#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Pengaruh Chelsea di Timnas Inggris Mulai Menurun
15 November 2019 06:50 WIB
LONDON - Bek Fikayo Tomori, gelandang Mason Mount, serta duet penyerang Tammy Abraham dan Callum Hudson-Odoi adalah empat pemain Chelsea FC yang jadi bagian dari skuat tim nasional Inggris yang melakoni laga ke-1.000. Momen bersejarah itu dijalani The Three Lions saat menjamu Montenegro pada kualifikasi Piala Eropa 2020 di Wembley, Kamis (14/11).

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, pengaruh para pemain Chelsea di timnas Inggris belakangan ini memang tidak terlalu besar. The Blues bahkan hanya diwakili oleh seorang pemain dalam skuat The Three Lions di Piala Dunia 2018 yaitu bek tengah Gary Cahill. Kini, pemain 33 tahun itu telah hijrah ke Crystal Palace dan mundur dari timnas.

Timnas Inggris memainkan laga pertamanya pada November 1872 lawan Skotlandia di Glasgow atau 33 tahun sebelum Chelsea lahir (1905). Dua tahun setelah kelahirannya, The Blues menempatkan wakil pertamanya dalam skuat The Three Lions yaitu striker George Hildson.


Baca Juga :
- Bayern Hadapi Chelsea di Babak 16 Besar, Thomas Muller Waspadai Dua Pemain Ini
- Grafik Chelsea Turun Drastis

Kiprah pemain dijuluki “Gatling Gun” ini di timnas Inggris hanya berlangsung selama dua tahun. Dia juga hanya memainkan delapan laga sepanjang periode itu, tapi mampu menyumbangkan 14 gol. Termasuk empat gol lawan Hongaria di Budapest pada 10 Juni 1908, satu dari empat laga pertama The Thrre Lions di luar Britania Raya.  

Saat baru didirikan pada 1905, skuat Chelsea juga terdiri dari beberapa pemain timnas Inggris yang direkrut dari klub-klub lain. Salah satunya kiper Bill “Fatty” Foulkes. Tapi, Hilsdon merupakan pemain pertama yang meraih cap bersama The Three Lions saat berseragam Chelsea.

Hilsdon juga yang pertama dari banyak penyerang hebat yang dipasok Chelsea ke timnas Inggris selama bertahun-tahun, dari Vivian Woodward dan Jimmy Greaves hingga Tommy Lawton dan Tammy Abraham. Striker legendaris The Blues lainnya, Roy Bentley, jadi bagian dari skuat pertama The Three Lions di Piala Dunia pada 1950.

Momen terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris terjadi 16 tahun kemudian saat negara itu memenangi Piala Dunia 1966. Kiper Peter Bonetti menjadi satu-satunya pemain Chelsea yang jadi bagian dari skuat tersebut. Tapi, dia hanya jadi cadangan bagi Gordon Banks. Bonetti bahkan baru mendapatkan medali juara Piala Dunia 1966 pada sebuah upacara khusus pada 2009.


Baca Juga :
- Ketenangan Dan Gosling Bantu Bournemouth Petik 3 Poin di Stamford Bridge
- Juventus Berharap Ketemu Tottenham atau Chelsea di Babak 16 Besar

Sebelum era 1990-an, hanya Ray Wilkins pemain Chelsea yang memperoleh lebih dari 20 caps bersama timnas Inggris. Setelah itu, peran para pemain The Blues jadi lebih dominan bahkan dua di antaranya masuk dalam daftar eksklusif sebagai Centurion The Three Lions yang hanya terdiri dari sembilan pemain. Mereka adalah Frank Lampard (106 caps) dan Ashley Cole (107 caps).*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA