#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ketua APKORI: Target 45 Medali Emas, Sulit Tembus Empat Besar SEA Games 2019
15 November 2019 00:02 WIB
JAKARTA - Menpora RI Zainudin Amali mengumumkan Pemerintah menurunkan target raihan medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Semula kontingen Indonesia ditargetkan meraih 50 medali emas. 

Namun dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis 14 November 2019, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan diturunkannya target raihan medali. Tapi penurunan itu tetap diharapkan bisa membawa Indonesia finis di urutan keempat.

"Target yang 50-an medali emas itu kami kecilkan menjadi 45. Ya sekitar 45-50. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan pencapaian SEA Games 2017, saat kita dapat 38 medali emas dan menempati peringkat kelima," kata Menpora Zainudin Amali.


Baca Juga :
- Aldila Akhiri Paceklik Emas Tunggal Putri
- Pelatih Myanmar Waspadai Osvaldo Haay

Menanggapi hal ini Ketua APKORI (Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia), Djoko Pekik Irianto, mengatakan target 45 medali emas ini terlalu kecil. Dan, tidak ada jaminan bisa membawa Indonesia finis di urutan keempat.

Ia mengatakan fakta empirik menunjukkan untuk masuk empat besar SEA Games, diperlukan sekitar 12-14 persen dari total medali yang diperebutkan. Di SEA Games 2019 nanti ada 530 medali emas.

Artinya untuk menduduki peringkat keempat, maka suatu negara butuh 63 medali emas. Itu sekitar 12 persen dari 530 medali emas yang diperebutkan.

"Jika target kontingen Indonesia hanya 45 medali emas, maka itu setara dengan 8,4 persen. Berat untuk bisa masuk empat besar," kata Djoko Pekik Irianto.

Mantan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI itu menambahkan, di SEA Games 2017 Malaysia, Singapura menempati peringkat empat dengan mendapatkan 57 medali emas.


Baca Juga :
- Aldila Sutjiadi Raih Emas Pertama dari Cabor Tenis
- Komentar Agus Prayoga Usai Sumbangkan Medali Emas Pertama Atletik di SEA Games 2019

Itu berarti setara dengan 14,2 persen dari total medali emas yang diperebutkan di Malaysia. Ketika itu SEA Games 2017 Malaysia memperebutkan 405 medali emas.

"Jadi target 45 medali emas ini terlalu ringan. Sehingga juga tidak memberi daya dorong yang kuat untuk sukses di Asian Games maupun Olimpiade," tutur Djoko Pekik Irianto.*Ari DP
 

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA