#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ingin Jadi Ketua Umum Pordasi, Ini Syaratnya
20 November 2019 10:05 WIB
JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) mencari bakal calon ketua umum untuk periode 2020-2024. Kemungkinan besar merupakan wajah baru karena Mohammad Chaidir Saddak tak lagi bisa mengajukan diri lantaran sudah menjabat selama dua periode.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP), Alex Asmasoebrata, menyebut pendaftaran bakal calon ketua umum dibuka per 18 November 2019 hingga 3 Januari 2020. Adapun proses pemilihan akan dilakukan dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang rencananya berlangsung akhir Januari 2020.

Alex menuturkan, setidaknya ada 13 syarat untuk mereka yang ingin mencalonkan diri sebagai orang nomor satu dalam organisasi olahraga berkuda di Tanah Air. Beberapa di antaranya, bakal calon harus mendapat dukungan minimal dari lima dari 19 Pengurus Provinsi (Pengprov) Pordasi aktif.


Baca Juga :
- Ketua Umum PSSI Iwan Bule Akan Mengevaluasi Jabatan Ratu Tisha Sebagai Sekjen
- Banyak Diperebutkan Orang, Ini Fungsi Ketua Umum PSSI Menurut Statuta

“Satu pengprov hanya boleh mendukung satu calon. Selain itu, yang bersangkutan harus aktif dan punya pengalaman sebagai pengurus organisasi olahraga berkuda di tingkat nasional atau internasional, sekurang-kurangnya lima tahun terakhir,” kata Alex dalam konferensi pers, Selasa (19/11).

Untuk diketahui, sejauh ini, ada 25 pengprov yang terdaftar namun hanya 19 yang terdata aktif dalam kepengurusan. Menariknya, TPP menuturkan, apabila tak ada bakal calon ketua umum yang mendaftar, ketua umum yang telah menjabat dua periode bisa dipilih dan diangkat kembali secara aklamasi.

Alex mengakui jika aturan ini tak terdapat dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART) PP Pordasi, melainkan diambil dari aturan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Akan tetapi, hal itu cukup sulit terealisasi sebab jika ada satu voters yang tak sepakat, otomatis gugur.


Baca Juga :
- Calon Ketua Umum PSSI Wajib Berpengalaman 5 Tahun dan Aktif Mengelola
- Dragon Boat Indonesia Juara Dunia di Pattaya

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pengprov Pordasi DKI Jakarta itu berharap banyak calon yang mendaftar dan bersedia memajukan olahraga berkuda jadi lebih baik. “(Jika tak juga ada yang mendaftar) nanti akan diserahkan ke KONI Pusat, (sebagai) caretaker,” Alex menuturkan.

Di tempat yang sama, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) II PP Pordasi, Widodo Edi Sektianto, menuturkan para calon diharapkan tak melakukan black campaign selama masa pencalonan. “Jangan sampai saling sikut menyikut, menjelekkan yang lain sehingga menimbulkan perpecahan,” katanya.*MUHAMMAD RAMDAN

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA