#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Menanti Perubahan Muenchen
06 November 2019 13:10 WIB
MUENCHEN - Era baru FC Bayern Muenchen dimulai Rabu (6/11) malam. Publik akan melihat bagaimana Hans-Dieter “Hansi” Flick untuk kali pertama akan meracik strategi untuk Die Bayern saat menjamu Olympiacos FC pada matchday 4 Grup B Liga Champions di Allianz Arena.

Muenchen bakal memastikan tempat di babak 16 besar jika mampu mengalahkan klub asal Yunani tersebut. Tapi, pada saat bersamaan, ada sejumlah masalah yang berpotensi menghambat upaya Die Bayern meraup poin penuh.

Salah satunya kekalahan telak 1-5 dari Eintracht Frankfurt di Bundesliga akhir pekan lalu. Ini kekalahan terbesar yang pernah dialami Muenchen dalam sebuah laga resmi sejak 8 April 2009 saat mereka dilumat FC Barcelona 4-0 pada leg pertama perempat final Liga Champions di Camp Nou.


Baca Juga :
- Griezmann ke Barcelona Bukan untuk Juara Liga Champions, tapi Ini Alasannya...
- Jadwal Siaran Langsung Undian Babak 16 Besar Liga Champions

Itu kekalahan kedua yang dialami Muenchen di Bundesliga musim ini sehingga mereka tertahan di peringkat keempat klasemen dengan 18 poin dari 10 laga. Situasi ini cukup memprihatinkan buat Die Bayern sebagai juara bertahan. Buntutnya, pelatih Niko Kovac pun didepak dari jabatannya.

Flick yang sebelumnya menjadi asisten Kovac pun ditunjuk menjadi pelatih sementara. Flick bakal didampingi Hermann Gerland sebagai asisten. Gerland telah menjabat sebagai Direktur Olahraga Akademi Muenchen sejak 2017 dan pernah jadi asisten buat Jupp Heynckes, Louis Van Gaal, Carlo Ancelotti, dan Pep Guardiola.

“Brazzo (panggilan Hasan Salihamidzic, Direktur Olahraga Muenchen) menelepon saya dan bertanya apakah saya bersedia jadi pelatih. Demi loyalitas saya terhadap klub ini saya bilang ‘ya’. Tapi, situasi ini tidak mudah karena saya sangat menghormati Niko dan Robert Kovac,” kata Flick.

Flick langsung dihadapkan dengan dua tugas yang sangat berat. Setelah menghadapi Olympiacos, Muenchen akan menjamu Borussia Dortmund dalam Der Klassiker di Bundesliga, Sabtu (9/11). Die Bayern wajib meraih hasil positif dalam kedua laga tersebut demi menjaga peluang di pacuan gelar.

Tapi, Flick menolak untuk menjanjikan yang muluk-muluk. “Saya bukan orang yang hidup untuk masa lalu atau masa depan. Kami harus fokus pada tugas yang ada di depan mata. Saya tidak peduli dengan semua yang baru akan datang kemudian,” ucap mantan gelandang 54 tahun tersebut.

Terlepas dari performa mengecewakan di Bundesliga, Muenchen tampil meyakinkan di Liga Champions dengan memenangi ketiga laga pertama. Hasil ini mengangkat mereka ke puncak Grup B dengan sembilan poin. Die Bayern juga jadi tim paling produktif di fase grup dengan koleksi 13 gol.

Produktivitas Muenchen tidak terlepas dari ketajaman striker Robert Lewandowski yang telah mencetak lima gol. Catatan ini menempatkan pemain asal Polandia itu di peringkat kedua daftar top scorer setelah penyerang Red Bull Salzburg, Erling Braut Haaland yang mencetak enam gol.

Total, Lewandowski telah membukukan 20 gol buat Muenchen dalam 16 laga di seluruh kompetisi musim ini. Pria 31 tahun ini juga tengah menjalani tren positif dengan selalu mencetak gol dalam ke-10 laga pertama di Bundesliga dan dalam ketiga laga pertama di Liga Champions.

Secara keseluruhan, Lewandowski telah mencetak 38 gol buat Muenchen dalam 38 laga sepanjang 2019. Torehan ini mengungguli bintang FC Barcelona, Lionel Messi, yang menjaringkan 36 gol dalam 39 pertandingan dan “anak ajaib” Paris Saint Germain, Kylian Mbappe dengan 31 gol dalam 32 laga.

Ketajaman Lewandowski kian memperbesar peluang Muenchen merebut poin penuh dari Olympiacos. Apalagi, mantan striker Borussia Dortmund itu punya rekor impresif kontra klub Yunani itu dengan mencetak empat gol dalam lima pertemuan, termasuk brace dalam duel pertama di Piraeus yang dimenangi Die Bayern 3-2 dua pekan lalu.

Performa Lewandowski musim ini jadi lebih istimewa karena semua itu dia lakukan dalam kondisi yang tidak 100 persen. Pasalnya, masih mengalami masalah pada pangkal pahanya yang harus dipulihkan dengan operasi ringan. Tapi, belum ada kepastian kapan operasi itu bakal dilaksanakan.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Perkiraan Pemain
BAYERN MUENCHEN - OLYMPIACOS FC
Stadion:
Allianz Arena
Wasit: Pawel Raczkowski
Prediksi TopSkor: 55-45

MUENCHEN 4-2-3-1
Pelatih:
Hansi Flick (interim)

1 Neuer
=============
32 Kimmich   
17 Boateng
5 Pavard        
27 Alaba        
=============
8 Javi Martinez
6 Thiago Alcantara
=============
10 Coutinho
22 Gnabry
29 Coman
=============
9 Lewandowski
Cadangan: 26 Ulreich, 33 Mai, 19 Davies, 24 Tolisso, 18 Goretzka, 14 Perisic, 25 Mueller   

OLYMPIACOS 4-1-4-1
Pelatih:
Pedro Martins

1 Jose Sa
=============
14 Elabdellaoui        
3 Semedo
34 Papadopoulos
21 Tsimikas
=============
8 Guilherme
=============
5 Bouchalakis       
4 Mady Camara
28 Valbuena
19 Masouras
=============
11 El-Arabi
Cadangan: 16 Allain, 20 Meriah, 76 Gaspar, 22 Lovera, 10 Podence, 97 Randelovic, 9 Guerrero   


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Liga Champions, Kamis Dini Hari WIB
- Sancho Beri Bukti Mengapa Banyak Klub Top Eropa Ingin Merekrutnya

Pertemuan Terakhir:
22/10/19       Liga Champions         Olympiacos 2-3 Muenchen  
24/11/15       Liga Champions         Muenchen 4-0 Olympiacos

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA