#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
​​​​​​​“Musuh” James Kembali
20 November 2019 13:46 WIB
MADRID – Real Madrid akhirnya merasakan dampak keikutsertaan pemainnya di ajang internasional November ini. Gelandang mereka asal Kolombia, James Rodriguez pulang ke Valdebebas dalam kondisi cedera. Itu didapatnya saat latihan jelang duel laga persahabatan melawan Peru, Jumat (16/11). Dari hasil pemeriksaan tim medis klub, ligamen di lutut kiri sang pemain dinyatakan bermasalah.

Kemungkinan James akan absen tiga hingga empat pekan. Targetnya dan klub adalah sembuh cepat waktu sebelum laga El Clasico di Camp Nou, 18 Desember mendatang. Namun, dirinya akan absen di lima hingga enam pertandingan bersama Los Blancos, julukan Madrid.

Laga pertama yang akan ia lewati adalah melawan Real Sociedad  Sabtu ini. Berikutnya ada duel kontra Paris Saint-Germain dan Club Brugge di Liga Champions. Juga pertandingan menghadapi RCD Espanyol dan Valencia.


Baca Juga :
- Santos Tagih Hutang ke Barca Soal Transfer Neymar
- Ringkasan LaLiga Pekan Ini

Yang pasti, cedera terbaru ini merupakan pukulan telak bagi James. Gelandang  serang 28 tahun tersebut sedang berusaha pendapatkan posisi utama di skuat Zinedine Zidane. Kans itu terbuka, terutama di awal-awal kompetisi. Namun belakangan posisinya mulai kembali tergeser lantaran performa apik gelandang lain Madrid.

Di Madrid, cedera ini jadi yang ketiga kalinya dialami James sejak kembali musim panas 2019. Pada Oktober, James juga sempat mengalami benturan pada pergelangan kaki kirinya. Akibatnya, ia harus menepi selama sepuluh hari. Kemudian pada pramusim, James juga bermasalah pada telapak kakinya.

Cedera bukan hanya menjadi musuh James di Madrid, melainkan juga ketika berada di FC Bayern Muenchen (2017-2019). Pada 2018/19, atau satu tahun yang lalu, James terkena cedera lutut di kaki kirinya. Alhasil, James harus menepi selama 40 hari dan absen di delapan pertandingan bersama Die Roten, julukan Muenchen.

Jika dihitung sejak 2011/12, total James telah mengalami cedera sebanyak 21 kali. Pada musim pertamannya di Madrid (2014/15), pemain kelahiran Cucuta, Kolombia itu terkena cedera yang cukup parah, yakni metatarsal. Akibat cedera tersebut, James harus absen di sembilan pertandingan.

Pada musim keduanya di 2015/16, James kehilangan 17 pertandingan karena dua cedera otot. Kemudian selanjutnya atau yang ketiga, juga karena masalah otot. Dalam dua musim bersama Muenchen, jika ditotal, James mengalami delapan cedera. Sementara di Madrid, kepulangannya sudah diganggu dengan hal serupa.

Sebelum cedera teranyar, James sebenarnya juga sempat diisukan mengalami masalah fisik lantaran tak disertakan Zidane dalam empat pertandingan terakhir Madrid. Tanggal 22 Oktober menjadi penampilan terakhirnya di skuat Los Blancos, saat menghadapi Galatasaray SK di bernabeu. Sejak itu, dirinya bahkan tak ada di bangku cadangan pemain.


Baca Juga :
- Berada di Dubai, Ini yang Dilakukan Lionel Messi
- Puyol: Messi Bisa Bermain Hingga Berusia 38 Tahun

“Mereka (Bale dan James) tidak cedera, melainkan tidak tersedia untuk dimainkan,” Zidane menjelaskan alasan ketidak beradaan James dan rekan setimnya, Gareth Bale. “Mereka dipanggil ke tim nasional, lalu mereka memiliki lima atau enam hari dan kami akan lihat apakah mereka siap untuk negaranya atau tidak.”*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA