#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Afiliasi Alexander-Arnold dan Firmino Vital bagi Liverpool Musim Ini
18 November 2019 16:33 WIB
LIVERPOOL – Bukan kejutan jika Liverpool FC dan Manchester City FC mendominasi Liga Primer terkait peluang penting yang dibuat musim ini. Tetapi, menariknya,  The Reds tercatat memiliki lima dari 10 pasangan pemain yang paling banyak menciptakan peluang emas mencetak gol untuk timnya, walau tandem terbaik agak di luar perkiraan.

Dengan total 12 peluang emas, gelandang Man. City, Kevin De Bruyne berada di urutan teratas, disusul duo kreatif Liverpool, Trent Alexander-Arnold (9 peluang) dan Roberto Firmino (7 peluang) di tempat ketiga bersama penyerang The Citizens, Raheem Sterling. Riyad Mahrez, Andy Robertson, dan Bernardo Silva juga masuk daftar sepuluh besar.

Data lainnya juga menunjukkan tren yang hampir indentikal, bahwa lima pemain top di di Liga Primer berdasarkan dari jumlah assist adalah perwakilan dari Liverpool dan Man. City. Namun untuk melakukannya, dibutuhkan kombinasi dua pemain: pencipta dan penerima. Di sinilah segalanya menjadi menarik dari perspektif The Reds.


Baca Juga :
- FAVORIT ORIGI
- Klopp Tak Peduli soal Kemenangan Ke-100 di Liga Primer

Liverpool punya lima dari 10 tandem kombinasi assist di Liga Primer 2019/20. Lima lainnya: De Bruyne untuk Sergio Aguero (10 assist), Emiliano Buendia untuk Teemu Pukki (Norwich City), Lucas Digne untuk Richarlison (Everton) dan Youri Tielemans untuk James Maddison (Leicester City), masing-masing delapan kombinasi.

Duo yang paling kuat di liga dalam hal ini adalah Alexander-Arnold untuk Firmino (12 peluang), yang sangat mengejutkan mengingat pemain asal Brasil itu baru mencetak tiga gol sejauh musim ini. Dua gol di antaranya tercipta ketika kinerjanya saat itu sangat buruk. Dia seharusnya mencetak lebih banyak gol mengingat peluang yang dimilikinya.

Persis di belakang De Bruyne dan Aguero adalah Alexander-Arnold dan Sadio Mane dengan sembilan peluang. Luar biasanya lagi adalah Alexander-Arnold ternyata juga tercatat menciptakan tujuh operan assist bagi Mohamed Salah, yang menunjukkan skala pengaruhnya yang besar sebagai pemasok utama assist untuk trio penyerang The Reds.

Menariknya, meski Salah dan Firmino masing-masing memiliki tiga assist, nama mereka tidak tercatat sebagai pemasok dalam 10 duo teratas untuk penciptaan peluang gol, namun Mane - yang hanya memiliki dua assist sejauh ini – gol dua kali, memasok tujuh operan untuk masing-masing untuk kedua rekannya, Salah dan Firmino.

Sementara Firmino dan Salah memasok 14 assist gabungan di Liga Primer musim lalu, Mane tercatat hanya membuat satu assist, yang tampaknya sangat kontra-intuatif jika mempertimbangkan seberapa konsisten pengaruh penyerang asal Senegal itu dalam proses serangan barisan depan Liverpool, di dalam dan di sekitar kotak penalti lawan.

Fakta bahwa sejauh ini Mane telah menciptakan 14 peluang gol bagi Salah dan Firmino menunjukkan bahwa dia jauh lebih kreatif daripada yang diperkirakan. Dan bahwa nama Mane bisa dengan mudah masuk dalam daftar pemain pengumpan terbanyak jika saja rekan-rekan setimnya mampu memasukkan bola ke gawang lawan-lawan mereka.

Misalnya, Robertson sudah memiliki dua kali lipat jumlah assist Mane musim ini, namun assist yang diharapkannya per 90 menit (0,24) hampir identik dengan Mane (0,22), yang menekankan bagaimana menyusun statistik itu, sementara indikator yang penting tidak memberikan gambaran yang sepenuhnya akurat dan butuh konteks tambahan.

Namun, yang sangat jelas adalah bahwa Liverpool berulang kali menemukan berbagai macam cara untuk mencetak gol. Bahwa beragam ancaman kreatif adalah kunci yang paling penting dari apa yang menjadikan mereka tim yang bisa beradaptasi, mampu menemukan jalan melewati penghalang apa pun yang berusaha dibangun lawan.***NURUL IKA HIDAYATI

DUO KREATIF LIVERPOOL DI LIGA PRIMER 2019/20

Trent Alexander-Arnold (Bek kanan)
Main: 12
Operan: 792
Operan/laga: 66
Crossing: 135
Umpan kunci/laga: 3,5
Membuat peluang emas: 9
Assist: 3


Baca Juga :
- Mantan Striker Liverpool Jadi Sosok Kunci Kebangkitan The Saints
- Wolverhampton Merangsek ke Papan Atas

Roberto Firmino (Penyerang)
Main: 12
Operan: 378
Operan/laga: 32
Crossing: 2
Umpan kunci/laga: 1,4
Membuat peluang emas: 7
Assist: 3
 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA