#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Antisipasi Polio, Kemenpora Suntikkan Vaksin ke Kontingen SEA Games 2019
08 November 2019 21:50 WIB
JAKARTA – Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah menjalankan proses vaksinasi ke atlet-atlet yang akan berangkat ke ajang SEA Games 2019. Itu karena negara tuan rumah, yakni Filipina, saat ini sedang dihantui oleh wabah polio.

Ya, jelang gelaran SEA Games yang hanya menghitung pekan, negara tuan rumah yakni Filipina, tengah diserang oleh penyakit polio.

Oleh karena itu, pemerintah setempat mengeluarkan travel warning, di mana setiap orang yang hendak masuk atau keluar dari Filipina harus sudah mendapatkan vaksin dan memiliki sertifikat vaksinasi internasional (International Certificate of Vaccinations or Prophylaxis).


Baca Juga :
- Pocari Sweat Jadi Minuman Isotonik Resmi SEA Games 2019
- Elang Muda Tim Pelajar U-18 Indonesia Kehilangan Sayap, Salman Diganjar Cedera

Kemenpora pun akhirnya mempercepat proses vaksinasi ke kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Filipina. Menpora Zainudin Amali juga terus memantau proses tersebut, dengan juga mendatangi proses vaksinasi Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan, Jumat (8/11).

Sementara itu, Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara, menjelaskan bahwa polio yang sedang terjadi di Filipina itu merebak besar di wilayah selatan.

“Jadi outbreaknya terjadi di wilayah selatan, cukup jauh, jadi ibaratnya kalau kita di Jakarta, itu adanya di kawasan timur,” tutur Harry.

“Jadi memang di Filipina, anak-anak di sana itu banyak yang belumm diberi vaksin. Beda dengan kita karena kita kan wajib dan rutin. Kalau di Filipina, terutama di wilayah sana, itu vaksin masih sedikit terjangkau.”


Baca Juga :
- Belum Puas Gilas Sri Lanka 8-0, Pelatih Tim Pelajar U-18 Indonesia Akan Rotasi Pemain Hadapi Korsel
- Elang Muda Indonesia Bergabung dengan Cina dan Korsel, Maksimalkan Pemain Depan Lawan Sri Lanka

“Kita sebenarnya tidak perlu khawatirkan, tapi tetap kita meminta atlet-atlet kita, khususnya yang belum diberikan imunisasi polio, itu diberikan. Kita akan vaksin ulang juga semua, baik yang sudah pernah diimunisasi, agar ke depannya tidak ada masalah,” Jelas Harry.

Wabah polio mulai merebak di Filipina pada bulan September kemarin. Sampai saat ini, terhitung sudah ada 4 kasus polio yang diumumkan oleh Departemen Kesehatan Filipina, dengan kasus terbaru terjadi di Mindanao. ***

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA