerang. Yang diperlukan adalah memulai Costa bermain di posisi tersebut dalam laga ini. Situasi ini tidak terlepas dari Juan Cuadrado yang tidak dapat tampil dalam pertandingan ini.

“Costa adalah tipikal playmaker yang dinamis,” kata Sarri. Misinya tetaplah sama, selalu dekat dengan Ronaldo dan berada di antara Higuain atau Dybala. Tapi, tentu, karakteristik Costa sangat berbeda dengan Bernardeschi dan Ramsey. Costa bermain lebih langsung dengan pergerakan cepat dan menusuk pertahanan lawan.


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Liga Italia Serie A, Minggu Dini Hari WIB
- Allegri Tolak Melatih 3 Klub Ini, Dia Nikmati Cuti Sambil Belajar Bahasa Inggris

“Yang pasti, dalam pertandingan ini kami tentu akan menyerang. Tidak terlalu penting berbicara soal taktik yang akan digunakan di laga ini, karena pertandingan ini akan sangat sulit diprediksi,” kata Sarri, terkait duel lawan Lokomotiv ini.*

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA