#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ketimpangan Bale
14 November 2019 13:30 WIB

Baca Juga :
- Problem Bek Kiri Madrid
- Update Hasil dan Klasemen La Liga Spanyol, Minggu Dini Hari WIB

CARDIFF - Setiap jeda internasional tiba, maka akan muncul tanggapan bahwa Gareth Bale tertekan oleh rutinitas di klubnya, Real Madrid. Sebaliknya ia lebih bebas lepas dan bahagia di tim nasionalnya, Wales. Statistik pun membuktikan, bahwa winger 30 tahun ini lebih banyak berpartisipasi untuk negaranya ketimbang dengan regunya di Spanyol.
Bale adalah pemain bintang yang tentu pantas menjadi andalan utama pada tiap tim yang dibelanya, termasuk level klub ataupun timnas. Namun data menunjukkan bahwa angka keterlibatannya bersama Los Merengues -julukan Madrid- tak lebih tinggi dengan di The Dragons, julukan Wales; rasionya adalah 51,81 berbanding 65,43 persen.
Penyerang 30 tahun ini memperkuat Madrid sejak 1 September 2013. Klub ibu kota pun menaruh ekspektasi yang tinggi kepadanya setelah penampilan gemilang saat di Tottenham Hotspur. Ia pun lantas jadi andalan utama usai ditransfer dengan harga mahal; 101 juta euro (sekitar Rp1,6 triliun). Namun perlahan partisipasinya menurun.
Banyak aksi dan kontribusi sudah diberikan Bale sejak diperkenalkan di Stadion Santiago Bernabeu, membantu tim memenangkan 14 trofi. Kendati begitu ia tak bisa banyak menikmati momen indah sebab keseluruhan hanya bermain 17.162 menit, dari total 33.120 menit. Lain cerita dengan saat di Wales yang memberinya keceriaan.
Sebagai pertimbangan, bersama negaranya pada jenjang waktu yang sama, ia bisa mengambil lebih banyak peran. Ada 3.298 menit yang dijalaninya dari keseleruhan 5.040 menit berlaga The Dragons sejak 2013. Perbedaan pun terjadi pada rasio produktivitas yakni 165 menit per gol di Madrid berbanding 149 untuk negaranya.
Ketimpangan tingkat partisipasi kian kontras jika skalanya diperkecil hanya di 2019/20. Musim ini, meski sempat membalikan kondisi dari tidak diinginkan menjadi berkontribusi untuk pelatih Zinedine Zidane, Bale hanya terlibat di 41,38 persen waktu tampil Madrid. Sedang untuk timnas ia ambil bagian di 310 dari total 360 menit main.
Berbagai faktor jadi penyebab perbedaan keterlibatan, dengan masalah cedera menjadi yang utama. Persoalan fisik terus menghalangi penyerang jebolan Akademi Southampton ini bisa bersinar terang bersama Los Merengues. Hingga kini ia sudah merasakan 17 periode cedera, belum termasuk masa peralihan; ditransfer saat cedera.
Untuk timnas, Bale melewatkan lima pemanggilan karena persoalan itu. Dan di musim ini ia sudah melewati enam laga Madrid karena cedera, sementara saat membela Wales malah turut memberinya luka. Selain itu, perihal dihargai juga menjadi penyebab terjadinya ketimpangan partisipasi; si pemain diperlakukan berbeda di klub dan timnas.
Dengan Los Merengues, penyerang berkaki kidal kerap kali dikesampingkan perannya. Tertuma saat ini pada era kedua Zidane, yang sempat berusaha melepasnya di bursa transfer musim panas lalu. Sedang bersama The Dragons ia begitu diagungkan, menjadi krusial, hingga pelatih Ryan Giggs sangat bersikeras terus memainkannya.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

Rapor Bale Sejak 2013
Tim        Main    Menit main    % Menit    Gol    Menit per gol
Madrid    238    17.162        51,81%    104    165,1
Wales        36    3.298        65,4%        22    149,9

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA