#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Empat Bek Barca Bakal Absen Usai Jeda Internasional
13 November 2019 13:09 WIB
BARCELONA – FC Barcelona akan menjalani jeda kompetisi selama dua pekan dengan harap-harap cemas. Sekarang ini, alarm di pertahanan mereka sedang  berbunyi nyaring lantaran situasi yang dialami empat pemain belakangnya. Nelson Semedo dan Jordi Alba cedera sementara Sergi Roberto dan Gerard Pique terkena sanksi.

Situasi ini jelas memusingkan pelatih Ernesto Valverde mengingat setelah break international mereka akan menjalani fase krusial hingga akhir tahun. Sang juru taktik kemungkinan harus bersandar kepada pemain pilihan kedua menyusul banyaknya pilar yang cedera.

Sejak dimulainya 2019/20, setidaknya ada 16 kasus cedera yang dialami 10 pemain Barca. Empat di antaranya merupakan pemain belakang: Samuel Umtiti, Junior Firpo, Alba, dan Semedo, juga Roberto. Hal tersebut secara tidak langsung turut penampilan tim berjulukan Los Azulgrana. Mereka menjadi tidak konsisten, terutama di lini belakang.


Baca Juga :
- Satu-Dua Bintang Barcelona Dikorbankan, Pemain Belakang Ini Ditawarkan ke Juventus
- Positif-Negatif Barca Jelang El Clasico

Musim ini Barca mencatat rasio kebobolan terburuk di LaLiga dalam satu dekade terakhir. Ada 12 gol bersarang di gawang Marc Andre Ter Stegen dari 12 laga atau 1,25 kemasukan per laga. Salah satu penyebabnya kemungkinan karena duet Pique dan Clement Lenglet nyaris tak pernah diganti.

Duo jantung pertahanan tersebut masih bisa diandalkan Valverde saat menghadapi CD Leganes (23/11). Namun, Semedo, Alba, dan Roberto (skors) dipastikan absen.  Pelatih mungkin akan mengandalkan Moussa Wague, pemain muda Barca.

Setelahnya pada 27 November, Barcelona akan menjalani laga berat melawan Borussia Dortmund. Itu jadi laga penting lantaran jika Barca gagal menang dan di pertandingan lain FC Internazionale Milano memetik hasil positif di Praha, maka kelolosan akan ditentukan pada laga terakhir di San Siro (10/12).

Pada laga menghadapi Dortmund, Valverde tak bisa menurunkan Semedo dan Pique (skors). Untuk Semedo, ia diprediksi akan menepi hingga 1 Desember, atau ketika Barcelona menghadapi Atletico Madrid di Wanda Metropolitano. Sementara Umtiti, yang saat ini baru sembuh dari cedera lutut (sejak 22 Oktober), tentunya akan diandalkan dalam situasi krisis semacam ini.

Setelah Dortmund dan Atletico, Barcelona akan menghadapi RCD Mallorca (7/12), Inter, Real Sociedad (15/12), dan El Clasico dengan Real Madrid (18/12). Bila para pemain bisa sembuh sesuai jadwal maka itu nampaknya tak akan menjadi masalah berarti bagi Barcelona.

Masalahnya bisa bertambah berat jika di jeda internasional November ini memakan korban. Total 13 pemain Barcelona dipanggil negaranya masing-masing untuk ajang kualifikasi Piala Eropa 2020 maupun persahabatan nanti. Dan biasanya, “virus FIFA” menyerang, pemain mengalami cedera atau kelelahan secara fisik. ***GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 


Baca Juga :
- Harmonisasi Griezmann dan Messi Kian Menjanjikan
- Aksi Tsunami Democratic Ancam El Clasico

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA