#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Inilah Penyebab Tim Oranye Sulit Juara Grup di Kualifikasi Piala Eropa 2020
19 November 2019 13:35 WIB
AMSTERDAM – Pelatih tim nasional Belanda mendapatkan kritik tajam menyusul kegagalan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 sebagai juara Grup C. Ronald Koeman dituding dalam memilih starting eleven lawan Irlandia Utara hingga laga berakhir 0-0, Sabtu (16/11) lalu.

Bahkan seorang jurnalis dari harian Algemeen Dagblad menyebut Koeman terbuai oleh besarnya kewenangan yang dimilikinya sebagai pelatih. “Semua orang mengiyakan dan mengamini semua yang dilakukan Koeman termasuk jika dia memasang seekor pinguin di lini depan lawan Estonia,” kata jurnalis tersebut.

Kritik pedas itu tidak pelak membuat panas kuping Koeman. Menurutnya, setiap orang berhak mengungkapkan pendapat masing-masing. Tapi, dia menilai para pengkritik itu hanya melihat sisi negatif dari dirinya. “Saya berhasil merebut tiket ke Piala Eropa dan yang lainnya tidak,” kata Koeman merujuk pada kegagalan Belanda lolos ke Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. 


Baca Juga :
- Marah Besar..! Mantan Pemain MU Ini Nyaris Jotos Suporter Lyon
- Lyon Harus Menang untuk Dua Target

Kini, kans Belanda untuk menjuarai Grup C bisa dibilang butuh keajaiban. Posisi pemuncak grup itu hanya akan mereka raih jika memenangi laga terakhir melawan Estonia di Johan Cruijff Arena, Selasa (19/11), dan pada hari yang sama Jerman gagal meraih poin penuh saat menjamu Irlandia Utara di Frankfurt.

Koeman bakal melakukan sejumlah perombakan dalam starting eleven Belanda lawan Estonia lantaran absennya sejumlah pemain. Bek tengah sekaligus kapten Virgil Van Dijk telah meminta izin untuk pergi lebih awal karena urusan pribadi. Di pihak lain, striker Ryan Babel cedera dan gelandang Marten De Roon terganjal akumulasi kartu kuning.

“Absennya Van Dijk adalah kerugian besar. Dia pemimpin di lapangan dan Pemain Terbaik Eropa,” ucap Koeman. “Tapi, kami masih punya sejumlah pemain lain di posisi itu dan saya juga senang dengan penampilan mereka.”

Posisi Van Dijk bisa diambil alih oleh Daley Blind dan Nathan Ake. Sementara itu, ban kapten akan diberikan kepada Georginio Wijnaldum. Gelandang Liverpool FC ini absen lawan Irlandia Utara karena terserang flu, tapi kini dia telah pulih sepenuhnya.


Baca Juga :
- Liverpool Miliki Semua Syarat Juara Liga Primer
- Liverpool Punya Opsi Pemain untuk Mengisi Peran Fabinho

Di lini depan, posisi Babel kemungkinan besar diisi oleh Memphis Depay. Masalahnya, belum ada kepastian apakah striker Olympique Lyonnais ini telah pulih sepenuhnya dari cedera hamstring. Depay absen lawan Irlandia Utara dan tidak tampil daam laga terakhir Lyon di Ligue 1 lawan Marseille.

“Sebenarnya, kondisinya bugar Sabtu lalu,” kata Koeman soal Depay. “Kami juga terus berkomunikasi dengan pihak Lyon. Meski klub itu sering mendesak saya agar tidak memainkannya, saya akan berbicara secara pribadi dengan dia petang ini (Senin) untuk menanyakan kesiapannya bermain.”*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA