#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Gli Azzurri Bersama Venezia
18 November 2019 12:27 WIB
ACQUA alta (air tinggi) tengah melanda Venezia sejak Selasa (12/11) lalu. Sebenarnya banjir karena gelombang tinggi sering terjadi, namun kali ini yang terparah selama 53 tahun terakhir. Muka air tertinggi sempat menyentuh 187 cm, sebelum akhirnya perlahan surut di kisaran 1 meter.

Selama beberapa hari kota yang menjadi magnet bagi turis dunia itu lumpuh. Rumah, restoran, hotel, toko hingga museum terendam. Kabarnya ada dua orang tewas akibat bencana ini. Diperkirakan kerugian mencapai 1 miliar euro (sekira Rp15,5 triliun). Mereka bahkan meminta bantuan dari luar negeri untuk menyumbang dana yang digunakan untuk memperbaiki berbagai kerusakan.

Kabar tersebut menjadi pembicaraan di Italia dan mancanegara. Hingga tim nasional Italia mengirim perwakilan, Gianluigi Donnarumma. Presiden FIGC, Gabriele Gravina, dan Kepala Delegasi Gli Azzurri ,Gianluca Vialli juga hadir. Rombongan kecil itu naik taksi air ke Todaro, dari sana Piazza San Marco sudah tidak jauh, air perlahan-lahan semakin meninggi.


Baca Juga :
- Italia 75 Persen Lolos ke Knockout Piala Eropa 2020
- Duel Kiper Masa Depan Italia di San Siro

Kiper AC Milan itu berjalan melintasi air di depan Basilica San Marco bersamaDia menatap sekelilingnya dengan pandangan prihatin. Dia berbicara pelan, takut menyinggung beberapa orang, “Tapi bagaimana bisa terjadi?” Donnarumma memberi dukungan melalui video, “Kami tetap dekat dengan Venezia, siap beri penghiburan bagi semua.”

Pesepak bola 20 tahun itu dengan ramah meladeni permintaan swafoto, video, jabat tangan dan tanda tangan. Dia berharap bisa menghibur para korban dengan meluluskan permohonan kecil itu. Gigio lantas mengunjungi beberapa toko cendera mata yang tetap buka dalam kondisi kebanjiran.

Padahal air nyaris mencapai bagian atas meja kasir. Mereka pun menyimpan segala yang masih bisa diselamatkan di tempat yang lebih tinggi lagi. Para pemilik toko menjelaskan selain ada tuntutan untuk mencari nafkah, mereka punya misi menyebarkan pesan kalau masalah itu tidak perlu disikapi dengan berlebihan.

“Venezia juga akan melewati kesulitan ini, seperti atlet yang mengalami cedera parah kemudian bangkit,” Vialli berharap. Sementara Gravina menggagas sebuah proyek kolaborasi antara FIGC dan Grup Save untuk membantu kota yang terkenal dengan gondola dan kanal-kanalnya itu.


Baca Juga :
- Pemikiran Out of The Box Mancini Selamatkan Italia
- Ciro Immobile Yakin Gli Azzurri Bisa Juara Euro 2020

“Kami tidak bisa menyelesaikan masalah tapi memberi bukti kepada siapapun yang bertanggung jawab, sudah saatnya menghadapi tema tertentu. Venezia butuh jawaban nyata,” Gravina menuturkan. “Kami sedang bekerja untuk merealisasikan sebuah proyek konkret untuk kota ini dan dalam beberapa bulan ke depan akan ada kabar baik. Program istimewa ini sedang kami upayakan bersama Roberto Mancini.”

Setelah mengakhiri kunjungan singkat itu, Donnarumma kembali ke hotel timnas. Dia menceritakan laporan pandangan mata kepada rekan-rekannya. Beberapa pemain kabarnya juga ingin mengunjungi Venezia dalam waktu dekat dan menebarkan energi positif untuk warga setempat.* Dari berbagai sumber

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA