#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ssstt... Ini Bocoran Lorenzo Soal Penggantinya
18 November 2019 09:00 WIB
VALENCIA – Keputusan pensiun dari MotoGP yang diambil Jorge Lorenzo, belum lama ini, membuat satu kursi Repsol Honda untuk 2020, kosong. Hingga berita ini diturunkan, belum ada kejelasan siapa yang bakal menggantikan posisinya sebagai rekan Marc Marquez. Namun, ada tiga nama yang disebut pria asal Spanyol itu.

Cal Crutchlow, Johann Zarco, dan Alex Marquez dikabarkan jadi incaran Honda. Saat ini, Crutchlow, berstatus pembalap tim satelit Honda, LCR, jadi memiliki pengalaman dengan RC213V. Zarco, pengganti sementara Takaaki Nakagami, melakoni debut positif. Alex yang juga adik Marquez, dinilai punya gaya balap seperti sang kakak.

“Saya tak yakin mereka memikirkan Nakagami karena berdasarkan yang saya dengar, ada Cal, Johann dan Alex. Cal salah satu yang berpengalaman, memahami motor dengan baik dan cepat. Johann melakukan pekerjaan yang bagus di atas RC213V. Alex, peraih dua gelar, muda, dan adik kandung Marc. Saya rasa Repsol tertarik,” katanya.


Baca Juga :
- Lorenzo Bisa Tinjau Ulang Kontrak dengan Honda
- Penampilan Tak Kunjung Membaik, Lorenzo Masih Percaya Honda

Beberapa bulan terakhir, Alex memang santer dikabarkan naik kelas ke MotoGP, musim depan. Tapi, ia sudah menegaskan komitmen di Moto2 dengan memperpanjang kontrak satu tahun bersama EG 0,0 Marc VDS. Marquez juga menyarankan sang adik untuk lebih meningkatkan kemampuan sebelum meninggalkan Moto2.

“Akan sulit bagi Honda menentukan pilihan. Ya, ini tugas yang cukup berat untuk Alberto Puig (Prinsipal Honda) karena ketiga pembalap tersebut cukup menarik dan memiliki tingkat kemampuan hampir sama seperti dalam hal kecepatan. Jadi, kita akan lihat siapa yang pantas (mendapatkan kursi Honda),” kata Lorenzo.

Di sisi lain, kemarin, beredar kabar kalau Alex-lah yang nantinya bakal mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Lorenzo dalam MotoGP 2020. Sementara untuk Crutchlow, tetap di LCR bersama Nakagami. Zarco dikaitkan bergabung dengan Ducati, sebagai pembalap tim satelit mereka, Reale Avintia Racing.

“Saya tak ingin memikirkan itu. Tapi, saya pastikan akan tetap berada di garasi karena kecintaan saya terhadap olahraga ini. Saya lebih senang datang ke perlombaan tanpa tekanan dan menikmatinya dengan bersantai. Tapi, saya belum tahu dan membuka semua kemungkinan. Ya, kita lihat saja nanti,” ujar Lorenzo.

Jika melihat kemungkinan ter besar, Lorenzo bisa menjadi pembalap penguji Yamaha karena pabrikan asal Jepang itu tak memperpanjang kontrak Jonas Folger. Salah satu pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, juga ingin rider penguji yang memiliki catatan lap sama seperti di perlombaan.

Zarco yang belum memiliki tempat di MotoGP berharap dipilih sebagai pengganti Lorenzo. “Tujuan saat ini adalah (memastikan) tempat di Honda. Tentu, jika berada di lima besar, saya akan lebih senang. Saya akan memiliki prospek lebih baik di sana. Saya merasa bisa melakukan itu karena motor cukup mendukung,” katanya.


Baca Juga :
- Lorenzo Tak Menyangka Bisa Finis di Depan Rider Lain
- Lorenzo Tak Maksimal, Honda Tetap Dukung

Tapi, pria asal Prancis itu tak ingin mendahului Crutchlow yang sudah lama membela Honda. “Cal bergabung untuk waktu yang cukup lama dan lebih layak untuk mendapat motor pabrikan dibanding saya yang memiliki banyak hal untuk dipelajari. Jadi, sudah pasti saya tak bisa langsung mencapai level di mana Marquez,” ujar Zarco.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA