#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Liverpool Semakin Sulit Dikejar
12 November 2019 08:35 WIB
LIVERPOOL – Liverpool FC semakin terdepan dalam perburuan gelar Liga Primer 2019/20. Hingga pekan ke-12, skuat asuhan Juergen Klopp melenggang sendirian di puncak klasemen sementara dengan 34 poin. Teranyar, Mohamed Salah dan kawan-kawan sukses menumbangkan Manchester City FC 3-1 di Anfield, Minggu (10/11).

Duel tersebut sangat krusial mengingat kedua tim terlibat dalam perburuan trofi. Hasilnya, Liverpool kian kokoh dengan unggul delapan poin atas Leicester City FC dan Chelsea FC yang menguntit di belakangnya. Di sisi lain, kekalahan ini membuat pasukan Josep Guardiola terlempar ke urutan tiga dengan hanya 25 poin.

Itu ironis, sebab dibanding musim lalu pada periode yang sama, justru Man. City yang di puncak dengan keunggulan dua angka dari Liverpool. Terutama, mengingat pada Liga Primer 2018/19, The Citizens belum ternoda kekalahan hingga 12 pekan. Sementara, kini mereka sudah tiga kali takluk, termasuk dari Liverpool.


Baca Juga :
- Guardiola Bisa Tinggalkan Man-City Akhir Musim, Fan Minta Pochettino Datang
- The Blues Cari Suksesor Hazard

Faktanya, The Reds memang seperti ngegas sejak awal musim. Tiga gol ke gawang Man. City jadi kulminasi ketajaman Liverpool. Itu berkat gol cepat Fabinho Henrique saat laga berjalan enam menit dilanjutkan intuisi Salah dan ditutup aksi atraktif Sadio Mane lewat sundulan. Man. City hanya mampu memperkecil skor melalui Bernardo Silva.

Kendati, kemenangan Liverpool ini tidak lepas dari kontroversi. Itu disebabkan keputusan wasit Michael Oliver dan Video Assistant Referee (VAR) yang dikeluhkan pelatih Man. City, Josep Guardiola. Itu terkait handball dari bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold yang jadi titik awal masalah.

Dalam tayangan ulang, bola sempat membentur lengannya beberapa detik sebelum gol pertama Liverpool. Namun, Oliver bergeming. Alhasil, skuat Liverpool turut melancarkan serangan yang berhasil dikonversi Fabinho dengan sepakan deras dari luar kotak penalti Man. City. Sontak, insiden itu jadi pro dan kontra. Termasuk, di media sosial.

Dalam akun Twitter-nya, analisis dari Liverpool Echo, Ian Doyle memberi penjelasan. “Liga Primer telah merilis pernyataan tentang gol pertama Liverpool. VAR sudah memeriksa terkait handball Alexander-Arnold. Dikonfirmasi, keputusan di lapangan saat itu tidak memenuhi pertimbangan handball yang disengaja,” ujar Doyle.


Baca Juga :
- Haaland Disarankan Ikuti Langkah Dua Pemain Liverpool
- Faktor Ini Membuat Keita Bermain Taktis

Sejak awal musim, VAR masih jadi perdebatan. Tidak hanya dalam penentuan gol saja. Melainkan juga handball, kartu kuning, offside, atau pelanggaran. Pada saat yang sama, otoritas perangkat pertandingan Liga Primer (PGMOL) juga memastikan gol kedua Liverpool, sah. “VAR sudah memeriksa adanya kemungkinan offside. Dikonfirmasi gol Salah itu sesuai.”

Di sisi lain, Alexander-Arnold enggan terpengaruh nada minor yang menyertai kemenangan Liverpool. Sebaliknya, dia menegaskan untuk fokus mengingat musim masih panjang. “Kami senang bisa mengambil poin lebih banyak dari musim lalu. Namun, ini masih awal. Kami tahu, kompetisi masih jauh. Kami harus fokus pada diri sendiri,” Alexander-Arnold, mengungkapkan.***CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA