#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Die Mannschaft Berpeluang Puncaki Grup C
18 November 2019 13:25 WIB
MOENCHENGLADBACH - Tim nasional Jerman tidak hanya berhasil merebut tiket ke Piala Eropa 2020, Sabtu (16/11). Selain karena melumat Belarus 4-0 pada laga ketujuh babak kualifikasi Grup C di Borussia-Park, Die Mannschaft juga diuntungkan karena pada hari yang sama rival utama mereka, Belanda, ditahan 0-0 oleh tuan rumah Irlandia Utara di Windsor Park.

Dengan begitu, Jerman naik ke puncak klasemen Grup C dengan 18 poin dan unggul dua angka atas Belanda di posisi kedua. Die Mannschaft berpeluang menjadi juara grup jika memenangi pertandingan terakhir dengan menjamu Irlandia Utara di Frankfurt, Selasa (19/11) malam.

Toni Kroos jadi bintang kemenangan Jerman atas Belarus dengan memborong dua gol. Itu adalah gol ke-16 dan 17 yang dibukukan gelandang Real Madrid tersebut dalam 95 laga bersama Die Mannschaft. Itu juga brace ketiga yang dibuat pemain 29 tahun itu buat Tim Panser.


Baca Juga :
- The Deadliest Kroos, Menyamai Musim Tersuburnya di Madrid
- Benzema Agresif, Para Gelandang Madrid Tambah Produktif

Brace pertama dibuat Kroos pada 12 Oktober 2012 saat saat Jerman membantai Republik Irlandia 6-1 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2014 di Dublin. Mantan pemain FC Bayern Muenchen ini juga mencetak dua gol saat Die Mannschaft mempermalukan tuan rumah Brasil 7-1 pada semifinal Piala Dunia 2014 di Belo Horizonte.

“Kami masih minim pengalaman, tapi sejumlah prosedur berjalan dengan semakin baik,” kata Kroos. “Kami akan tahu di mana posisi kami sebelum turnamen ini (Piala Eropa 2020) dimulai. Saat ini, saya tidak memandang kami sebagai salah satu favori juara. Tapi, status itu tidak selalu punya arti penting.”

Bukan hanya Kroos yang bersinar lawan Belarus, tapi juga Matthias Ginter. Bek tengah Borussia Moenchengladbach ini mencetak gol pertama Jerman dalam laga ini. Dia juga berperan dalam terciptanya gol kedua yang dicetak Leon Goretzka lewat gerakannya yang mengecoh lawan. Setelah itu, Ginter memberikan assist yang dikonversi Kroos jadi gol ketiga Die Mannschaft.

Ini gol pertama yang dicetak Ginter buat timnas Jerman dalam 29 laga yang dilakoni sejak debutnya pada 5 Maret 2014. Gol tersebut jadi lebih istimewa karena dibuat di markas klubnya. Pria 25 tahun ini pun jadi pemain Gladbach pertama yang mencetak gol buat Die Mannschaft di Borussia Park. Sebelumnya, sudah ada 37 pemain Die Fohlen yang beraksi bersama Tim Panser di stadion ini.

Sebelumnya, kiper sekaligus kapten timnas Jerman, Manuel Neuer, mengaku telah memprediksi Ginter bakal mencetak gol dalam laga ini. “Dia (Neuer) benar. Setelah 29 laga, hanya soal waktu bagi saya untuk mencetak gol pertama,” ujar Ginter. “Mencetak gol di sini di Gladbach membuat segalanya jadi lebih sempurna.”

Jika Gladbach tidak terlalu bersahabat dengan para “pemain tuan rumah”, Muenchen justru sebaliknya. Tercatat ada sembilan pemain Muenchen yang mencetak gol buat timnas Jerman saat berlaga di Olympiastadion dan Allianz Arena.

Di antaranya Paul Breitner dan Gerd Mueller di Piala Dunia 1974, Philipp Lahm di laga pembuka Piala Dunia 2006, dan Carsten Jancker pada 1 September 2001 saat Jerman dipermalukan Inggris 5-1 dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2002. Pemain Die Bayern teakhir yang mencetak buat Die Mannschaft di Muenchen adalah Mario Goetze dalam laga persahabatan lawan Italia pada Maret 2016.

Menariknya, Milan adalah kota berikutnya setelah Muenchen yang paling bersahabat bagi pemain “tuan rumah.” Ini tidak terlepas dari Piala Dunia 1990 yang digelar di Italia dan dimenangi oleh Jerman. Juergen Klinsmann dan Lothar Matthaus yang saat itu berstatus pemain FC Internazionale mencetak gol pada laga-laga fase grup di San Siro lawan Yugoslavia (4-1) dan Uni Emirat Arab (5-1). 


Baca Juga :
- Cetak Hattrick, Wijnaldum Kirim Pesan Sudahi Rasisme
- Wijnaldum Cetak Hattrick Tanpa Rasisme

Klinsmann dan pemain I Nerazzurri lainnya, Andreas Brehme, lalu mencetak gol-gol kemenangan 2-1 Jerman atas Belanda di babak 16 besar. Setelah itu giliran Matthaus yang mencetak satu-satunya gol kemenangan Die Mannschaft atas Cekoslowakia di perempat final.

Sementara itu, Gerd Mueller masih tercatat sebagai “pemain tuan rumah” tersubur dengan lima gol. Selain mencetak satu gol pada final Piala Dunia 1974 lawan Belanda di Muenchen, Der Bomber juga memborong keempat gol Jerman saat menghajar Uni Soviet 4-1 dalam laga persahabatan di tempat yang sama pada Mei 1972.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA