#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Timnas Indonesia Menunggu Ide Segar Yeyen dan Gethuk
14 November 2019 14:52 WIB
JAKARTA - Tim nasional (timnas) Indonesia sudah memulai persiapan jelang duel menghadapi Malaysia dalam laga Pra-Piala Dunia (PPD) 2022 Qatar, zona Asia Grup G, Selasa (19/11) mendatang. Duet asisten pelatih: Yeyen Tumena dan Joko "Gethuk" Susilo masih memimpin latihan hari kedua tim di markas klub Malaysia PKNS, lapangan Kelana Jaya, Petaling Jaya, Selangor, Rabu (13/11) petang.

Pasalnya, pelatih timnas Simon McMenemy belum juga hadir ke Malaysia. Kepala Media dan Hubungan Internasional PSSI Gatot Widakdo mengatakan Simon akan tetap hadir dalam laga melawan Malaysia nanti. “Iya info yang saya dapat dia akan datang pas pertandingan,” ucap Gatot.

Duet Yeyen-Gethuk kini diharapkan mampu menghadirkan ide yang lebih segar dan juga taktik jitu demi bisa meraih poin perdana di PPD 2022. Meskipun peluang untuk lolos ke putaran berikutnya bagi timnas Garuda memang nyaris tertutup.


Baca Juga :
- Pertandingan Indonesia Vs Laos Tidak Disiarkan di TV, Ini Alasannya
- Runner-up Liga 1 Tetap Menggoda, Persipura dan Borneo FC Diunggulkan

Tapi paling tidak, masih ada asa untuk mengamankan tiket ke babak play-off Piala Asia 2023 jika berhasil menempati peringkat keempat di papan klasemen akhir. Saat ini Indonesia masih terdampar sebagai juru kunci tanpa poin satu pun dalam empat laga. Masih ada empat laga tersisa dan wajib dimaksimalkan.

Yeyen mengatakan, situasi tim saat ini auranya sangat positif. Semua pemain ingin memberikan segalanya demi bangsa dan pencinta sepak bola tanah air di seluruh negeri. Terlebih pergantian tampuk kepemimpinan  PSSI ke tangan Komjen Pol. Mochamad Iriawan, menghadirkan gairah tersendiri.

Rencananya, timnas akan menggelar uji coba menghadapi klub lokal PKNS U-21, Kamis (14/11). Semua pemain dikatakannya dalam kondisi bagus dan siap diturunkan dalam uji coba terbuka ini.

”Uji coba besok (hari ini) kami ingin melihat pemain mana yang terlihat masih ragu dan belum bisa memahami game plan. Dan mana yang sudah sesuai dengan rencana dalam permainan yang akan diterapkan melawan Malaysia,” kata Yeyen.

Di samping itu, sektor pertahanan masih menjadi fokus perhatian tim pelatih. Yeyen menegaskan dalam uji coba hari ini timnas tak boleh kebobolan. “Artinya mereka harus kuat secara individu ataupun unit dalam taktikal defend. Dari sana mereka juga harus memanfaatkan kecepatan yang dimiliki barisan striker kita, apakah harus direct ball ataupun diagonal,” Yeyen melanjutkan.

Sementara dari komposisi pemain yang dibawa, agresivitas permainan Indonesia kemungkinan akan lebih meningkat. Ini seiring dengan dipanggilnya beberapa pemain yang memiliki naluri menyerang cukup tinggi. Fakta ini harus bisa dimaksimalkan dengan baik oleh tim pelatih.

Sebut saja bek sayap Persib Bandung Ardi Idrus yang kian hari kian matang dalam bermain. Dia tidak hanya kuat dalam menjaga pertahanan, tapi juga kerap membantu serangan dan menciptakan assist.

Ardi bisa berkolaborasi dengan Greg Nwokolo yang kembali dipanggil dan siap menambah tekanan lewat penetrasinya di sektor flank baik di kiri maupun kanan. Jika bukan Ardi, di sektor kiri juga bisa dimaksimalkan peran Rizky Pora, yang bisa dimainkan sebagai full back ataupun winger.

Sedang di lini tengah, tidak banyak opsi yang disiapkan. Tim pelatih hanya membawa lima pemain bertipikal gelandang. Yeyen-Gethuk tampaknya akan coba memadukan pemain berpengalaman seperti Bayu Pradana dan Hendro Siswanto, yang memiliki visi bermain kuat, dengan darah muda macam Septian David Maulana (23) ataupun TM Ichsan (21).

Kedua pemain tersebut kerap menjadi andalan di klubnya masing-masing. Ditambah pergerakan lincah yang dimiliki Febri Haryadi, cakar Garuda siap menerkam Harimau Malaya.

Di jantung pertahanan, tim pelatih tampaknya tak akan dibuat pusing. Duet Yanto Basna dan Otavio Dutra bisa diandalkan untuk tampil fight.

 

Intip Malaysia


Baca Juga :
- Kalteng Putra Siap Mati-matian di Empat Laga Sisa
- Timnas Putri Tertahan di Filipina

Sementara itu, usai laga uji coba tim pelatih akan memantau langsung pertandingan Malaysia melawan Thailand sebagai rujukan taktik. “Sejatinya besok (hari ini) kami bisa melihat taktik yang akan dimainkan oleh mereka. Malaysia pasti akan memainkan pemain terbaik untuk mengalahkan Thailand. Jadi mungkin permainan mereka tidak akan begitu berbeda saat melawan kami. Ini kesempatan bagus bagi kami menganalisa dan menyiapkan rencana pertandingan," kata Yeyen.***FURQON AL FAUZI

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA