#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
​​​​​​​Barca Khawatir Umtiti Akan Menjadi “Vermalen Baru”
16 November 2019 13:02 WIB
BARCELONA – Nama Samuel Umtiti tidak ada di daftar skuat FC Barcelona saat menang 2-0 atas FC Cartegna di laga amal, Rabu (13/11). Ini sebenarnya bukan hal  baru, terutama sejak sang pemain beberapa kali mengalami cedera parah di akhir September 2018. Kebanyakan disebabkan masalah pada lututnya yang secara tidak langsung menyulitkannya bermain secara reguler.

Sejak bermain selama 90 menit melawan CD Leganes pada 27 September tahun lalu, Umtiti terus menjalani dinamika buruk. Bek tengah asal Prancis itu belum pernah lagi bermain secara beruntun dalam 68 pertandingan setelahnya. Barca pun menilai kondisi yang dialami sang pemain merupakan buah penanganan buruknya dalam mengelola cederanya.

 Ya, tahun lalu pemain 25 tahun ini memaksakan keikutsertaannya dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Akibatnya hingga sekarang, Umtiti kesulitan menemukan performa terbaiknya. Masalah fisik terus menggelayuti pemain kelahiran Kamerun ini hingga sekarang.


Baca Juga :
- Diwarnai Kartu Merah, Napoli-Barcelona Berakhir Imbang
- Barcelona Bantah Sewa Buzzer untuk Serang Pemain dan Legendanya Sendiri

Bahkan, untuk duel berlevel uji coba pun, Barca terlalu takut untuk memainkan Umtiti seperti duel tengah pekan lalu melawan di Murcia. Pelatih Barca, Ernesto Valverde hanya membawa enam permain dari skuat utama. Dan ketidakberadaan Umtiti di laga itu cukup mengejutkan. Mengingat yang bersangkutan tidak dipanggil oleh Didier Deschamps (pelatih Prancis) ke skuat Les Bleus, julukan Prancis.

Saat ini Barca gundah karena Umtiti tak dapat mengatasi masalah pada lututnya dengan baik. Dan klub khawatir dia akan menjadi “Thomas Vermaelen baru” di Barca. Bek asal Belgia datang ke Camp Nou pada 2014 dengan status sebagai salah satu yang terbaik. Namun, cedera terus mengganggu kariernya, hingga tak dapat memainkan dua laga secara beruntun, hingga akhirnya terbuang (2019).

Indikasi semacam itu sebenarnya sudah terlihat pada Umtiti. Setelah menjalani dua musim impresif, masalah pada lutut kanannya begitu menganggu. Ketika berusia 17 tahun, meniskus (tulang rawan di lutut) Umtiti telah diperbaiki, namun beberapa tahun setelahnya kembali kambuh.

Layanan medis klub tahun lalu menyarankannya untuk melakukan operasi, namun Umtiti malah memilih melakukan penyembuhan alternatif demi bisa tampil di Piala Dunia 2018. Alhasil, setelah kembali dari Rusia, dengan status sebagai juara dunia, Umtiti mulai merasakan akibat dari keputusan nekatnya itu.

Usai laga melawan Leganes musim lalu, ia absen di sembilan pertandingan. Umtiti kembali pada 24 November, saat Barca menghadapi Atletico Madrid, akan tetapi lagi-lagi ia menepi, dan kali ini hingga 19 pertandingan. Kejengkelan klub terhadap Umtiti meningkat ketika sang pemain mengatakan bahwa dirinya tak menyesali keputusan yang dia ambil, meski tahu konsekuensinya.

Pada musim panas lalu Barca sempat ingin menjualnya. Akan tetapi masalah cedera dan harganya yang cukup tinggi (sekitar 50 juta euro) membuat para peminat berpikir ulang untuk mendatangkannya. Pekan lalu, Umtiti berhasil tampil selama 90 menit melawan Celta Vigo, tapi baik Valverde dan Deschamps sama-sama tak melibatkannya di jeda kompetisi agar Umtiti bisa fokus pada penyembuhan fisik.


Baca Juga :
- Berisiko! Barcelona Bisa Kehilangan 2 Bek Tangguh Ini Lawan Madrid
- Kalahkan Getafe, Barcelona Tempel Madrid

Umtiti berpeluang mencatat laga beruntunnya pekan ini saat Barca bertemu Leganes (23/11) dan menjamu Dortmund  (27/11) karena sanksi Gerard Pique. Persoalannya, bisakah dia mempertahankan kondisinya setelah hanya bermain sekali dalam sebulan ini.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA